Masalah Umum Pada Bayi dan Cara Mengatasinya




Baby AE - Bayi merupakan malaikat kecil yang mungil. Setiap bunda yang mengandung pasti telah menantikan masa-masa bahagia ini, hadirnya malaikat kecil yang telah dikandung 9 bulan didalam perut muncul di hadapannya, menemani, dan mewarnai hari-hari yang dilaluinya. Tidak hanya bunda yang bahagia dengan kehadiran malaikat kecil ini, namun seorang ayah juga tentu bahagia dengan kehadirannya, mungkin kerabat terdekat juga ikut bahagia atas kehadirannya. 




Kebahagiaan ini tidak dapat dilukiskan dengan kalimat, namun ada yang menangis karena terlalu bahagianya. Menangisnya menangis bahagia loh ya bukan menangis kecewa hehe. Tidak banyak bayi yang baru lahir mengalami masalah-masalah yang umum terjadi pada bayi yang baru lahir namun bunda jangan khawatir, disini akan dibahas mengenai masalah yang biasa terjadi pada bayi yang baru lahir, antara lain :

1. Kolik


Kolik yaitu kondisi di mana bayi menangis terus menerus tiada henti. Kondisi seperti ini adalah hal yang wajar, karena selama 9 bulan bayi ada di dalam perut bunda, kemudian ia dilahirkan di dunia yang baru, mungkin saja ia masih takut kali ya, hehe. Bayi menangis itu merupakan cara bayi berkomunikasi dengan orang tua. Di sini peran orang tua sangat dibutuhkan, segera gendong bayi dan dekap agar bayi merasa lebih tenang.

2. Kotoran yang ada pada mata bayi


Kotoran yang ada pada mata bayi atau yang biasa disebut dengan belek itu hal yang wajar. Segera bersihkan ujung-ujung mata dengan kapas yang sudah dibasahi air hangat karena jika tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman atau mungkin sulit untuk membuka matanya.


3. Ruam pada kulit


Ruam pada kulit juga biasa terjadi pada bayi yang baru lahir ini dikarenakan kulit bayi yang sangat sensitif. Ruam bayi biasa diakibatkan oleh suhu yang panas atau juga karena popok bayi. Jika bayi bunda mengalami ruam jangan berikan bedak bayi berikan krim anti ruam sebagai gantinya. Dan juga hindari pakaian yang berlapis-lapis dan suhu yang terlalu panas.

4. Muntah/gumoh


Muntah/gumoh adalah hal yang biasa terjadi pada bayi, hal ini disebabkan karena bayi terlalu kenyang atau juga karena tersedak. Bunda jangan khawatir, cara mengatasi bayi yang muntah/gumoh bisa dilakukan dengan cara gendong bayi menghadap ke belakang dengan posisi dada bayi dengan posisi pundak bunda.

5. Bayi kuning



Masalah bayi yang satu ini merupakan hal yang umum terjadi pada bayi berumur 3-5 hari. Bayi tampak kuning itu dikarenakan organ hati yang belum sempurna dalam memecah bilirubin yang mengakibatkan bayi menjadi tampak  kuning. Untuk menghindari hal tersebut bunda dapat melakukan cara seperti berikan ASI (Air Susu Ibu) dan jemur bayi pada jam 7-8 pagi agar memperoleh sinar matahari pagi karena itu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi.

Like dan share jika tulisan ini bermanfaat buat kamu, ya? Ramaikan juga dengan komentar.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Masalah Umum Pada Bayi dan Cara Mengatasinya"

  1. Wah kita memang perlu belajar dan mengetahui seluk beluk tentan bayi, biar kita tahu apa yang harus kita lakukan, :)

    BalasHapus
  2. Beberapa hal ini memang pelu diwaspadai ya dan terutama tetap ASI yang utama pada bayi baru lahir.

    BalasHapus