10 Hal yang Dilarang Dalam Merawat Bayi




Baby AE - Dalam merawat bayi, kita tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan bahaya pada bayi. Kita sebagai orang tua harus selalu mengawasi dan menjaga bayi kita agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Kita harus memberikan makanan yang bergizi dan bervitamin agar bayi tumbuh dengan baik. Jika kita teliti, ada banyak hal dilarang saat kita merawat bayi. 

Apalagi sebagai orang tua baru, banyak hal yang tidak diketahui. Kita terkadang sebagai tidak terlalu mengindahkan larangan-larangan tersebut, akibatnya bayi yang merasakan akibatnya. Berikut ini 10 larangan saat sedang merawat bayi : 

1. Mengguncangkan bayi 
Dalam hal ini mengguncangkan bayi merupakan hal yang sangat berbahaya. Namun, biasanya orang yang ingin anaknya tertawa akan melakukannya. Dengan mengguncangkan bayi, maka akan membahayakan otak bayi bahkan sampai kematian. Jadi untuk para orang tua, jangan suka mengguncangkan bayi karena itu berbahaya. 

Sumber Google

 2. Membedaki area seputar mr.v 
Hal ini yang sering kebanyakan orang tua lakukan. Bagi bayi perempuan, Setelah mandi biasanya orang tua akan menaburkan bedak pada area v. Sebenarnya, tindakan ini dianggap kurang tepat karena mengenai area vagina dan akan mengotorinya, akibatnya akan menimbulkan infeksi saluran kencing. 


 3. Membersihkan putih-putih pada lidah. 
Putih-putih pada lidah bayi disebabkan karena sisa minum ASI ataupun susu formula. Saat membersihkannya jangan menggunakan sikat dan juga jangan menggosoknya dengan kuat. Tapi dapat dilakukan dengan kain kasa atau pakai telunjuk tangan. Dengan menggunakan sikat akan merusak permukaan lidah bayi. Ingat, saat melakukannya harus pelan-pelan ya, karena jika terlalu keras dapat melukai dan membuat bayi menjadi tidak nyaman. 

Sumber Google



 4. Menggunakan sarung tangan
Sarung tangan biasanya digunakan untuk menghangatkan bayi sekaligus menjaga agar kuku-kuku panjang bayi tidak melukai wajah bayi. Namun pada umur lebih dari 1 bulan, bayi tidak perlu memakai sarung tangan lagi. Pada saat itu bayi sudah dapat mengontrol suhu tubuhnya. Dengan selalu memakai sarung tangan, maka akan menghambat tumbuh kembangnya. Jika kuku bayi panjang, ibu dapat memotong kuku dengan menggunakan potong kuku yang khusus untuk bayi. 
Sumber Google

 5. Melilitkan gurita terlalu kencang. 
Banyak yang menganggap kalau mengikatkan gurita dengan kencang akan membuat perut bayi menjadi kempis dan tidak buncit. Dengan memakaikan bayi gurita yang terlalu kencang akan membuat bayi sesak dan menghambat perkembangan pertumbuhan organ sekitar rongga dada dan perut. Mungkin kita sebagai orang tua tidak tahu apa yang dirasakan bayi, apalagi jika bayi yang baru lahir mereka hanya akan menangis saat merasa sakit. Kasihankan jika bayi kita merasa sesak nafas namun kita malah tidak tahu. 

Sumber Google

 6. Memberikan pisang dan nasi 
Saat bayi berumur kurang dari 6 bulan, ibu tidak boleh memberikan bayi nasi, pisang ataupun makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Sistem pencernaan bayi masih belum sempurna dan hanya bisa meneriam air susu. Perlu diketahui, bahwa usus bayi belum memiliki enzim yang dapat mencerna karbohidrat yang tinggi. Jika kita memberikan makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi, maka akan membuat sumbatan pada usus atau diare yang berlebihan pada bayi. 

Sumber Google

 7. Menjemur bayi langsung di bawah sinar matahari. 
Beberapa orang tua akan mengganggap bahwa bayi perlu asupan vitamin D untuk memperkuat tulang-tulangnya dan perkembangan fisiknya. Namun, bukan berarti orang tua harus menjemurkan bayinya langsung di bawah sinar matahari. Sebenarnya, orang tua dapat menjemur bayinya diteras atau halaman yang mendapatkan cukup bias cahaya mataharinya saja. Waktu menjemurnya juga tidak perlu terlalu lama, cukup 10-15 menit saja. 
Baca Juga :7 CARA MENIDURKAN BAYI
Sumber Google

 8. Jangan memberikan popok bayi secara terus-menerus 
Dengan memberikan popok bayi secara terus-menerus, akan menimbulkan ruam pada sekitar alat kelaminnya. Ruam yang dialami bayi akan menyebabkan bayi rewel dan gelisah karena merasa tidak nyaman. Pastikan popok bayi selalu kering ya ....

Sumber Google

 9. Jangan memberikan minyak penghangat secara berlebihan
Orang tua biasanya akan memberikan minyak penghangat pada bayi agar tidak kedinginan. Dengan memberikan minyak penghangat secara berlebihan pada kulit bayi yang lembut dan sensitif akan menimbulkan iritasi pada bayi. Nah, jika sudah iritasi, bayi akan merasa tidak nyaman dan akan rewel terus. 

Sumber Google

 10. Memberikan bayi air putih 
Banyak orang tua khususnya ibu yang mengabaikan larangan memberikan bayi air putih. Mereka menganggap pemberian air putih merupakan hal yang wajar. Jangan sesekali, memberikan bayi air putih dengan menggunakan sendok saat bayi menginjak usia sebelum 6 bulan. Bayi tidak membutuhkan makanan apapun termasuk air putih kecuali ASI. Organ bayi belum dapat menerima asupan apa pun termasuk air putih. 

Sumber Google

Nah, itu beberapa larangan saat kita sedang merawat bayi yang baru lahir demi menjaga keselamatan, keamanan, dan kesehatannya. Kita sebagai orang tua harus selalu hati-hati dalam merawat agar bayi tumbuh dengan baik dan sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Hal yang Dilarang Dalam Merawat Bayi"

Posting Komentar