10 Kebutuhan Bayi Baru Lahir




Baby AE - Seorang ibu yang mengandung selama 9 bulan pasti tidak sabar menunggu kelahiran bayinya. Apalagi jika itu merupakan pengalaman pertamanya. Sakit setelah melahirkan akan berkurang saat ibu mendengar tangisan bayinya. Mempersiapkan peralatan bayi merupakan hal yang wajib dipersiapkan. Apalagi jika kita tidak tinggal bersama orang tua. Otomatis kita harus mempersiapkan semuanya sendiri. Sebelum melahirkan biasanya kita akan mencicil satu per satu kebutuhan untuk bayi. Ketika kandungan sudah menginjak usia 7 bulan, kita dapat mengetahui jenis kelamin sang bayi. Sehinggga, dapat lebih mudah menentukan kebutuhan apa yang harus dipersiapkan. 

Dulu, saya saat hamil anak pertama dan kedua juga mempersiapkan barang-barang ini, tapi sayangnya banyak yang kurang karena belum tahu barang apa saja yang perlu dibeli. Setelah hamil anak ketiga, saya jadi mengerti barang apa saja yang perlu dibeli. Apalagi dulu masih ada bekas pakaian kakak-kakak si calon bayi yang masih bisa dipakai. 

Berikut ini 10 kebutuhan pokok bayi yang harus disiapkan sebelum kelahiran.

1. Popok bayi 
Popok bayi dapat berfungsi sebagai celana. Kita akan sering mengganti popok saat bayi selesai buang air. Biasanya, bayi akan buang air sekitar 2 jam sekali. Untuk memilih popok bayi, kita juga harus hati-hati. Gunakan popok yang lembut dan mudah terserap air. Untuk menjaga stok popok, Anda dapat membeli sebanyak 2 lusin. Selain popok bayi, Anda juga dapat menggunakan pampers sebagai gantinya. Namun, terlalu sering menggunakan diaper juga tidak boleh, karena dapat menimbulkan iritasi pada sang bayi. Ya kan sayang banget kalau si kecil sampai kena ruam popok karena kita malas mencuci dan mengganti popok. Si kecil jadi tidak nyaman karena ada ruam di sekitar alat kelaminnya. 
Sumber Google


2. Kain bedong 
Untuk yang satu ini pasti Anda tidak akan lupa untuk membelinya. Kain bedong berfungsi untuk membungkus bayi agar tetap hangat. Untuk penggunaan bedong juga tidak boleh asal-asalan. Saat membedong bayi, tidak boleh terlalu kecang atau ketat. Beri sedikit ruang gerak pada bayi. Jika terlalu ketat, akan membahayakan saat perkembangan tubuh bayi. Namun saat cuaca panas, sebaiknya bedong tidak digunakan agar bayi tidak kepanasan. Bedong ini saya jarang membeli, soalnya jarang dipakai dan si adik dapat lungsuran dari kakaknya. Hehehe 
Sumber Google

3. Baju dan celana bayi 
Baju dan celana bayi juga harus disiapkan orang tua bayi. Anda dapat membeli celana atau baju yang khusus untuk bayi. Namun, sebenarnya untuk pakaian bayi laki-laki maupun perempuan tidak jauh bedanya. Mungkin yang membedakan hanya modelnya saja. Saat kandungan menginjak usia 7 bulan, Anda akan dapat mengetahui jenis kelaminnya. Itu akan memudahkan Anda memilih model pakaian sesuai dengan gendernya. Tapi jangan terlalu banyak membeli baju dengan ukuran kecil karena bayi akan dengan cepat tumbuh besar. Biasanya saya membeli baju yang ukurannya lebih besar agar bisa dipakai agak lama. 

Sumber Google

4. Kelambu bayi 
Kelambu akan melindungi bayi dari gigitan nyamuk. Gunakan kelambu yang kuat agar tidak mudah roboh. Untuk ibu yang tinggal di daerah yang banyak nyamuknya, kelabu merupakan hal pokok yang harus dipunyai. Agar nyamuk tidak masuk ke dalam kelambu, pastikan tidak ada bagian yang sobek. Untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya Anda menggunakan kelambu yang polos saja tanpa ada mainannya. Sekarang juga sudah ada kelambu bayi yang satu ukuran dengan tempat tidur, jadi seperti camp begitu. Bisa dipakai untuk satu keluarga, tergantung ukuran kasurnya. 

