Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan





Baby AE - Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin canggih. Tidak heran bahwa saat ini lebih banyak anak kecil yang memilih bermain gadget daripada harus bermain di luar bersama alam. Hal ini lah yang membuat anak zaman sekarang jarang memainkan permainan outdoor. Padahal ada banyak manfaat yang akan anak dapatkan ketika main di luar.


Agar inisiatif si kecil tumbuh, sebaiknya Bunda harus memberikan kebebasan kepada si kecil untuk menjelajahi dan juga bereksperimen dengan lingkungannya. Dengan memberikan si kecil kebebasan bermain ke luar ruangan si kecil akan belajar banyak hal dari lingkungan dan anak akan mereksplorasi dengan acra memahami hal-hal yang baru di sekeliling si kecil dengan cara bermain, bertanya, menguji sesuatu, serta mewujudkan ide yang ada di dalam pikiran si kecil. Dalam bereksplorasi si kecil akan menggunakan semua kemampuan yang ia miliki melibatkan aktivitas berpikir (kognitif), indrawi (sensori) dan juga menggerakkan tubuh (motorik).

Manfaat anak bermain di luar :

1. Menambah kemampuan motorik anak.


Dengan bermain di luar ruangan otot-otot yang ada di kaki dan tangan si kecil secara fungsional akan meningkatkan kinerja otak anak. Saat anak bermain di luar rumah mereka akan menggunakan motorik kasar yang berupa menendang bola, melompat, melemparkan bola yang dapat meningkatkan kemampuan kinerja otak si kecil.

2. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi. 




Si kecil akan belajar berbagi mainan atau makanan yang mereka miliki dengan temannya. Dengan begitu anak akan bermain bersama dan akan merasakan asyiknya bermain di luar bersama orang lain. Hal ini juga akan menjadikan anak lebih percaya diri.

3. Mendukung pertumbuhan tulang si kecil


Dengan bermain di luar ruangan anak akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh sinar matahari. Ha ini dikarenakan sinar matahari mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang si kecil. Ini merupakan salah satu manfaat yang tidak bisa diterima oleh anak yang sering bermain di dalam ruangan atau rumah.

4. Melatih anak untuk berpikir


Salah satu manfaat yang akan didapatkan anak ketika bermain di luar ruangan adalah melatih cara berpikir anak untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Ketika anak bermain di luar ruangan dengan teman akan menciptakan tantangan tersendiri, dengan begitu anak akan menghadapi masalah yang nyata dibandingkan dengan hanya memecahkan masalah yang ada di video game. Dengan begitu akan melatih anak berpikir untuk memecahkan masalah dengan sendirinya dan juga akan menjadi si kecil lebih mandiri.


5. Menjadikan si kecil kreatif


Alam akan merangsang kreatifitas dan juga imajinasi anak menjadi lebih luas dibandingkan anak si kecil yang hanya melihat layar hp, komputer dan televisi. Dengan begitu akan menjadikan anak dapat berinteraksi langsung dengan alam. Si kecil bisa menyentuh, mendengar dan juga mencium dengan begitu lebih  banyak mengaktifkan indra mereka tidak hanya melihat saja.

Jadi, biarkan si kecil mengekslorisasi alam dengan bilang “iya boleh”. Tahun ini ada dukungan Gerakan 1 Juta #IyaBoleh!. Saya sudah ikutan lho buat dukungan bilang #iyaboleh lho. Hingga sekarang sudah ada 490.719 orang yang sudah mendukung Gerakan 1 Juta #IyaBoleh!



Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan"

  1. Anak saya juga paling seneng mainan di luar, tapi ibunya capek ya ngikutin hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya. Tapi si kecilnya juga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

      Hapus
  2. Pada dasarnya anak-anak memang paling suka main di luar ya Mbak. Mereka bisa bergerak leluasa dan mengeksplor keingintahuannya. Hanya kadang orangtua yang khawatir, takut terjadi apa-apa. Jadi harus dibawah pengawasan ya :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Bun. Bermain di luar memang baik untuk proses tumbuh dan kembang anak, tapi juga harus tetap dalam pengawasan orangtua hehe

      Hapus