Tips Agar Anak Suka Makan Sayur




Baby AE -Jika buah hati bunda susah makan sayuran, hal ini tidaklah mengejutkan. Kebanyakan anak memang tidak menyukai warna hijau, apalagi dengan sayuran yang terasa aneh di lidah mereka. Jadi bagaimana sih cara agar si buah hati mulai menyukai makan sayuran secara teratur? Nah, berikut adalah tips mudah untuk atasi anak yang susah mengkonsumsi sayur-sayuran. 




1. Perkenalkan sayuran sejak kecil 

Agar anak suka makan sayur, maka Bunda harus memperkenalkan sayuran sejak kecil kepada anak-anak, tepatnya saat mereka sudah mulai mengonsumsi MPASI. Lakukan kebiasaan menyajikan sayuran untuk anak-anak sebagai makan siang dan makan malam sampai ia mulai terbiasa hingga beranjak besar. Agar anak tidak merasa bosan, hindari memberi jenis sayuran yang itu-itu saja. Kreasikan berbagai macam sayur dalam menu makannya setiap hari. 




2. Beri contoh 

Pola makan anak biasanya mengikuti pola makan orang tuanya, Jika Bunda ingin si kecil suka mengkonsumsi sayuran, maka pastikan Bunda pun juga menyukainya. Orang tua adalah cerminan seorang anak, maka jadilah panutan yang baik untuk anak-anak di rumah. Biasanya anak-anak makan apa yang mereka ketahui dan mereka tidak akan meminta satu jenis makanan khusus jika mereka tidak mengenalinya. 





3. Ajak Anak terlibat 

Anak-anak terkadang lebih tertarik mengkonsumsi makanan jika mereka ikut berperan menyiapkan makanan itu sendiri loh. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah, Bunda bisa mencoba membawa si kecil ke pasar tradisional, untuk mengajaknya berbelanja sekaligus memperkenalkan nama-nama dan jenis sayuran. Biarkan mereka memilih satu atau beberapa sayuran yang mereka ingikan untuk dimasak. Kemudian ajak si Kecil untuk membersihkan sampai menyiapkan sayuran yang telah mereka beli di meja makan. Itu akan membuat si kecil bangga dan lebih tertarik untuk makan sayuran dan buah-buahan. Bunda juga bisa mengajak si kecil belajar menanam sayur-sayuran atau buah-buahan sendiri di rumah. Hal itu akan membuat si kecil lebih tertarik untuk mengenal dan beradaptasi dengan jenis sayuran dan buah-buahan yang akan mereka konsumsi nantinya. 



4. Beri hadiah 

Si kecil tentu akan bersemangat jika dia diberi hadiah saat mencoba satu gigitan sayuran atau buah-buahan yang tidak mereka sukai sebelumnya. Ketika hal tersebut rutin dilakukan, maka anak akan mulai terbiasa dengan rasa dan tekstur sayuran atau buah-buahan kemudian menganggap makanan tersebut adalah makanan yang sehat. Namun ada satu hal yang perlu Bunda diketahui, kesalahan terbesar yang dilakukan orang tua adalah memaksakan anak untuk mengkonsumsi makanan yang mereka tidak suka agar menjadi suka. Hindari pemaksaan terhadap anak untuk mengkonsumsi sesuatu, karena semua hal itu justru akan menimbulkan pengalaman makan yang negatif bagi si kecil. 



5. Berikan makanan dalam bentuk menarik 

Anak-anak biasanya lebih suka jika makanannya disajikan dengan bentuk-bentuk tertentu dengan warna beraneka ragam di piring atau kotak bekal mereka. Nah peran Bunda sangat penting sekali nih, Bunda bisa mencoba mengkreasikan sayur-sayuran dengan beragam warna dengan bentuk sedemikian rupa yang lucu sesuai karakter anak-anak. Si Kecil tentu akan lebih menyukai dan bersemangat untuk menyantap makanan yang bunda siapkan.

Itulah kelima tips yang saya recomendasikan untuk anak-anak yang tidak terlalu suka mengkonsumsi sayur atau buah-buahan. Mengigat kandungan fitamin dari sayur dan buah sangat berperan penting untuk tumbuh kembang anak-anak, kita sebagai orang tua harus mengusahakan agar anak mau mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, ya?

Semoga bermanfaat jangan lupa share :)

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Tips Agar Anak Suka Makan Sayur"

  1. Akan saya coba tips nya kak. Kebetulan anak saya agak susah itu, kalau disuruh makan sayur. Terima kasih tipsya

    BalasHapus
  2. Saya suka sayuran, istri saya juga suka. Namun, kenapa anak saya tidak suka ya? Dia hanya suka wortel saja. Pada hal sudah berbagai cara dicoba supaya dia suka sayuran. Namun, kalau buah hampir semua buah suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, suka atau tidaknya makan sayur kan tidak bisa kita lihat dari sisi itu saja. Mungkin dengan menerapkan cara-cara di atas, bisa merubah sedikit banyak kebiasaan si kecil yang tidak suka makan sayur :)

      Hapus
  3. Bekal makananannya cantik sekali, ia anak-anak agak sulit makan sayur emaknya kudu kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mbak, apalgi anak-anak itu gampang banget merasa bosan :)

      Hapus