4 Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat





Baby AE -Anak merupakan kebanggaan bagi setiap orang tua. Setelah melewati masa kehamilan sembilan bulan oleh ibu bayi, kelahiran merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Hal yang ditunggu-tunggu saat selesai melahirkan selain kondisi bayi yang sehat ialah penampilan bayi itu sendiri. Bagi orang tua yang baru, pasti akan mengupayakan segala kemampuannya untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya. Mulai dari cara merawat bayi yang baru lahir sampai dengan perawatan rambut bayi. 

Bagi orang tua, mereka pasti akan menginginkan anaknya sehat dan punya rambut yang lebat. Namun, pertumbuhan bayi berbeda-beda. Walaupun kadang tidak sesuai harapan kita yang menginginkan rambut bayi lebat dan hitam, kita sebagai orang tua harus bersyukur anak kita sehat. Saat baru dilahirkan, rambut bayi biasanya sedikit bahkan ada yang tidak mempunyai rambut sama sekali. Rambut sangat bermanfaat untuk untuk melindungi kepala bayi dari cuaca yang panas, dingin, maupun berdebu. Fungsi rambut sangat penting bagi bayi untuk melindungi kulit kepala bayi yang masih sensitif. Di masyarakat sendiri kita sering mendengar bahan-bahan alami agar rambut bayi kita lebat dan hitam. Berikut ini 4 tips agar rambut bayi tumbuh dengan lebat dan hitam : 

1. Gunakan minyak kemiri dan kelapa 
Cara yang satu ini sudah terkenal dari zaman dahulu. Kebanyakan orang akan menggunakan minyak kemiri dan kelapa untuk melebatkan rambut anaknya yang baru lahir. Bahkan tidak hanya bayi saja yang bisa menggunakannya, bahkan hampir umum orang akan menggunakan cara yang satu ini agar rambut lebih klimis. Dari zaman nenek moyang, cara ini sudah terkenal ampuh. Walaupun sederhana cara agar rambut lebat menggunakan minyak kemiri dan zaitun ini terbukti benar. Kemiri sendiri mengandung protein asam amino yang berfungsi untuk mempecepat pertumbuhan rambut. Karena itu tidak sedikit orang menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan dan memperpanjang rambut mereka. Selain itu, manfaat minyak kemiri juga untuk menjaga kelembapan kulit rambut. Sedangkan kelapa, biasanya sebagai bahan untuk membuat kondisioner setelah keramas. Kelapa sendiri berfungsi untuk menjaga rambut agar tidak kering. Minyak kelapa mengandung molekul lemak yang sifatnya mirip dengan minyak alami yang dihasilkan oelh kulit kepala. Dengan minyak kelapa ini lah rambut jadi lebih mudah diatur. 



 2. Merawat rambut dengan gel lidah buaya 
Untuk merawat bayi dengan menggunakan lidah buaya hanya bisa dilakukan saat bayi telah berusia lebih dari 3 bulan. Pada saat itu, kulit bayi sudah bersih dan tidak terlalu sensitive lagi. Gel lidah buaya ini sangat baik untuk menumbuhkan kulit bayi kerena mengandung zat aktif. Senyawa yang ada di gel lidah buaya ini sangat ampuh untuk mempercepat rambut anak agar lebih lebat dan panjang. Selain itu, gel lidah buaya juga dipercaya untuk menghitamkan rambut. Tidak semua orang mendapatkan rambut hitam asli dari lahir, bahkan ada warna rambut yang sedikit pirang dan kemerahan. Nah, dengan menggunakan gel lidah buaya dapat membuat rambut lebih berwarna hitam dan juga lebat. Menggunakan gel lidah buaya tidak hanya digunakan untuk bayi saja, bahkan lebih banyak orang dewasa yang menggunakannya.

 Baca juga : 5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi


Cara mengunakannya juga mudah dan simple saja. Cukup ambil gel dari lidah buaya lalu oleskan pada seluruh bagian rambut. Lalu bungkus rambut selama 1 jam dan bilas dengan air hangat. Bahkan bukan untuk anak kecil saja, saya sendiri juga sering menggunakan cara yang satu ini. 

 3. Gunakan sampo khusus bayi 
Sekarang ini sudah banyak tersedia sampo khusus bayi dengan segala merk produk. Produk perawatan rambut bayi sediri dirancang karena mengingat kulit bayi yang masih sensitif. Untuk itu bagi para ibu harus teliti dalam memilih sampo untuk perawatan rambut bayi. Pastikan juga produk tersebut aman untuk kulit sensitif bagi kita. Dengan begitu, maka rambut bayi akan menjadi sehat dan lebat juga. Pilihlah sampo bayi yang sudah dipercaya masyarakat luas untuk dalam merawat rambut kulit kepala dan rambut. Saya sendiri juga hati-hati dalam memilih sampo, terkadang ada sampo yang tidak cocok untuk kulit bayi kita. Jadi, saya selalu pastikan bahwa produk tersebut telah banyak digunakan oleh para orangtua dan telah terbukti khasiatnya.

 4. Gunakan daun seledri 
Daun seledri yang biasanya digunakan untuk sebagai sayuran ternyata juga ampuh untuk melebatkan rambut. Banyak para ibu yang menggunakan bahan alami yang satu ini untuk melebatkan rambut si kecil. Daun seledri mengandung lemak, kalsium, vitamin A B dan C yang sangat baik untuk merawat rambut bayi kita. Walaupun cara ini tradisional, banyak ibu yang menggunakannya untuk melebatkan rambut si kecil.Ternyata daun seledri sendiri tidak menimbulkan efek samping loh. Selain itu cara menggunakan daun seledri sendiri cukup mudah.


Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan daun seledri, setelah itu oleskan pada bayi kita yang telah dicukur rambutnya. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. 

Nah, itu merupakan 4 Tips agar rambut bayi tumbuh lebat. Sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut pastikan cocok dan aman untuk bayi kita ya …

all photo by Google

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "4 Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat"

  1. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus
  2. Manfaat daun seledri menebalkan rambut pernah aku dengar infonya, kak tapi .. bener ngga sih katanya daun seledri itu bikin rambut tumbuh jadi keriting ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau membuat rambut jadi lebat sih aku pernah dengar, tapi kalau bikin rambut jadi keriting belum pernah dengar mas. Lagi pula kan salah satu manfaat dari daun seledri untuk meluruskan rambut :)

      Hapus
  3. Waktu masih kecil saya juga dipakein lidah buaya sama mami, makannya skrg lebat bgt rambutnya hiihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe saya juga mba :) Anak anak saya juga saya pakaikan lidah buaya alhasil rambutnya sekarang lumayan lebat :)

      Hapus