Sumber Google


5. Minyak telon bayi 
Minyak telon biasanya digunakan agar bayi tidak kedinginan setelah selesai mandi. Gunakan minyak telon yang aman untuk bayi agar tidak menimbulkan alergi. Untuk membuat bayi tetap hangat, Anda dapat menggosok bagian perut dan dadanya menggunakan minyak telon yang aman.Sekarang ini,sudah banyak sekali merek minyak telon. Jadi, sebaiknya pilihlah minyak telon yang sudah banyak dipakai. Selain itu pastikan juga minyak telon yang Anda pakai sudah dijamin keamanannya. Jangan lupa cek tanggal kadaluarsa. 

Sumber Google

6. Kain kasa, tisu kering, tisu basah, dan kapas steril 
Tisu basah dapat dibawa ke mana-mana saja. Saat musim dingin, bayi tidak perlu dimandikan. Anda cukup mengelap tubuhnya dengan tisu basah saja. Untuk kain kasa dan kapas steril, Anda dapat menggunakannya untuk merawat bekas luka pada tali pusar bayi. Pastikan menggunakan bahan-bahan yang aman dan cocok untuk bayi Anda. 

Sumber Google

7. Sabun dan sampo bayi 
Sabun dan sampo bayi juga harus Anda persiapkan. Gunakan sampo dan sabun yang khusus untuk bayi. Untuk sampo bayi, gunakan sampo yang tidak pedih mata. Belilah sampo dan sabun bayi yang kaya akan vitamin, sehingga dapat melembutkan kulit bayi dan mempercepat pertumbuhan rambutnya. Untuk kebutuhan yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang sudah banyak tersedia berbagai macam merek sampo dan sabun yang mengandung banyak vitamin untuk bayi. Ada juga yang satu paket sabun, sampo, dan bedak bayi. Untuk memandikan bayi Anda, pastikan tidak mengenai matanya ya …. 
Oh iya, sekarang juga sudah ada topi keramas bayi yang bisa menahan air agar tidak mengenai wajahnya. 
Sumber Google


8. Topi bayi 


Topi berfungsi saat bayi dibawa keluar agar terlindung dari sengatan cahaya matahari. Pilihlah topi yang berbahan lembut dan dapat menutupi kepala dan telinganya. Pastikan topi yang Anda berikan membuat nyaman bayi.Untuk topi bayi, pastikan kalian membelinya jangan terlalu besar maupun kecil. Karena topi yang kebesaran atau kekecilan akan membuat bayi jadi tidak nyaman. Saat ini banyak topi lucu yang bisa kita jadikan pilihan,ada juga topi yang gabung dengan pakaian. 
Sumber Google

9. Perlak bayi 
Peralatan yang satu ini wajib disiapkan menjelang hari kelahiran. Perlak berfungsi sebagai alas tempat tidur agar kasur bayi tidak mudah kotor atau basah saat buang air. Gunakan perlak bayi yang berkualitas baik untuk menjaga permukaannya tetap kering. Anda juga harus selalu periksa keadaan perlak basah atau tetap kering, untuk mencegah bayi terkena masuk angin. Perlak bayi biasanya hanya dipakai beberapa waktu saja, jadi saya biasanya menggunakan perlak bayi bekas dari kakak-kakak si calon bayi. Walaupun bekas, pastikan perlaknya masih dalam kondisi yang bagus ya… 

Sumber Google

10. Alkohol 
Alkohol di sini berfungsi untuk perawatan tali pusar bayi. Gunakan alkohol 70% untuk membersihkan luka saat mengganti perban tali pusar agar tidak infeksi dan terbebas dari kuman.Untuk alkohol, belilah alkohol khusus bayi dan pastinya harus aman buat bayi. 

Sumber Google

Gimana? Untuk ibu hamil apa sudah mempersiapkan semua peralatannya? Jika belum, pastikan untuk mencicil satu per satu agar tidak kerepotan saat hari kelahiran ya …. 
Saya sudah mulai mempersiapkannya juga lho untuk calon anak yang ketiga ini.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "10 Kebutuhan Bayi Baru Lahir"

  1. Satu satu nya yang waktu itu aku beli tapi ternyata tak berguna ya perlak ^^’ lupa kalau pakai popok malah beli perlak eh jadinya ga kepakai

    BalasHapus
  2. Baca-baca ini jadi pengen punya bayi lagi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh, tambah anak tambah rezeky mbak:) hahaha

      Hapus
  3. Bisa jadi rekomemdasi nih kalo bingung cari hadiah tmn baru lahiran

    BalasHapus
  4. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up! from http://halloweendayusa2018.com/

    BalasHapus
  5. 2017 lalu pas lahiran anak ketiga, alkhohol sudah tidak direkomendasikan dokter atau bidan. Tapi kalau mau sedia siaga welcome,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba:) Kadang juga masih banyak orang tua yang masih menggunakan alkohol:)

      Hapus