5 Manfaat Memijat si Buah Hati





Baby AE - Mengapa kalau bayi baru lahir ataupun yang sudah beberapa hari harus di pijat? Bunda tahu tidak apa saja manfaat pijat bayi untuk si kecil? Belum tahu manfaat pijat bayi untuk si kecil, yuk simak artikel ini sampai habis hehe.

Pijat bayi adalah mengurut bagian tubuh bayi untuk melemaskan otot bayi, sehingga peredaran darah yang ada di dalam tubuh bayi berjalan lancar. Pijatan yang dilakukan pada bayi baru lahir  dapat memberikan jaminan adanya kontak tubuh berkelanjutan yang dapat mempertahankan perasaan aman pada bayi. Waktu pijat bayi ini lebih baik dilakukan setelah bayi dilahirkan, sesuai dengan keinginan orang tua. Pemijatan yang dilakukan setiap hari semenjak bayi lahir hingga berusia 6-7 bulan akan memberikan keuntungan yang besar pada bayi.


Waktu terbaik untuk memijat si kecil adalah saat bayi terjaga dan tenang, begitupun dengan Bunda. Bunda harus dalam posisi yang tenang dalam melakukan pijat bayi, agar bayi merasa tenang. Kalau Bunda memijat dalam keadaan yang tidak tenang atau sedang emosi bahaya Bunda, nanti anaknya lagi yang jadi pelampiasan kan kasihan bunda :(




Terkadang Bunda tidak melakukan pijat sendiri untuk si kecil,  mungkin bunda lebih memilih memijatkan bayi ke baby spa. Padahal pijat bayi bisa dilakukan oleh Anda sendiri. Selain tidak mengeluarkan banyak uang, tetapi penelitian membuktikan bahwa memijat si kecil juga baik untuk Anda sendiri. Bunda ingin tahu tidak apa saja manfaat pijat bayi untuk si kecil. 5 Manfaat pijat bayi :

1. Membangun ikatan batin orangtua dengan bayi



Bayi yang baru lahir belum bisa mengenali orang tuanya lewat wajah, melainkan melaui suara dan sentuhan. Sentuhan Anda yang lembut akan membantu bayi membangun kepercayaan dan perasaan positif tentang Anda. Sehingga si kecil akan ebih nyaman dan tenang ketika bersama Anda.

2. Membuat bayi lebih rileks



Jika bayi Anda menangis coba lakukan pijat pada bayi. Memijat bayi akan melancarkan peredaran darah serta meningkatkan kadar hormon oksitosin. Hal inilah yang membuat si kecil lebih rileks dan senang. Jika bayi Anda rewel dan gelisah, pijat bayi bisa menjadi solusinya. Tidak hanya itu saat bayi mengalami masalah pencernaan atau saat giginya mau tumbuh lakukan pijatan pada bayi, karena memijat bayi bisa mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman

3. Bayi tidur dengan pulas



Karena tubuh bayi sudah rileks, maka bayi Bunda akan lebih mudah tidur dan tidak akan rewel di malam hari. Nah, kalau bayi Anda sering rewel dan Anda terpaksa harus bangun tengah malam. Coba Bunda pijat bayinya saat sore hari itu akan membuat bayi Anda rileks dan tidur malam hari dengan pulas.

4. Mendukung pertumbuhan otak bayi



Pijat bayi tak hanya bermanfaat pada tubuh bayi saja, melainkan juga pada otak bayi. Karena lewat pijat bayi, si kecil akan belajar hal-hal baru. Mulai dari sentuhan anda dalam memijat bayi, aroma minyak pijat yang Anda gunakan untuk memijat, hingga komunikasi yang Anda lakukan dengannya. Jadi saat bayi Anda dipijat ajak ia berbicara atau hanya sekedar berkomunikasi agar ia mengenali Anda dan juga agar tidak nangis hehe :D

5. Menormalkan produksi hormon



Melakukan pijatan yang menstimulasi kulit, otot dan syaraf bisa membantu si kecil memproduksi hormon yang ia butuhkan. Melakukan pijatan juga bagus diberikan pada bayi yang berat badannya kurang, sehingga dengan pijatan ini si kecil mampu memproduksi hormon yang membuat berat badannya naik.


All source pictures : Google

Gimana Bunda sudah tahu kan manfaat melakukan pijat pada bayi. Nah, Bunda sudah melakukan pijatan belum untuk si kecil?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Memijat si Buah Hati"

Posting Komentar