Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit DBD




Baby AE - Bunda pernah nggak nih anaknya sakit DBD? DBD sendiri merupakan singkatan dari Demam Berdarah Dangue. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang umum jika terjadi di negara yang mempunyai iklim tropis. Misalkan saja Negara Indonesia ini. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh adanya virus dengue yang bisa menginfeksi melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.


Tidak hanya orang dewasa yang bisa terkena penyakit satu ini, bahkan si kecil juga bisa terjangkit penyakit ini. Jadi, Bunda harus waspada ya. Jangan sampai si kecil bisa terjangkit penyakit DBD. Jika si kecil mengalami penyakit DBD ia akan memberikan tanda-tanda dan juga gejala. Gejala yang dialami seperti yang ada di bawah ini :

si kecil demam


* Demam yang cukup tinggi selama kurang lebih satu minggu. Demam ini bisa mencapai 39 sampai dengan 41 derajat celcius
* Tidak mau menyusu dan jika si kecil sudah makan, nafsu makannya akan berkurang
* Mengalami gangguan pencernaan. Misalkan saja muntah, mual
* Munculnya ruam yang ada pada kulit si kecil
* Gusi berdarah atau juga mengalami mimisan
* Terlihat mengantuk sepanjang hari
* Adanya darah pada urine, kotoran atau juga pada muntahan si kecil.
* Si kecil rewel



si kecil menangis 

Nah, kalau si kecil mengalami gejala tersebut langsung bawa ke rumah sakit ya bun. Hal ini dilakukan untuk memperoleh memerikasaan dan juga penanganan lebih lanjut. Namun, ketika sudah diperiksa dan dokternya membolehkan untuk merawat si kecil di rumah. Bunda bisa melakukan beberapa hal untuk merawatnya :

~ Jangan sampai si kecil dehidrasi. Maka dari itu berikan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya
~ Minumkan obat yang bisa menurukan demam kepada si kecil. Obat ini juga harus obat yang sudah dengan resep dokter ya
~ Biarkan dia beristirahat
~ Jauhkan dari serangan nyamuk yang akan menggigitnya. Bunda bisa mengoleskan obat anti nyamuk atupun memasang jaring-jaring yang anti nyamuk.

si kecil tidur


Nah, itu beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk merawat si kecil yang terkena penyakit DBD. Oh iya Bunda, jika kondisi si kecil semakin memburuk meskipun setelah demamnya turun. Bunda bisa langsung membawanya ke dokter atau rumah sakit lagi ya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit DBD"

  1. Jadi ingat dulu waktu SD pernah DBD dan dirawat 9 hari..dan bener banget kalau terlihat ruam mending langsung bawa ke RS

    BalasHapus