Tips Agar Bayi Bisa Tengkurap




Baby AE - Siapa sih yang nggak mau anaknya bisa cepet tengkurap? Pasti Bunda ingin sekali kan lihat si kecil bisa tengkurap. Bisa jadi juga menjadi salah satu yang memang dinanti-nantikan. Tengkurap sebenarnya bisa dilakukan sejak bayi berusia sebulan. Akan tetapi Anda harus bijak melatih si kecil belajar tengkurap sedini itu. Pasalnya, meskipun posisi ini sangat baik untuk perkembangan motorik anak dan juga melatih kekuatan lehernya. Posisi tengkurap bisa meningkatkan sindrom bayi meninggal mendadak jika dilakukan dengan sembarangan. Jadi, harus hati-hati ya Bunda hehe.



Pada umumnya si kecil mulai bisa tengkurap dan membalikkan badannya mulai menginjak usia 3 - 5 bulan. Tapi, tidak semua bayi dapat tengkurap di usia itu karena ada juga bayi yang baru bisa tengkurap pada usia 6 – 7 bulan. Saat otot leher dan lengannya dirasa sudah cukup kuat bayi akan melakukannya. Maka dari itu, Bunda tidak usah risau jika si kecil belum bisa miring ataupun tengkurap pada usia 3 bulan. Hal ini dikarenakan perkembangan setiap bayi yang berbeda-beda.

Bunda tahu tidak bahwa sebenarnya si kecil tidak suka berlama-lamaan dalam posisi tengkurap ini. Jika, si kecil tengkurap dalam waktu yang lama ia akan bosan dan mulai menangis alias rewel :D. Nah, untuk itu Bunda yang ingin melatih si kecil agar bisa tengkurap dan tidak rewel Bunda dapat melakukan tips di bawah ini nih :

1. Beri mainan yang menarik si kecil




Agar bayi tidak cepat bosan Bunda dapat memberikan si kecil mainan yang menarik hatinya, itu bisa dilakukan seperti dengan memberi mainan-mainan lucu agar si kecil tidak mudah bosan. Letakkan mainan itu di depan bayi dan biarkan dia berusaha meraihnya. Selain dengan memberikan mainan yang lucu dan berwarna cerah Anda juga bisa memberikan bola kecil untuk menarik perhatian si kecil. Dalam posisi tengkurap ini akan membantu bayi untuk merangsang kemampuan mengangkat badannya dan akan berusaha mengambil mainan yang ada di hadapannya .

2. Rutin lakukan tummy time pada bayi


Bunda tahu tidak apa itu tummy time? Tummy time adalah waktu yang digunakan si kecil untuk bertumpu pada perutnya alias tengkurap untuk melatih kekuatan otot lehernya. Tummy time sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari dalam posisi tengkurap selama 5 menit (waktu idealnya). Lakukan hal ini secara berulang kali. Satu lagi Bunda, letakkan si kecil pada tempat yang bersih dan nyaman yah. Bila si kecil sudah mulai menangis jangan dipaksakan. Bunda bisa membuat suasana si kecil lebih baik dengan cara menggendongnya ataupun dengan mengubah posisi si kecil menjadi telentang.


3. Berikan ekspresi yang lucu


Nah, untuk cara yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara memperagakan ekspresi wajah yang lucu ketika dihadapannya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara menirukan suara binatang untuk menarik perhatian si kecil.  Jadi, Bunda jangan kaget ya ketika si kecil tertawa dengan ekspresi yang Anda tampilkan :D. Tidak hanya bayi saja, bahkan anak-anak pun sering melakukan permainan ini.


4. Melakukan pijat bayi


Pijat bayi memang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah membantunya lebih cepat belajar tengkurap. Pijatan yang diberikan pada titik tubuh bayi tertentu akan memudahkan si kecil tengkurap. Rangsangan yang ada pada bagian syaraf tubuh bayi membuat si kecil memiliki perkembangan motorik yang lebih cepat dibandingkan dengan bayi yang tidak dipijat.

Gimana Bunda masih bingung bagaimana caranya membuat si kecil bisa cepat tengkurap? Yuk buruan coba tips di atas hehe :D.


All source pictures : Google

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Agar Bayi Bisa Tengkurap"

  1. Jadi ingat waktu Vani bayi dulu, Mbak. Kegiatan main dengan bayi memang mengenangkan sekali ya. Tipsnya penting banget ini buat Ibu yang punya bayi :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mbak memang menyenangkan. Apalagi kalau melihat si kecil tertawa rasanya bahagia banget hehe :D

      Hapus