Resep Opor Ayam Untuk Lebaran dan Berbuka Puasa




Baby AE - Kalau bulan puasa seperti ini apa sih yang dinanti-nantikan? Selain berbuka puasa, lebaran merupakan hal yang dinanti-nantikan. Karena bisa berkumpul dengan sanak saudara yang mungkin jarang sekali untuk berkumpul atau bahkan hanya saat hari raya saja. Nah, pastinya pingin menyediakan menu yang spesial kan untuk tamu yang spesial? Apa sih yang biasanya Bunda buat untuk makan bersama saat hari raya?


Nah, kalau Bunda masih bingung saya punya rekomendasi masakannya nih. Mau tahu apa masakannya? Yups nama masakannya adalah opor ayam. Opor ayam memang sudah menjadi salah satu kuliner yang sudah umum saat disajikan saat hari raya. Hal ini tidak hanya karena rasanya yang nikmat. Opor ayam yang biasanya disajikan dengan ketupat ini ternyata juga mempunyai sejarah yang unik dan wajib Bunda ketahui nih.


Kuliner yang biasanya disajikan dengan ketupat ini pertama kali dikenalkan oleh Sunan Kalijaga. Ketupat sendiri digunakan untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah. Saat itu selain menggunakan tradisi dan juga kebudayaan, Sunan Kalijogo juga menggunakan kuliner lokal sebagai salah satu cara untuk mengenalkan agama Islam. Dahulu masyarakat banyak yang menggantung ketupat di depan pintu rumah yang diyakini sebagai pembawa keberuntungan. 


Nah, dari sinilah Sunan Kalijogo mengubah kebiasaan masyarakat lokal dengan menjadikan ketupat sebagai menu hidangan bernuansa islami. Hal ini juga bertujuan untuk menghilangkan unsur mistis yang ada. Seiring berjalannya waktu opor ayam menjadi salah satu makanan yang disajikan saat lebaran atau hari raya idul fitri tiba.

Ngomongin ketupat, ketupat memang cocok banget jika dihidangkan dengan opor ayam. Nah, buat Bunda yang pingin membuat opor ayam bisa lihat resep saya nih :


Bahan :

* 1 tahu berukuran besar
* ½ kilogram paha ayam
* 65 ml santan
* jahe
* kunyit
* jinten
* 4 siung bawang merah
* 2 siung bawang putih
* 1 sendok teh ketumbar (bubuk)
* ¼ sendok teh merica (bubuk)
* 2 lembar daun jeruk
* 2 lembar daun salam
* 1 batang serai
* garam
* gula
* kaldu bubuk
* minyak goreng
* bawang goreng

Cara pembuatan :

* Rebus paha ayam sampai empuk
* Kemudian goreng tahu setengah matang saja
* Haluskan semua bumbu (bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, jinten) hingga halus
* Tumis bumbu sampai tercium bau yang harum
* Tambahkan merica bubuk dan juga ketumbar bubuk
* Masukkan tahu dan juga bumbu halus yang sudah ditumis ke dalam panci rebusan paha ayam
* Tambahkan santan, aduk hingga rata dan biarkan sampai mendidih
* Jika sudah mendidih matikan kompor dan sajikan opor ayam ke dalam mangkok
* Opor ayam siap dihidangkan




Bagaimana mudah bukan Bunda untuk membuat opor ayam ini? Opor ayam selain disajikan saat hari raya. Namun, juga cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa. Mau mencoba membuat opor ayam untuk berbuka puasa? Yuk langsung coba resep yang ada di atas. Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Opor Ayam Untuk Lebaran dan Berbuka Puasa"

Posting Komentar