5 Hal Penting yang Perlu Dipelajari Sebelum Mulai Mencicil


Baby AE - Beli ini itu secara cicilan bukan lagi hal yang baru di negeri ini. Mulai dari rumah hingga liburan pun sekarang sudah bisa dicicil brekat layanan PayLater dari Traveloka bisa pinjaman online tanpa agunan Paylater


Nah bagi kamu yang berencana mencicil apa pun itu; mobil, rumah, alat elektronik hingga biaya liburan, pastikan untuk selalu memperhatikan 5 hal berikut ini agar tidak salah memilih penyedia cicilan yang bisa saja bodong atau menjerat dengan berbagai ‘biaya siluman’ yanga bisa menganggu flow keuangan kamu. 


 1. Bunga Cicilan 

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum mencicil apa pun adalah bunga yang harus dibayar. Banyak bank provider kartu kredit maupun pilihan pembayaran online menawarkan promo cicilan 0% yang jujur sangat tempting untuk dimanfaatkan. Dengan mengambil program cicilan 0% berarti kamu tidak perlu membayar bunga, cukup membayar angsuran senilai yang sudah ditentukan di awal. Namun pastikan membayar cicilan tepat waktu untuk menghindari denda yang akan menambah jumlah pembayaran cicilan kamu. 

 2. Penyedia Cicilan 

Saat ini ada banyak sekali perusahaan, bank maupun start up yang menawarkan program cicilan untuk pembelian berbagai barang dan jasa. Saking banyaknya, bisa-bisa kamu salah memilih tempat cicilan yang bisa membuat kamu membayar lebih mahal dari yang seharusnya. Duh! So, sebelum pilih-pilih tempat untuk mencicil, cari dahulu info mengenai perusahaan tersebut di Google maupun sosial media apakah jasanya aman digunakan atau malah tidak. Pastikan perusahaan tersebut terdaftar secara resmi dan diawasi OJK untuk meminimalisir kemungkinan tertipu cicilan online. 


 3. Periode Cicilan 

Bank penerbit kartu kredit maupun fintech online banyak menawarkan periode cicilan untuk barang maupun jasa yang dibeli. Mulai dari 1 hingga 12 bulan. Pilihlah periode cicilan sesuai kemampuan dan gaji bulanan agar tidak menganggu keuangan kamu. Perhatikan juga syarat dan ketentuan cicilan agar semua infomrasi jelas ya. 

 4. Biaya-biaya Lain 

Ada banyak penyedia kredit cicilan untuk berbagai produk maupun jasa, tiket pesawat maupun booking hotel online misalnya. Banyak yang tepercaya, seperti PayLater dari Traveloka, namun bukan tidak mungkin ada perusahaan nakal yang seringkali memasukkan biaya-biaya lain secara gaib. Sebelum mengajukan kredit, pastikan kamu tahu betul biaya-biaya apa saja yang akan dibebankan. Jika masih ragu, tanyakan kepada perusahaan tersebut melalui emaisl maupun live chat sampai kamu benar-benar tahu biaya yang akan dibayar. 


5. Cara Pembayaran Cicilan 
Kamu juga harus tahu bagaimana mekanisme pembayaran cicilan yang harus dilakukan setelah pengajuan cicilan diterima. Apakah harus dibayar per bulan melalui transfer, atau ada Virtual Account khusus untuk pembayaran cicilan per bulan, apakah debit otomatis dari rekening per tanggal yang disepakati dan lain sebagainya. 

Pastikan untuk mengetahui hal ini dengan jelas agar tak menimbulkan masalah saat pembayaran nantinya. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya fraud, penarikan uang secara ilegal untuk cicilan yang sudah selesai dan sebagainya. Jika sudah paham hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mencicil apa pun, kamu tinggal pilih-pilih nih penyedia cicilan sesuai kebutuhan. 

Tak hanya barang elektronik, mobil maupun rumah yang bisa dicicil, liburan pun kini bisa dicicil lho! Gunakan saja PayLater dari Traveloka yang memberikan pinjaman online untuk liburan impian secara mudah, cepat dan praktis. Sudah terdaftar dan diawasi OJK, PayLater merupakan solusi pas bagi kamu yang ingin traveling namun terhalang budget yang kadang terlalu tinggi. Liburannya sekarang, cicilnya belakangan. Keren kan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal Penting yang Perlu Dipelajari Sebelum Mulai Mencicil"

Posting Komentar