5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi





Baby AE - Siapa yang tidak pernah digigit oleh nyamuk? Sudah pasti hampir semua orang pernah digigit. Nyamuk merupakan hewan yang sangat mengganggu manusia. Tidak mengenal kondisi dan situasi, nyamuk akan menggigit siapa pun. Tidak hanya orang dewasa saja yang digigit oleh nyamuk, bahkan dari anak yang baru lahir sampai orang tua pun akan digigit oleh nyamuk. Faktanya yang menggigit manusia itu hanya nyamuk betina. Nyamuk sangat suka berada di sekitar tempat yang banyak genangan air maupun tempat yang kotor. Pastikan di rumah kalian tidak terdapat genangan air yang akan menjadi “rumah” bagi si nyamuk. 

Jika kita yang digigit oleh nyamuk, kita masih bisa menghindar bahkan bisa langsung memukul nyamuknya. Namun jika bayi kita yang terkena gigitan nyamuk bagaimana? Bayi yang belum bisa berbicara bahkan menggerakan tangannya untuk memukul nyamuk. Sehingga akhirnya bayi kita akan menangis karena gatal akibat gigitan nyamuk. Ternyata yang menyebabkan gatal itu adalah air liur nyamuk yang mengandung anesthesia. Bahkan ada yang mengatakan gigitan nyamuk sangat berbahaya untuk bayi loh. Gigitan nyamuk tersebut ternyata bisa meninggalkan bekas hitam pada kulit bayi. Nah, berikut 5 cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. 

1. Oleskan gel lidah buaya 
Lidah buaya memang terkenal dengan memiliki banyak khasiat. Selain untuk menghitamkan rambut dan masih banyak lagi manfaatnya. Salah satu khasiat dari lidah buaya ialah untuk mengatasi penyakit pada kulit dengan mengambil daging atau gel yang ada di lidah buaya. Ternyata di dalam gel lidah buaya mengandung aloesin yang mempunyai sifat anti radang yang sangat baik dalam menyembuhkan luka termasuk luka pada kulit. Dengan memakai gel lidah buaya kalian bisa menghilangkan bekas gigitan nyamuk, mengatasi gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk dan juga bisa menghilangkan luka bekas digaruk. Untuk cara memakainya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan lidah buaya lalu ambil gelnya, oleskan gel tersebut pada kulit bayi yang terdapat bekas gigitan nyamuk dengan lembut karena kulit bayi masih sensitif. Lakukan saat bayi tertidur agar gelnya tidak tersenggol. Kalian juga harus tetap mengawasinya ya, karena dikhawatirkan bayi akan memakan atau menjilat gel tersebut. 

Sumber Google

 2. Gunakan kentang 
Cara alami untuk mengilangkan bekas gigitan nyamuk yaitu dengan menggunakan kulit kentang. Kentang mengandung vitamin C dan zat potassium yang dikenal sangat ampuh menghilangkan bekas luka salah satunya yaitu bekas luka akibat gigitan nyamuk. Cara untuk menggunakannya juga mudah, hanya dengan memanfaatkan kulit kentang. Caranya yaitu dengan kupas kulit kentang, lalu oleskan bagian dalam kulit kentang pada kulit yang ada bekas gigitan nyamuknya. Lakukan dengan hati-hati, sebaiknya lakukan pada malam hari saat bayi sudah tidur. Kulit kentang dapat menghilangkan bintik-bintik merah maupun bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi.



3. Menggunakan bawang merah dan putih 
Cara alami ketiga yang dapat menghilangkan bekas akibat gigitan nyamuk, yaitu dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih. Bawang merah dan bawang putih mempunyai kandungan zat anti bakteri yang dapat mengobati penyakakit kulit. Salah satunya yaitu luka merah bekas gigitan nyamuk. Cara menggunakannya juga mudah yaitu dengan siapkan bawang merah dan bawang putih satu suing saja. Kemudian kalian bisa membelah bawang merah maupun bawang putih menjadi dua bagian. Oleskan pada kulit bayi yang terkena gigitan maupun bekas luka akibat gigitan nyamuk. Oleskan secara perlahan karena kulit bayi masih sensitif. Lakukan sebanyak 2 kali sehari maka luka bekas gigitan nyamuk akan hilang. 



 4. Kulit pisang 
Selain sebagai sumber karbohidrat, pisang ternyata juga bisa mengobati luka bekas akibat gigitan nyamuk. Sama halnya seperti kentang, untuk menghilangkan bekas akibat gigitan nyamuk juga bisa dengan memanfaatkan kulitnya. Kita bahkan tidak menyadari kulit pisang yang biasanya langsung dibuang setelah memakan pisang ternyata juga bisa untuk menyembuhkan bekas gigitan nyamuk. Cara untuk memakainya juga mudah, yaitu dengan siapkan pisang yang sudah matang lalu kupas dan ambil kulitnya saja. Oleskan kulit pisang tersebut pada luka akibat gigitan nyamuk. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari agar luka cepat sembuh. 


 5. Madu 
Madu merupakan obat alami yang sangat baik untuk kulit. Dengan menggunakan madu, akan menghindari infeksi pada bekas luka akibat gigitan nyamuk. Cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu dengan ambil madu sedikit dengan menggunakan sendok. Oleskan madu tersebut pada bekas luka akibat gigitan nyamuk, tunggu sampai madu menyerap dan kering. Bersihkan sisa madu pada kulit bayi dengan menggunakan air dingin. Sebaiknya lakukan saat bayi sedang tidur. Lakukan secara terus menerus sampai bekas luka menghilang. 





Gimana? Apa kalian sudah pernah mencoba cara alami di atas? Walaupun terlihat sepele, tapi luka bekas gigitan nyamuk juga bisa membuat infeksi pada kulit bayi kalian loh. Selain itu yang terpenting ialah selalu jaga kebersihan rumah agar tidak ada nyamuk yang bersarang di rumah kalian ya ….

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi"

  1. Menggunakan madu, sepertinya lebih aman dan nyaman buat bayi. Kalau yang lainnya ya itu takut terjilat atau termakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iya, madu kan juga manis dan sehat untuk bayi ya :)

      Hapus
  2. Kulit pisang.. baru tahu mbaa. Lagi bnyk bgt nyamuk di rumah nih

    BalasHapus
  3. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus
  4. lebih suka pakai minyak telon sih aku mb. karena praktis haha

    BalasHapus
  5. Bahan alami memang pas buat bayi ya, nggak ada efek samping yang malah timbulkan masalah baru

    BalasHapus
  6. wah baru tahu nih kulit kentang dan pisang bisa buat bekas gigitan nyamuk, noted Mbak. Anak-anak nih emang paling sering digigitin nyamuk :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, anak-anak memang mudah banget digigit nyamuk bahkan sampai berbekas juga ...

      Hapus