Perbedaan Zakat, Infaq dan Shodaqoh




Baby AE - Buat yang beragama Islam pastinya sudah tahu kan tentang zakat, infaq dan juga shadaqoh. Ketiga kata ini memang tidak bisa dipisahkan. Hal ini dikarenakan semuanya mempunyai hubungan yang sangat erat antara satu sama lain.

Zakat sendiri berasal dari bahasa arab “zakah”  yang mempunyai arti suci, bersih, berkat dan juga berkembang. Dari sisi istilah zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama islma yang kemudian diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Untuk orang yang berhar menerima zakat ini ada 8 yaitu fakir, miskin, gharim, amil zakat, hamba sahaya, fisabilillah, ibnu sabil atau kata lainnya adalah musafir, mua’alaf.

Baca juga : Manfaat THR Bagi si Kecil




Zakat sendiri dibagi menjadi 2. Apa saja itu? Nah, jadi zakat itu ada zakat fitrah dan juga zakat maal. Zakat fitrah sendiri wajib dikeluarkan oleh umat yang beragama islam pada saat bulan Ramadan. Zakat ini bisa dikeluarkan mulai awal memasuki bulan Ramadan hingga saat sebelum salat hari raya idukl fitri. Nah, kalau diberikan sesudah salat idul fitri bagaimana? Hal ini bukan lagi dianggap sebagai zakat fitrah. Namun, dianggap sebagai sedekah biasa.

Baca juga : Rekomendasi Bedak Wardah Untuk Mama Muda

Zakat yang kedua adalah zakat maal. Yang mana zakat ini adalah mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya, Zakat maal sendiri diambil dari 2,5 % pernghasilan atau pendapatan yang dicapai. Untuk pendapatannya juga harus memenuhi nishab. Sudah pada tahu kana pa itu nishab? Jadi, nishab adalah batasan yang menentukan apakah harta kekayaan tersebut wajib zakat atau tidak.


Selain zakat ada juga infaq. Infaq sendiri adalah mengeluarkan sebagian harta yang digolongkan ke dalam 2 kategti yaitu wajib dikeluarkan dan tidak wajib dikeluarkan. Untuk yang wajib dikeluarkan adalah zakat, nazar dan masih banyak lagi. Nah, untuk yang tidak wajib ini bisa merupakan infaq kepada saudara yang sedang terkena bencana atau masalah, infaq kepada fakir miskin dan lain sebagainya.

Baca juga : Model Rambut yang Cocok Untuk Mama Muda

Eits, ada satu lagi nih yang masih berhubungan dengan zakat dan juga infaq. Apa itu? Yups benar sekali itu adalah shodaqoh. Shodaqoh sendiri merupakan memberikan sebagian harta ataupun sesuatu yang kita miliki dan ini tidak ada batasan waktu dan juga jumlah. Bahkan senyum kepada orang lain itu sudah bisa dikatakan shodaqoh. Apakah hari ini kamu sudah senyum kepada orang lain? Tanyakan pada dirimu sendiri ya :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Zakat, Infaq dan Shodaqoh"

Posting Komentar