Amalan Puasa Wanita yang Haid




Baby AE - Siapa yang tidak suka dengan datangnya bulan suci Ramadan? Tidak ada, semua umat muslim menanti datangnya bulan yang penuh berkah ini. Namun, terkadang sebagai seorang perempuan kita tidak bisa merasakan 30 hari berpuasa. Hal ini dikarenakan datang bulan atau haid. Hmm biasanya nih kalau Bunda sedang haid ngapain hayo? Kan nggak boleh puasa, nggak boleh membaca Al-Qur’an juga. Eits, bukan  berarti kalau Bunda haid bunda ngggak melakukan amalan apa-apa ya. Karena Bunda bisa melakukan amalan yang lainnya, misalkan saja nih seperti :
* Berdoa


Berdoa tidak hanya dilakuakan oleh orang yang sedang suci saja, meskipun kamu sedang haid sangat dianjurkan untuk memperbanyak berdoa. Nah, kalau biasanya berdoanya di dalam masjid, sebagai gantinya kamu bisa berdoa di dalam rumah.

* Membangunkan orang untuk sahur




Salah satu amalan yang bisa dilakukan oleh orang yang sedang haid adalah membangunkan orang sahur. Meskipun kamu tidak ikut makan sahur, dikarenakan sedang haid. Namun, kamu juga mendapatkan pahala yang berlipa ganda ketika membangunkan orang untuk makan sahur.
* Mendengarkan lantunan bacaan Al-Qur’an


Nah, Bunda pasti sudah tahu kan ketika sedang haid tidak diperbolehkan untuk membaca Al-Qur’an. Namun, ketika sedang haid Bunda bisa menggantinya dengan mendengarkan lantunan bacaan Al-Qur’an. Selain itu mendengarkan lantunan bacaan Al-Qur’an juga bisa membuat hati merasa lebih tenang. Bunda juga bisa sambil melakukan kegiatan lainnya seperti menyapu, memasak dan lainnya.

* Menyiapkan menu berbuka puasa

Salah satu amalan wanita yang sedang haid yang bisa dilakukan adalah menyiapkan menu untuk berbuka puasa bagi yang orang yang sedang berpuasa. Eits, bahkan ada nih salah satu hadist nabi yang menyebutkan. Ketika kamu menyiapkan makan atau menu untuk berbuka puasa makan kamu akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berpuasa. Wah lumayan kan bisa menambah pahala :D

Nah, sekarang Bunda nggak perlu bingung mau melakukan amalan apa kalau sedang haid. Bunda bisa melakukan beberapa amalan yang ada di atas. Dengan begitu Bunda juga bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Amalan Puasa Wanita yang Haid"

Posting Komentar