Bahan-Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk





Baby AE - Hewan yang satu ini kadang memang sangat mengganggu sekali, apalagi ketika kita sedang asyik tidur, tiba-tiba bunyinya nyaring sekali di telinga, atau mungkin tiba-tiba tangan anak bayi kita atau anggota tubuhnya bentol-bentol karena gigitan nyamuk saat tidur. Pasti geram sekali bukan?? Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips cara mengusir nyamuk secara alami yang terbukti ampuh dan aman. 
Mengusir nyamuk dengan bahan-bahan tradisional tentu lebih aman untuk tubuh. Selain itu bahan-bahannya sangat mudah didapatkan karena ada di sekitar kita. Bahan-bahan alami tersebut antara lain : 



 1. Daun Serai 



Kaum hawa pasti familiar dengan tanaman ini, karena memang daun serai menjadi salah satu bumbu dapur ibu-ibu di rumah. Bau tajam dari daun serai ini mampu mengusir nyamuk yang menyebalkan dan mengganggu loh, berikut langkah-langkahnya : 
  • Ambil batang serai, kemudian keringkan dan buang bagian daun yang kering, lalu bersihkan.
  • Ketika matahari mulai terbenam kira-kira jam 5 sore, mulai mengusir nyamuk dengan daun  serai ini. 
  • Seperti yang kita tahu, nyamuk mulai beraksi ketika malam hari. Kita harus mempersiapkan  semuanya sebelum para gerombolan nyamuk menyerang kita. 
  • Potong kasar batang-batang daun serai yang sudah disiapkan sebelumnya, kemudian letakkan  ke dalam wadah terbuka. 
  • Nah, selanjutnya tempatkan pada area-area tertentu yang tidak ingin didatangi nyamuk. Seperti di ruang tidur, ruang tamu, ruang makan, dan ruang santai dll.
  • Satu wadah irisan daun serai hanya untuk satu ruangan saja, jadi jika di rumah kamu ada banyak ruangan, maka siapkan wadah terbuka lebih banyak dengan irisan daun serai di dalamnya. 

 2. Kulit Jeruk Kering 



Jangan sepelekan kulit jeruk yang ada di sekitarmu, karena kulit jeruk bisa kamu gunakan sebagai obat anti nyamuk alami juga loh. Caranya cukup letakan kulit jeruk pada ruangan-ruangan yang banyak nyamuknya. Praktis dan murah sekali kan. 



Baca juga:  4 Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat

 3. Menggunakan Daun Kemangi 



Daun kemangi umumnya dipakai untuk lalapan. Namun tidak semua orang suka rasa dari daun ini. Tapi tunggu daun ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk alami loh, caranya mudah sekali, oleskan pada tangan, kaki dan area badan lain yang kalian inginkan agar nyamuk tidak berani hinggap di tubuh kalian.  


4. Mengonsumsi Bawang Putih 



Ternyata mitos kalau vampir tidak suka dengan bawang putih itu benar. Buktinya nyamuk tidak akan mendekat apalagi menggigit orang yang mengkonsumsi bawang putih. Soal aroma, anggaplah itu bonus yang penting kamu bebas dari gigitan nyamuk. 






5. Menggunakan Akar Wangi 



Tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah akar wangi. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di alam, namun bisa ditanam juga di dalam pot. Bau tanaman ini sangat tidak disukai oleh nyamuk, bahkan mereka tidak berani mendekatinya. Konon katanya, tanaman ini bisa dipakai sebagai obat pencegah demam berdarah karena aromanya yang juga tidak disukai oleh nyamuk Aedes Aegepty. 













6. Menggunakan Tanaman Geranium 



Nama Geranium pada umumnya dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia dengan julukan Tapak Dara. Nyamuk akan menghindari tanaman ini karena terdapat kandungan zat sitronelol dan geraniol di dalamnya. Kedua zat tersebut sangat mudah tertiup angin sehingga mudah menyebar ke ruang-ruang di sekitarnya. Kalian juga bisa menanamnya di luar maupun di dalam rumah. 







Demikian sederet cara mengusir nyamuk dengan bahan-bahan alami. Sebelum kamu menggunakan bahan-bahan kimia seperti spray dan obat bakar anti nyamuk yang bisa dijual di toko-toko, cobalah gunakan bahan-bahan alami seperti di atas. Efek positifnya adalah keluarga kalian akan terbebas dari hewan nyamuk serta paparan bahan kimia yang berbahaya.

Baca juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Sekian dan semoga bisa bermanfaat buat kamu, ya?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahan-Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk"

Posting Komentar