Tips Menggendong Bayi yang Benar



Baby AE -Menggendong bayi merupakan salah satu bentuk kasih sayang orang tua terhadap anaknya. Apalagi kalau bayinya baru lahir, harus ekstra hati-hati ya bunda. Saat bayi baru lahir sangat penting untuk selalu menopang kepala dan lehernya. Karena apa? Karena leher bayi baru cukup kuat pada usia 1-2 bulan, yang mana bayi mulai bisa mengangkat kepala saat dalam posisi tengkurap.

Nah kalau bunda bagaiama cara menggendong bayinya? Apa hanya sukur digendong apa sudah benar cara menggendongnya. Di sini akan saya beri tahu. Apa hayoo? Yup di sini akan saya beri tahu cara menggendong bayi yang baru lahir dengan baik. Caranya antara lain :


1.  Menggendong bayi di lekuk lengan



Cara yang satu ini mungkin sudah sering kali dilakukan oleh para bunda. Benar atau tidak Bunda? hehe. Posisi ini juga sering disebut dengan menimang bayi. Cara menggendongnya cukup mudah bunda. Pertama, ambil bayi bunda yang sedang berbaring dan tempatkan salah satu lengan Bunda di bawah leher dan kepalanya. Kemudian, satu tangan lainnya berada di bokongnya dedek bayi. Angkat dan sesuaikan posisi si kecil hingga merasa nyaman. Lakukan gerakan mengayun perlahan agar bayi nyaman dalam gendongan Bunda. 

2. Menggendong dengan posisi tengkurap



Menggendong bayi dengan posisi tengkurap dilakukan dengan cara bagian kepala dan leher bayi berada di salah satu lengan bagian dalam dan ujung telapak tangan Anda menopang kedua kaki bayi, dan pastikan wajah bayi tidak tertutup. Pada posisi ini, Anda bisa bebas mengusap atau menepuk dengan pelan menggunakan tangan yang lain.

3. Sandarkan di bahu



Cara menggendong bayi yang satu ini dengan cara menyandarkan kepala si kecil di bahu kanan atau kiri. Pastikan pandangan si kecil menghadap ke belakang. Lalu, posisikan tangan Bunda di bagian belakang kepala dan juga leher bayi. Sementara tangan Bunda yang satunya menopang pangkal paha.


4. Menggunakan Baby Sling



Kalau dahulu Bunda menggunakan selendang untuk  menggendong bayi sekarang sudah ada baby sling yang memudahkan Bunda untuk membawa bayi Anda. Bunda tidak usah khawatir sekarang baby sling sudah di design khusus. Tetapi juga ada aturannya, agar si kecil merasa nyaman ketika digendong. Baby sling harus memiliki ikatan yang kuat dan tidak mudah sobek. Kemudian, bayi digendong dengan posisi kepala menghadap ke arah dada Bunda.


5. Gendong dengan bertatap muka



Kalau Bunda ingin mengajak si kecil berbicara atau bercanda Bunda bisa menggunakan cara menggendong yang satu ini. Cara menggendong bayi ini menggunakan tangan kanan untuk menopang kepala dan leher bayi. Posisikan wajah si kecil menghadap ke arah Bunda ya, dan tangan Bunda yang satunya digunakan untuk menyanggah tubuh bagian bawah bayi.

6. Letakkan si kecil di pangkuan



Kalau cara yang satu ini cukup mudah Bunda. Anda bisa melakukan cara ini dalam posisi duduk di kursi. Caranya, sanggah kepala si kecil dan lehernya dengan menggunakan telapak tangan. Upayakan letaknya berada di celah lutut. Di samping itu biarkan tubuh si kecil telentang di pangkuan.


All source pictures : Google

Gimana bunda sekarang sudah tahu kan cara-cara menggendong bayi yang benar, semoga bermanfaat ^_^. Posisi bunda sudah benar belum dalam menggendong si kecil? hehe.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips Menggendong Bayi yang Benar"

  1. Gemesin gambar dedek bayinya..
    Kalau sekarang, bayiku mulai besar paling nyaman gendong pakai gendongan kanguru. udah nggak kuat kalau pakai gendongan sling apalagi tanpa gendongan, hihi

    BalasHapus