Ciri-Ciri Campak dan Cara Mengatasinya





Baby AE - Dalam artikel saya kali ini saya ingin menjelaskan tentang penyakit campak yang sering terjangkit pada anak-anak dan bayi pada umumnya. Nama lain dari penyakit ini adalah gabagen.

Penyakit campak atau gabagen ini disebabkan oleh infeksi virus yang ditandai dengan munculnya ruam di seluruh tubuh dan sangat menular.

Hal yang paling efektif untuk mencegah terjangkitnya campak adalah dengan melakukan vaksinasi/ imunisasi campak. Imunisasi campak dapat diberikan pada bayi di atas enam bulan ya bunda.

Vaksin khusus untuk penyakit campak atu gabagen wajib diberikan pada anak dengan usia 9 bulan, 2 tahun, serta 6 tahun. Sedangkan vaksin MMR (vaksin gabungan untuk penyakit campak, gondongan, dan campak Jerman) diberikan dua kali pada umur 15 bulan dan 5 hingga 6 tahun.


Baca juga: 4 Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat


Gejala campak atau gabagen umumnya muncul dalam waktu 45 hari dari paparan virus.

Beberapa gejalanya yaitu:

 1. Demam tinggi
 2. Pilek
 3. Sakit tenggorokan
 4. Batuk kering
 5. Mata memerah dan berair
 6. Mata mengalami peradangan yang menyebabkan kelopak mata menjadi bengkak (konjungtivitis
 7. Ruam pada kulit yang berwarna cokelat kemerahan
 8. Sensitif terhadap cahaya (fotofobia)
 9. Tubuh terasa sakit atau nyeri
10. Terdapat bintik-bintik putih di sekitar mulut dan juga tenggorokan.

Ruam merah pada kulit adalah tanda utama dari campak loh, Bunda. Ruam ini dapat bertahan hingga satu minggu dan pada umumnya muncul dalam waktu 3-5 hari setelah paparan virus. Ruam campak atau gabagen biasanya berkembang di kepala, leher, dan perlahan-lahan menyebar ke bagian lainnya. Tanda-tanda ruam campak termasuk merah, gatal, dan benjolan.

Penyakit campak atau gabagen pada anak sangat mudah menular loh bunda, cara penularanya seperti kontak fisik secara langsung dengan penderita, terkena lendir dari bersin dan batuk penderita, meminum dari gelas yang sama dengan penderita, dan menggunakan benda secara bersamaan dengan penderita. Tapi jangan khawatir bunda penyakit campak atau gabagen ini bisa di sembuhkan dengan menggunakan obat-obatan alami loh.

Obat alami yang bisa menyembuhkan campak atau gabagen antara lain:

1. Lidah buaya. 


Menggunakan daun lidah buaya merupakan salah satu cara mengobati campak atau gabag dengan cepat. Sebab, lidah buaya dapat meringankan kemerahan dan peradangan pada kulit loh, Bunda. Caranya oleskan bagian daging atau pulp dari tanaman ini pada kulit yang terkena ruam untuk mengobati campak atau gabagen pada anak
2. Jus lemon. 


Jus lemon juga dapat meringankan gatal pada ruam kulit akibat penyakit campak atau gabagen loh bunda. Caranya juga sangat mudah sekali yaitu dengan memeras lemon kemudian air perasan tersebut dioleskan pada kulit yang terkena ruam. Hal tersebut bisa membuat ruam kulit lebih cepat kering.

3. Baking soda. 


Baking soda juga dipercaya dapat mengobati penyakit campak atau gabagen, caranya dengan mencampurkan baking soda dengan air untuk digunakan mandi.

Karena penyakit campak dan gabagen sering menjangkit anak-anak dan bayi. Maka dari itu, Bunda perlu tau penanganan yang tepat untuk dilakukan sendiri di rumah. Sebab, penyakit ini sebenarnya bukanlah penyakit yang terlalu serius jika ditangani dengan tepat.

Berikut ini adalah cara mengatasi gabagen pada bayi dan anak-anak di rumah:

1. Gunakan lampu yang tidak terlalu terang di kamar penderita agar tidak terlalu silau ya, Bunda.
    Sebab, anak akan menjadi sensitif terhadap cahaya.

2. Demam yang terjadi pada anak dapat meningkat hingga mencapai 40 derajat celcius loh, Bunda.          Untuk itu, kompreslah dengan air yang hangat dan hindari menyelimuti anak dengan selimut yang      tebal. Jika matanya terasa panas, maka bunda bisa mengkompresnya menggunakan air dingin.

3. Bunda perlu waspada dengan terjadinya komplikasi yang diakibatkan melemahnya daya tahan            tubuh seperti radang otak dan radang paru-paru. Jika keadaan anak tidak kunjung membaik, maka      segera periksakan anak ke dokter terdekat.

4. Berikan makanan yang bergizi tinggi ketika sudah masuk dalam tahap pemulihan ya bunda, sebab      saat terkena penyakit campak atau gabagen biasanya nafsu makan anak menjadi berkurang,                sehingga pemenuhan nutrisi dalam tubuhnyapun berkurang. Berikan cairan juga sesering mungkin      agar anak tidak dehidrasi.

5. Untuk membersihkan tubuh anak bisa dengan mengelap tubuhnya dengan air hangat. Jangan dulu      memandikannya jika suhu tubuhnya masih tinggi.

6. Untuk mengurangi gatal-gatal di tubuh anak, Bunda bisa membalurkan bedak gatal pada tubuhnya.
Nah itulah penjelasan, pencegahan dan cara mengatasi penykit campak atau gabagen pada anak. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kita semua. ^^

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Ciri-Ciri Campak dan Cara Mengatasinya"

  1. Untung sudah diimunisasi campak, jadi ndak kena campak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya :) Dari kecil harus diimunisasi ya biar tidak mudah terkena campak :)

      Hapus
  2. Lengkap banget informasinya

    BalasHapus
  3. serem ya dan dampaknya juga bahaya..pernah lihat anak yang kena campak dan kasihan banget..itulah kenapa pentingnya imunisasi campak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Imunisasi memang penting banget buat anak :)

      Hapus