Hal-hal yang Perlu Dicek Pada Tumbuh Kembangnya Bayi Usia Satu Bulan




Baby AE - Pernah mengabaikan tumbuh kembangnya bayi kamu? Pernah terpikir, “Ah nanti juga akan tumbuh dengan sendirinya.” Pernah terpikir seperti itu gak? Meskipun bayi juga bakal tumbuh. Namun, tidak ada salahnya kan apabila selalu mengecek. Toh, juga ada hubungannya dengan kesehatan si baby.


Jangan pernah menyepelakan hal-hal kecil apalagi mengenai bayi kamu. Karena, suatu masalah yang awalnya kecil bisa berubah menjadi besar jika disepelekan ataupun diabaikan.

Memperhatikan tumbuh kembangnya bayi itu sangat penting. Selain selalu memantau segala aktivitasnya, jangan lupa juga sering mengecek kesehatan si baby.

Orangtua jika mencintai bayinya pasti akan melakukan yang terbaik untuk bayi ataupun anak-anaknya. Termasuk selalu memperhatikan pertumbuhan si kecil. Jika tidak suka dengan bayi/ anaknya pasti sudah dibunuh sejak masih di dalam rahim atau kandungan. Atau bahkan jika sudah lahir akan dibuang. Di bawah ini dijelaskan beberapa hal yang perlu dicek pada tumbuh kembangnya bayi usia satu bulan:

Baca juga: Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan



a. Frekuensi menyusu bertambah

Frekuensi menyusu pada bayi semakin lama akan semakin bertambah dan waktu yang diperlukan untuk menyusui juga semakin lama. Karena hal ini untuk memenuhi kebutuhannya sebab lambungnya semakin besar dan aktivitasnya semakin banyak.

b. Pertumbuhan panjang dan berat tubuh semakin pesat

Dengan bertambahnya usia maka berat bayi dan panjang tubuh bayi pun akan semakin bertambah.

Untuk berat tubuh bayi laki-laki biasanya bertambah sekitar 3,4 kilogram sampai 5,7 kilogram dan panjang tubuh sekitar 51,1 sentimeter sampai 58,4 sentimeter. Bagian lingkar kepala biasanya berkembang mulai 35,1 sentimeter sampai 39,5 sentimeter. Sedangkan pada bayi perempuan, berat tubuhnya akan bertambah mulai 3,2 kilogram sampai 5,4 kilogram dan panjang tubuh sekitar 50 sentimeter sampai 57,4 sentimeter.

Bayi yang baru lahir memiliki ubun-ubun lunak yang disebut fontanel dan akan mengeras seiring dengan bertambahnya usia. Namun, apabila fontanel terlalu menonjol, kemungkinan besar bayi sedang mengalami masalah kesehatan. Misalnya, meningitis.

Baca juga: Waspadai Kejang Demam (Step) Pada Bayi


c. Waktu tidur berkurang

Saat sudah memasuki usia satu bulan, waktu tidur bayi mulai berkurang. Di siang hari dia akan lebih banyak tidak tidur dan ibu bisa mengajaknya beraktivitas.

Ibu juga sudah tidak perlu lagi bergadang. Semakin baik kemampuan baby mengenali jam alaminya, dia akan tidur lebih nyenyak pada malam hari hingga pagi hari.

d. Mulai bisa tertawa dan bergumam

Kemampuan berbicara baby pada usia satu bulan memang belum sempurna. Namun, dia sudah mulai mengeluarkan suara  tawa memekik dan gumaman untuk mengekspresikan perasaannya. Berikan balasan dengan mengikuti suara bayi dan ajak bicara face to face (tatap muka) untuk kegiatan yang menyenangkan ini.

e. Koordinasi mata, tangan dan kaki semakin baik

Koordinasi gerak refleks tangan dan kakinya semakin baik. Secara refleks jari tangan bayi akan menggenggam  benda yang diberikan kepadanya. Penglihatannya semakin peka dengan cahaya terang atau sinar yang ditandai dengan ketertarikan bola matanya mengikuti sumber cahaya.
Mulai mengangkat tangan sampai mendekati kepala, biasanya sampai ke mulut dan memasukkan tangannya. Berikan mainan gantung berwarna-warni di atas tubuh baby untuk melatih motorik dan sensoriknya.

f. Kemampuan indera penciuman dan pendengaran semakin baik

Kemampuan pendengarannya semakin sempurna, baby akan menggerakkan kepalanya atau matanya akan menoleh ke sumber suara saat ibu memanggil namanya atau menyembunyikan suara di dekatnya.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Menangis



Baby juga semakin mengenali bau orangtuanya dan di saat ada orang lain yang mendekati, biasanya baby akan gelisah dan menangis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-hal yang Perlu Dicek Pada Tumbuh Kembangnya Bayi Usia Satu Bulan"

Posting Komentar