5 Rekomendasi MPASI untuk Bayi Umur 6 Bulan





Baby AE - Hallo Bunda apa kabar? hehe. Siapa nih di sini yang mempunyai anak usia 6 bulan? Angkat tangannya yang tinggi dong hehe :D. Kali ini saya akan bahas nih MPASI yang cocok buat si buah hati. Baca sampai akhir ya hehe :D

Sampai saat ini ASI masih merupakan nutrisi terbaik bagi bayi. ASI seharusnya memang diberikan hingga bayi berusia 2 tahun. Tapi, bayi yang sudah berusia 6 bulan juga memerlukan makanan pendamping ASI yang biasanya disebut dengan MPASI. MPASI ini sudah bisa diberikan mulai bayi berusia 6 bulan, hal ini dikarenakan pencernaan yang ada pada bayi sudah mulai sempurna.


Hal yang perlu diperhatikan oleh para bunda adalah memberikan makanan yang halus sesuai kemampuan bayi untuk mencernanya. Tak hanya itu, sebaiknya makanan untuk bayi merupakan buatan sendiri ya Bun, hal ini bertujuan untuk menjaga nutrisi dan kualitas bahan yang digunakan. Bunda sudah tahu belum apa saja makanan pendamping ASI (MPASI) yang dapat dijadikan sebagai menu makanan untuk si buah hati? Kalau belum tahu ini nih aku kasih tahu :D. 5 Rekomendasi MPASI untuk bayi usia 6 bulan :


1. Buah pisang


Buah yang satu ini sudah umum digunakan untuk makanan pendamping ASI (MPASI), ini karena buah pisang memiliki tekstur yang halus dan mudah dicerna oleh si kecil. Tak hanya itu, buah ini juga memiliki banyak manfaat. Pasalnya, di dalam buah ini memiliki kandungan vitamin A, C, asam folat dan kolin, mineral seperti kalsium, kalium, fosfor dan magnesium, omega 6 dan juga karbohidrat. Banyak banget kan Bunda kandungan vitaminnya. Kandungan kalsium yang ada pada buah pisang sangat bermanfaat bagi bayi untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan pectin juga berperan untuk melancarkan pencernaan si kecil.

2. Buah alpukat


Buah yang satu ini selain bermanfaat untuk ibu hamil ternyata juga bermanfaat untuk si kecil lho. Buah ini selain terkenal dengan kandungan asam folatnya yang tinggi ternyata juga mempunyai manfaat yang penting untuk pertumbuhan si kecil. Buah yang satu ini dapat meningkatkan berat badan, menyehatkan kulit si kecil, dan juga mencegah peradangan pada tubuh bayi usia 6 bulan. Oh iya Bunda satu lagi nih yang nggak boleh terlewatkan. Buah alpukat juga berguna untuk meningkatkan perkembangan otak dan syaraf pusat si kecil. Gimana Bunda banyak juga kan ternyata manfaat dari buah alpukat ini hehe.


3. Ubi Jalar


Iyaps ubi jalar ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk si kecil lho Bun. Ubi jalar mengandung kalsium, zat besi serta vitamin A, E, dan C yang membantu proses pertumbuhan. Tak hanya itu ubi jalar juga bisa mengatasi sembelit. Misalkan saja saat bayi dikenalkan dengan makanan padat, ada kemungkinan bayi mengalami sembelit karena sistem pencernaannya yang belum berkembang sepenuhnya ya kan Bun? Nah, kandungan serat pada ubi jalar ini yang membantu menenangkan gerakan usus. Bunda dapat memberikan ubi jalar pada si kecil dengan menjadikannya bubur.

4.  Kacang hijau


Kacang hijau juga kaya vitamin lho Bunda. Kacang hijau mempunyai kandungan vitamin A, C, E, K dan B-6 yang berperan menunjang kesehatan si kecil dan mendukung tumbuh kembang si kecil. Tak hanya itu kacang hijau juga mengandung flavonoid yang berperan sebagai anti mikroba dan anti inflamasi yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil.


5. Beras merah


Selain buah-buahan MPASI yang satu ini juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan si kecil, karena mengandung vitamin, protein, karbohidrat dan lemak. Beras merah juga kaya akan sumber energi seperti vitamin B1, B6 dan B12. Kandungan mineral yang ada pada beras merah membantu pertumbuhan tulang, otot dan gigi bayi serta meningkatkan fungsi otak bayi dengan baik.

Sekarang Bunda tinggal pilih nih makanan pendamping ASI yang mana yang akan di berikan untuk si kecil hehe, atau Bunda sudah pernah memberikan MPASI pada si kecil? MPASI yang mana nih yang pernah diberikan? hehe


All source pictures : Google

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Rekomendasi MPASI untuk Bayi Umur 6 Bulan"