Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil




Baby AE - Kehamilan merupakan hadiah yang sangat indah yang didapatkan setelah menikah. Dalam masa kehamilan, pasti orang tua, khususnya calon ibu akan memberikan asupan makanan yang terbaik. Asupan makanan tersebutlah yang menjadi sumber energi baik untuk sang ibu maupun janin. Jika ibu mendapatkan asupan makanan yang sehat, maka janinnya juga akan tumbuh dengan sehat. Untuk itu ibu hamil harus dibekali dengan pengetahuan seputar asupan makanan yang sehat untuk janinnya. Ketika hamil, makanan dan minuman yang yang dikonsumsi oleh sang ibu akan mempengaruhi kesehatan janinnya. 

Ibu hamil harus tahu pantangan saat sedang hamil termasuk dalam hal makanan. Karena tidak semua makanan itu bergizi dan sehat untuk janin. Pada masa kehamilan merupakan masa yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dalam masa pertumbuhannya. Saat kehamilan, ibu harus mengonsumsi banyak makanan namun harus tetap memperhatikan nutrisi dan kandungan dari makanan tersebut.

Apalagi jika usia kandungan masih muda yang merupakan masa rentan untuk mengalami keguguran. Dalam hal makananya termasuk dalam halnya buah-buahan, lauk-pauk, dan juga sayur-sayurannya. Selain itu ibu hamil juga harus memperhatikan 4 sehat 5 sempurna. Nah, berikut ini merupakan makanan yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. 



 1. Makanan setengah matang 

Hindari makanan yang masih dalam kondisi mentah. Makanan mentah tersebut termasuk di dalam telur mentah, kerang mentah, sashimi, sushi mentah, dan lainnya. Ibu hamil harus hati-hati dalam mengonsumsi beberapa olahan daging dan juga ikan. Untuk daging, pastikan kalian memasaknya dengan tingkat kematangan yang sempurna. Jika dagingnya masih berwarna merah muda, kalian perlu waspada karena ada kemungkinan terkandung bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi. Jika dimakan ibu hamil akan terkena infeksi dan dapat membahayakan janin yang dikandungnya.

Contoh makanan setengah mentah yang dilarang dimakan ibu hamil yaitu sushi. Sushi merupakan makanan mentah dari jepang yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan sushi masih belum steril dan masih mengandung bibit penyakit. Jika tetap mengonsumsinya, janin bisa mengalami pembengkakan cairan di kepala. Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan kepala bayi berukuran besar. 


 2. Keju 

Banyak ibu hamil yang menyangka bahwa keju sehat untuk janin karena terbuat dari susu. Ternyata hal tersebut salah, karena sebenarnya keju tidak dilakukan dipasteurisasi yang berbahaya untuk bayi. Keju tersebut ditemukan pada keju lunak yang diimpor dari luar negeri. Kalian pasti akan bertanya-tanya dipasteurisasi itu apa? Dipasteurisasi itu adalah proses di mana susu tidak dipanaskan sampai dengan 60 derajat celcius. Untuk membunuh bakteri yang ada di susu perlu proses selama 30 menit. Untuk itu ibu hamil harus selalu berhati-hati dalam memilih makanan. 


 3. Nanas 

Untuk buah yang satu ini pasti ibu hamil sudah tahu bahwa nanas merupakan pantangan untuk ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan nanas memiliki kandungan alkohol yang sangat tinggi. Rasa asam dari buah ini, pasti akan menggoda ibu hamil. Dalam medis pun sudah melarang ibu hamil mengonsumsi nanas, apalagi jika itu merupakan nanas muda.

Alasan kenapa nanas dilarang dikonsumsi ibu hamil : 
1. Nanas mengandung zat yang bernama bromelain. Zat ini akan membuat rahim menjadi lunak              sehingga tidak dapat menampung janin yang semakin lama semakin besar. Akibatnya ibu akan            mengalami keguguran. 
2. Nanas mengandung alkohol yang dapat membuat perut ibu menjadi panas. 
3. Nanas juga memiliki rasa gatal, sehingga jika tetap mengonsumsinya maka perut ibu hamil akan          merasa gatal-gatal.

Nah, semoga bisa menjadi masukan buat para ibu hamil ya? 

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil"