Seputar Dunia Kehamilan




Baby AE - Halo para Bunda J. Setelah sering membahas soal baby atau anak. Kali ini kita membahas mengenai kehamilan sampai mengatasi sesak napas saat hamil muda, yuk J!




1. Manfaat air maupun minyak kelapa untuk ibu hamil

Pernah dengar enggak kalau pada saat hamil usia 6 bulan, lalu minum minyak kelapa itu dapat memperlancar persalinan? Mitos atau fakta? Ya, itu memang fakta adanya.

Memang minyak kelapa itu manfaatnya banyak banget lho. Salah satunya adalah bisa memperlancar persalinan. Hal ini dikarenakan konsistensi minyak atau air kelapa yang lebih licin. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki banyak kandungan kalium dan asam lemak tak jenuh yang dapat melindungi janin dari infeksi mikroorganisme.

Berdasarkan pengalaman seorang bidan ketika menolong persalinan beberapa ibu. Mereka yang mengonsumsi air maupun minyak kelapa, pada trimester ketiga air ketubannya terlihat lebih licin, kental, dan melahirkan bayinya dengan kulit yang bersih. Secara medis, tidak ada kontraindikasi terhadap persalinan maupun kondisi bayi setelah lahir apabila mengonsumsi minyak ataupun air kelapa selama masa kehamilan.

Baca juga: Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil



2. Seputar nifas

Jangka waktu nifas secara normal ialah berlangsung selama 30-40 hari. Untuk mengenali dan memastikan bahwa yang keluar itu adalah darah nifas atau darah menstruasi, Bunda harus bisa mengetahui ciri-cirinya. Karena begitu selesai nifas, terkadang seorang ibu langsung mendapatkan jatah menstruasi secara normal atau paling tidak hanya keluar darah sedikit. 

Apabila saat ataupun setelah masa nifas selama 40 hari, tiba-tiba keluar darah berwarna merah atau merah kecokelatan itu pertanda bahwa Bunda mengalami menstruasi. Meski pola dan warna pendarahannya tidak sama dengan menstruasi sebelum hamil.

Tidak hanya itu, periode menstruasi saat menyusui juga terkadang tidak stabil. Hal ini dikarenakan pengaruh hormon prolaktin dari ASI yang tinggi bisa mengakibatkan seorang ibu baru selesai masa nifas tidak kunjung datang bulan, bahkan bisa sampai berbulan-bulan.



3. Efek tekanan darah pada ibu hamil

Ibu hamil biasa rentan dengan tekanan darah yang tidak stabil secara tiba-tiba. Terkadang juga tekanan darah pada ibu hamil cepat berubah. Hal ini dikarenakan pengaruh dari perubahan posisi tubuh atau baru melakukan aktivitas tertentu. 

Tekanan darah 90/60 mmHg masih termasuk normal, meskipun sudah masuk ke dalam grafik normal yang paling rendah. Namun, tidak perlu khawatir berlebihan apabila mobilitas serta aktivitas Bunda jadi terganggu karena hal tersebut, seperti pusing, mual, dan sejenisnya. Beristirahatlah yang cukup, duduk, atau tidur dengan posisi miring ke kiri untuk memperlancar peredaran darah ke jantung.

Baca juga: Manfaat dan Bahaya Semangka untuk Ibu Hamil





4. Robekan pada perineum derajat 4

Apa itu robekan pada perineum derajat 4? Ingin tahu? Serius ingin tahu? Hehe. Baik, simak penjelasan di bawah ini ya! J

Robekan yang terjadi pada perineum derajat 4 berarti robekan terjadi di seluruh lapisan vagina sampai ke dubur atau anus sebab melahirkan melalui vagina. Luka tersebut akan sembuh dengan sempurna biasanya dengan cara melalui jahitan dan perawatan yang baik.

Apabila tumbuh daging pada perineum, maka dokter menyarankan untuk melakukan re-hecting. Apa itu re-hecting? Re-hecting adalah penjahitan kembali atau memperbaiki penyembuhan, kontinuitas jaringan, serta membuang jaringan yang tidak perlu dengan cara membuat luka baru sehingga penyembuhan akan lebih baik. Perlu Bunda ketahui juga bahwa daerah perineum lebih elastis.



5. Sesak napas saat hamil muda

Ada yang pernah mengalami sesak napas saat hamil muda enggak? Sudah tahu belum cara mengatasinya dengan benar? Baik, akan saya berikan tips atau cara mengatasinya di bawah ini ya. Silakan disimak J.
Cara mengatasi sesak napas saat hamil muda:



a. Duduk dengan badan tegak supaya ruang paru-paru tidak tertekan atau sempit. Hal ini juga agar ruang paru-paru lebih luas untuk bernapas.



b. Ketika Bunda hendak tidur, gunakan 1 atau 2 bantal untuk mengganjal kepala dan bahu. Usahakan hal itu dilakukan.



c. Pada saat berdiri ataupun berjalan kemudian napas terasa sesak, lebih baik istirahatlah. Membungkuklah dan sandarkan badan pada kursi ataupun bantal.



d. Olahragalah secara teratur, tapi ingat olahraga khusus ibu hamil ya :D.

Bagaimana para, Bunda? Sudah tahu kan sekarang? J

All picture by: Google

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Seputar Dunia Kehamilan"

  1. Wah...
    Ini ilmu banget untuk perempuan-perempun Indonesia, khususnya yang mau hamil.

    Salam sukses Kak!

    BalasHapus