Tips Memandikan Bayi dengan Benar




Baby AE - Banyak calon orangtua yang belajar bagaimana cara merawat bayi ketika menjelang kelahiran di sebuah tempat pelatihan merawat bayi. Mulai dari belajar cara menggendong hingga memandikan. Ada juga yang tidak punya waktu ataupun dana untuk belajar langsung di tempat pelatihan. Akan tetapi, para calon orangtua tidak perlu khawatir. Karena saya akan memberikan sedikit informasi tentang cara memandikan bayi dengan benar. Simak terus tulisan saya ya J.



Bagi calon orangtua apalagi masih benar-benar baru/ belum pernah mempunyai anak pasti akan merasa resah, khawatir serta takut untuk memandikan anak pertamanya. Karena memang belum berpengalaman. Jadi, yang memandikan kadang neneknya atau bahkan sampai memanggil dukun bayi spesialis memandikan bayi, hehe.
Sebenarnya tidak perlu takut ya untuk memandikan bayi meski itu merupakan anak pertama. Asal tahu cara-caranya dan yang paling penting saat memandikan bayi itu tidak boleh ditinggal ke mana-mana meski hanya sedetik pun. Karena bisa berakibat fatal. Namun, apabila memang darurat atau ada sebuah panggilan yang harus diangkat bawalah bayimu dan jangan lupa selimuti dengan handuk agar tidak kedinginan. Ketika Bunda atau Ayah hendak memandikan bayi coba perhatikan cara-cara di bawah berikut ini:



1. Siapkan semua peralatan mandi buat bayi. Mulai dari bak mandi, air hangat, sabun mandi bayi berlabel soap-free, dua waslap, gayung kecil, handuk, tempat tidur dan perlak untuk meletakkan dan perawatan pada bayi ketika sudah selesai dimandikan, pakaian dan popok ganti, bedak, dan minyak telon. Jangan lupa letakkan alat mandi seperti sabun mandi dan lain sebagianya tepat di sisi bak mandi. Oh iya, taruhlah bak mandi ke permukaan tanah atau lantai yang rata ya.



2. Tuangkan air dingin lalu panas setinggi pinggang bayi, aduk air merata. Pastikan suhu air tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas dengan mengecek menggunakan lengan siku Bunda atau Ayah. Karena kulit lengan siku dipercaya seperti kulit bayi. Jangan masukkan bayi terlebih dahulu ke dalam bak mandi ketika sedang menuangkan air atau belum selesai menuangkan air ke dalam bak mandi tersebut.



3. Lepaskan pakaian pada bayi lalu masukkan ke dalam bak mandi. Pegang bayi dengan cara yang benar ya Bunda. Cara memegang bayi saat memandikannya adalah menggunakan satu tangan dan lengan untuk menopang kepala serta tubuhnya.  Lalu tangan yang satunya lagi untuk menyangga tubuh bayi pada bagian bawah. Nah, untuk selanjutnya yaitu mengguyurkan air ke tubunya dimulai dari kaki hingga ke leher.
4. Mulailah membersihkan tubuh si kecil dari kelopak mata, hidung dan juga bagian-bagian wajah lainnya. Untuk bagian wajah usapkan air menggunakan waslap dengan lembut. Memang sebenarnya tidak disarankan menggunakan sabun, akan tetapi jika memang perlu disabun gunakanlah sabun bayi berlabel soap-free. Ingat, pastikan satu tangan kamu menyangga kokoh punggung dan kepala bayi ketika tangan satunya membersihkan tubuh si kecil ya. Jaga selalu posisi kepala bayi agar tetap berada di atas permukaan air.



5. Apabila Bunda atau Ayah memandikan bayi menggunakan sabun, tuangkan sedikit saja supaya kulitnya tidak kering.



6. Berikan perhatian lebih dalam membersihkan tubuh bayi pada area ketiak, belakang telinga, leher, kelamin, dan di bagian lipatan-lipatan tubuh lainnya. Apalagi jika bayinya gemuk. Pasti banyak lipatannya kan :D. Jadi, pastikan lipatan-lipatannya juga selalu bersih ya.



7. Guyur tubuh bayi mulai dari kepala hingga ke seluruh tubuhnya termasuk lipatan-lipatannya secara perlahan menggunakan gayung kecil, kemudian seka dengan menggunakan waslap bersih.


8. Angkat bayi secara perlahan. Segera letakkan si kecil di atas tempat tidur yang sudah diberi alas ganti/ perlak. Keringkan setiap bagian tubuhnya dengan lembut menggunakan handuk, jangan lupa juga lipatan-lipatannya.



9. Sambil mengeringkan tubuh bayi menggunakan handuk, Bunda atau Ayah juga boleh lho memijat-mijat tubuh si kecil serta mengajaknya berbicara. Hal ini bisa membuat bayi semakin rileks.



Bagaimana calon orangtua? Sudah paham dengan penjelasan-penjelasan di atas? Sudah berani memandikan bayi sendiri? Harus berani dong ya, hehe. Selamat memandikan bayi J.



All picture by: Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memandikan Bayi dengan Benar"

Posting Komentar