Boleh Nggak sih Waktu Puasa Sikat Gigi?




Baby AE - Terasa nggak sih kalau sekarang sudah memasuki hari ke 9 puasa Ramadan lho. Apa sih yang kalian khawatirkan ketika puasa Ramadan seperi ini? Apa hayo? Mungkin salah satunya adalah masalah bau mulut. Iya nggak nih? Secara selama puasa tidak ada makanan dan juga minuman yang masuk ke dalam mulut kita. Dengan begitu bisa saja mulut kita menjadi bau dan klian nggak pingin kan ketika sedang ngobrol dengan temanmu kemudian bau mulutmu nggak sedap. Upss malu-malu in banget nggak tuh.




Nah, pasti kebanyakan dari kalian ada yang menyikat gigi ketika saat puasa. Iya nggak? Ngaku aja deh hehe. Menurut Nadhatul Ulama (NU) sikat gigi pada bulan puasa itu diperbolehkan asalkan dengan syarat tidak ada air ataupun pasta yang masuk ke dalam tenggorokan. Nah, kalau ada sedikit saja air ataupun pasta gigi yang masuk ke dalam tenggorokan bagaimana? Ya jelas batal puasanya, meskipun itu tidak di sengaja.

Nah, solusinya bagaimana ini? Solusinya adalah sikat gigi sebelum waktu imsak. Sikat gigimu secara menyeluruh hingga sampai bagian dalam ya. Sudah sikat gigi tapi masih bau? Kamu bisa melakukan tips di bawah ini ya :

* Menyikat lidah




Ketika kamu menyikat gigi yang harus kamu lakukan adalah menyikat lidah juga. Hal ini dikarenakan lidah juga menjadi salah satu tempat berkumpulnya bakteri. Dengan menyikat lidah secara teratur kamu juga bisa menghilangkan plak. Eits, tidak hanya itu lho kamu juga bisa menjegah bakteri berkembang di mulutmu.

* Perbanyak minum air putih


Nah, tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminum air putih yang banyak saat sahur dan berbuka puasa. Air putih memang sudah terbukti untuk kesehatan  begitu untuk menghilangkan bau mut saat sedang berpuasa maka dari itu jangan lupa untuk meminum air putih yang banyak sebisa mungkin.
* Makan buah


Tidak ada salahnya ketika kamu memilih-milih menu apa yang akan kamu makan ketika berbuka puasa nanti. Usahakan kamu memakan buah dan juga sayur-sayuran ya. Kalau menunya buah usahakan memakan buah yang banyak mengandung air, misalkan saja buah semangka.

Dengan melukan tips di atas semoga bau mulut hilang dan kamu bisa lebih percaya diri lagi. Selamat mencoba :D

All pictures by : Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Boleh Nggak sih Waktu Puasa Sikat Gigi?"

Posting Komentar