Manfaat dan Bahaya Semangka untuk Ibu Hamil





Baby AE - Semangka merupakan buah yang dapat menjadi manfaat maupun bahaya bagi ibu hamil. Jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menjadi bahaya bagi ibu maupun janinnya. Dan sebaliknya, jika dikonsumsi sewajarnya saja maka tidak akan menimbulkan keluhan penyakit tertentu.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa semangka merupakan buah yang cukup menyegarkan apalagi jika dikonsumsi saat sedang musim panas. Buah semangka sendiri merupakan tanaman yang tumbuhnya merambat. Tanaman yang satu ini berasal dari daerah asal Afrika bagian selatan. Rasa manis dan kandungan air yang melimpah membuat buah yang satu ini dijadikan sebagai sajian pencuci mulut. Apalagi jika sebelum menyajikannya diletakkan terlebih dahulu di lemari es, maka akan menambah kesegaran dari buah yang satu ini.

Akan tetapi banyaknya mitos yang beredar membuat ibu hamil enggan untuk mengonsumsinya. Hal tersebut merupakan bentuk antisipasi selama kehamilan,karena setiap ibu hamil pasti menginginkan anaknya lahir dengan kondisi yang sehat dan sempurna serta terbebas dari segala resiko yang dapat menyulitkan proses persalinan. Mengingat mitos yang beredar tersebut, semangka sebenarnya juga memiliki manfaat, antara lain:

1. Meringankan heartburn
Heartburn sendiri merupakan kondisi dimana munculnya rasa panas yang ditimbulkan disekitar dada dan juga perut. Apalagi jika sebelumnya ibu hamil tersebut mempunyai riwayat penyakit maag. Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya mudah, yaitu dengan rajin mengonsumsi semangka guna meredakan intensitas heartburn.

 2. Mengurangi rasa kram kaki
Salah satu manfaat mengonsumsi semangka yaitu dapat meredam kram kaki. Dimana kondisi ini merupakan hal umum yang sering dialami ibu hamil. Dengan mengonsumsi semangka, otot-otot akan lebih rileks dan juga nyaman.

 3. Mencegah pigmentasi 
Ibu hamil yang banyak menderita perubahan warna kulit selama masa kehamilan. Biasanya perubahan dengan berubahnya kulit pada kondisi yang lebih gelap pada area tertentu. Kondisi ini lah yang membuat tidak nyaman bagi ibu hamil karena mengurangi kecantikan tubuh dan membuat ibu kurang PD dalam penampilan. Tetapi jangan khawatir karena masalah yang satu ini bisa diatasi dengan mengonsumsi semangka. Semangka juga akan menjaga pergerakan usus halus sehingga memudahkan dalam mencerna makanan.



 4. Mengatasi morning sickness
Morning sickness sering sekali muncul pada awal tanda kehamilan. Mengonsumsi buah semangka secara teratur pada pagi hari akan memberikan efek semangat pada pagi hari. Selain itu, semangka mengandung energy dan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh,
 5. Mendukung pembentukan tulang janin 
Buah semangka kaya akan kalium, sedangkan kalium sendiri berguna untuk mempertahankan kalsium di dalam tubuh. Hal tersebutlah yang menjadikan semangka sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin dan juga memperkuat persendian pada tubuh ibu sehingga menjadi lebih kuat dan juga menjadi lebih sehat. Namun, dibalik manfaatnya yang begitu banyak jika mengonsumsi nya secara berlebihan juga dapat membahayakan janin. Nah, berikut ini bahaya mengonsumsi semangka secara berlebihan :

 1. Memperparah penyakit diabetes
Jika kalian merupakan penderita penyakit diabetes maka kalian harus membatasi mengonsumsi semangka. Kandungan glukosa dalam buah semangka ini lah yang akan memperparah penyakit diabetes kalian jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, untuk lebih amannya sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk memastikan apakah aman jika dikonsumsi.

 2. Menyebabkan tekanan darah rendah atau hipotensi 
Darah tinggi maupun darah rendah sama-sama tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu gejala yang sering muncul jika orang tersebut mengidap tekanan darah rendah yaitu ditandai dengan badan lemas, penglihatan kabur, detak jantung tak beraturan, pusing dan lainnya. Untuk itu ibu hamil tidak boleh mengonsumsi semangka secara berlebihan karena dapat mengalami hipotensi.

 3. Menyebabkan infeksi saluran gastrointestinal
Di dalam tubuh manusia terdapat saluran gastrointestinal, saluran yang satu ini merupakan saluran yang sangat vital bagi semua orang terutama ibu hamil. Saluran gastrointestinal ini merupakan saluran yang menyalurkan nutrisi untuk ibu maupun janin. Saluran ini memiliki panjang 23 sampai 26 kaki. Ibu hamil membutuhkan nutrient yang lebih bagi tubuhnya karena nutrient ini yang ada didalam tubuh ibu diserap pula oleh janin yang dikandungnya.Jadi, ketika ibu mengalami infeksi saluran gastrointestinal maka janin akan kurang kebutuhan nutrisinya.
Segala sesuatu punya kekurangan dan kelebihannya begitu pula dengan semangka. Jika mengonsumsi dengan sewajarnya saja akan mendatang manfaat namun begitu pula sebaiknya jika mengonsumsinya secara berlebihan maka akan berbahaya bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. ^^

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Manfaat dan Bahaya Semangka untuk Ibu Hamil"

  1. Wah, memang harus bijak mengkonsumsi semangka ya. Baru tau nih info ini akunyaaa huhuu kudet

    BalasHapus
  2. Ibu hamil harus hati-hati ya jangan sampai berlebihan makan semangkanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget tuh mbak, mengkonsumsi semanga secara berlebihan itu memang tidak boleh.

      Hapus
  3. Wah saya baru tahu, telat nih bacanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi gapapa mbak, setidaknya menambah pengetahuan :)
      Bisa diterapkan lain waktu.

      Hapus
  4. ternyata gak boleh banyak makan semangka ya bagi bumil yg tekanan darah rendah, bisa makin drop nanti ya. *noted*
    makasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tidak baik untuk kesehatan.
      Terimakasih kembali :)

      Hapus
  5. Pasti ada baik buruknya ya kak. tapi kalau tentang mitos, lebih baik diteliti dulu dengan banyak baca dan mencari referensi lain,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas, kita memang harus banyak-banyak mencari referensi bacaan.

      Hapus