Manfaat Buah Pisang untuk Anak-Anak




Baby AE - Pisang merupakan buah yang padat nutrisi dan energi , selain itu buah ini juga kaya akan sumber vitamin B6, vitamin C, serat, kalium, zat besi, vitamin A, biotin, mineral dan juga serat yang sangat diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Teksturnya yang lembut membuat pisang menjadi pilihan yang tepat untuk makanan bayi. Di banyak negara maju, buah pisang kerap menjadi bekal makanan anak-anak ke sekolah. Mereka juga memasukkan potongan buah pisang ke dalam sereal dan susu saat sarapan. Buah ini juga dapat ditemukan dengan mudah dengan harga yang cukup terjangkau di Indonesia. 

 Apabila Bunda sedang menyusui, sekaligus ingin melakukan diet sehat tanpa menggangu peningkatan jumlah produksi ASI yang berkualitas, maka Bunda bisa menambah menu buah pisang dalam urutan menu makanan. Selain kandungan vitamin dan mineral yang melimpah, ternyata buah pisang merupakan sumber makanan yang rendah lemak dan juga memiliki beragam manfaat bagi tumbuh kembang bayi seperti; 


1. Sebagai Makanan Pertama Bayi 

Ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan, inilah saat yang tepat untuk mengenalkan bayi pada makanan pertamanya. Dalam kondisi ini Bunda harus benar-benar memperhatikan kandungan apa sajakah yang ada dalam makanan pertama pada bayi. Selain karena pencernaan bayi masih sangat rentan, mengenalkan makanan pertama yang salah pada bayi juga dapat membuat bayi menjadi susah makan nantinya. Beri bayi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah, karena buah merupakan makanan yang sangat baik di konsumsi oleh bayi. Misalnya, seperti buah pisang yang memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis dan juga aman untuk perut bayi karena mudah untuk dicerna. 



2. Makanan yang Kaya Energi 

 Pisang dianggap sebagai makanan yang baik bagi para olahragawan, sebab kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam buah pisang matang memberikan energi instan bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Maka dari itu, buah pisang juga berperan penting untuk bayi-bayi aktif yang mulai belajar jalan. Kandungan di dalam buah pisang matang sendiri juga terdapat kandungan glukosa, fruktosa, dan juga sukrosa yang merupakan gula alami, yang mampu mencukupi kebutuhan energi untuk bayi. 


3. Baik untuk Pencernaan 

 Serat umumnya memiliki fungsi yang sangat baik dalam membantu memperlancar pencernaan agar tetap sehat. Buah pisang memiliki kandungan serat yang cukup banyak, dan serat yang terdapat di dalam buah pisang adalah jenis pektin yang mudah larut dalam air. Pektin berfungsi untuk membantu pencernaan dengan cara mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana yang mudah dicerna oleh pencernaan bayi. Memberikan buah pisang secara teratur sebagai makanan pendukung ASI dapat membantu mencegah masalah pencernaan bayi dan membuat bayi terhindar dari masalah buang air besar. Dengan memberikan bayi buah pisang matang dengan cara dihaluskan akan membantu memadatkan feses bayi, sehingga bayi tidak akan merasa kesulitan saat buang air besar. 





4. Tulang Kuat dan Penglihatan Sehat 

 Pisang adalah makanan kaya kalium yang menetralkan natrium pada tubuh anak, sehingga membuat tulangnya kuat. Selain itu mengkonsumsi pisang juga dapat mentransfer kembali kalsium yang hilang bersamaan saat buang air kecil. Anak-anak yang doyan makan pisang juga memiliki penglihatan yang lebih baik. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dalam buah pisang yang juga dapat melindungi retina dari segala jenis penyakit. 



5. Menyediakan Nutrisi yang Lengkap 

 Dalam kebutuhan nutrisi harian bayi, terutama bayi yang telah mulai makan makanan padat. Kebutuhan nutrisi harian bayi yang mencakup kalium, kalsium, magnesium fosfor, zat besi, asam folat, vitamin B12 dan tembaga dalam jumlah yang cukup, akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi hemoglobin dalam tubuh. Kandungan zat besi yang ada dalam buah pisang juga baik untuk anak-anak dan akan mencegah terjadinya anemia. Sedangkan fungsi Kalium dalam buah ini sangat penting untuk otot dan juga menjaga irama jantung. 


6. Mengatasi Diare Pada Bayi 

 Diare merupakan salah satu masalah yang yang seringkali diderita oleh bayi. Diare pada bayi sering terjadi karena disebabkan oleh virus. Dalam kondisi tersebut, hal utama yang harus dilakukan adalah mengkonsultasikan kondisi tersebut pada dokter. Pastikan bahwa bayi tetap terhidrasi, pemberian buah pisang sangat bagus pada saat bayi sedang mengalami diare, karena dapat membantu memadatkan feses dan juga menghindarkan bayi dari kehilangan cairan selama diare berlangsung. 



 7. Meningkatkan Kekuatan Otak 

 Pisang bisa menjadi bahan bakar yang baik untuk otak anak-anak. Kandungan kalium dalam buah pisang membantu sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kekuatan otak. Pisang juga dapat meningkatkan daya konsentrasi pada anak, tak heran jika seorang Bunda terkadang menyertakan buah pisang dalam menu bekal anak-anak ke sekolah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Pisang untuk Anak-Anak"

Posting Komentar