10 Hal Wajib Diketahui Orang Tua Baru




Baby AE -Bagi orang tua, anaknya adalah hal yang terpenting. Apalagi bagi orang tua yang baru memiliki seorang bayi. Mereka akan berhati-hati, baik dari segi makanan maupun kesehatannya. Bayi yang baru lahir biasanya lebih sensitif dan perlu perhatian yang lebih apa lagi jika bayi tersebut prematur. Sebelum melahirkan, orang tua terutama ibu sudah memperhatikan apa saja yang akan dilakukan. Berikut ini 10 hal yang wajib diketahui orang tua yang baru memiliki seorang bayi.

 1. Makanan pertama bayi 
Tidak hanya orang tua saja yang perlu untuk diberi energi, bayi ternyata juga membutuhkan energi . Untuk memberikan energi pada bayi, maka bayi juga harus diberi makanan. Pasti untuk seorang ibu yang baru memiliki bayi, bingung apa yang akan diberikan pada bayi. Sebenarnya makanan bayi sederhana yaitu ASI. ASI merupakan singkatan dari Air Susu Ibu. Memberikan ASI kepada bayi merupakan sumber gizi yang terbaik bagi seorang bayi. Saat selesai melahirkan, tubuh ibu memproduksi kolostrum yang banyak. Kolostrum ini sangat baik bayi seorang bayi agar tidak mudah terkena infeksi. Namun, juga banyak ibu yang tidak dapat memberikan ASI kepada bayinya, sehingga hanya bisa memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Bayi disarankan hanya meminum ASI dari 0-6 bulan.
Sumber Google

 2. Bayi berkomunikasi dengan cara menangis 
Untuk orang tua baru, tidak perlu khawatir jika bayi sering menangis. Menangis merupakan cara bayi berkomunikasi. Berjalannya waktu, Anda akan dapat mengetahui bayi menangis karena lapar, ngantuk, atau marah. Hal yang paling tepat saat bayi menangis ialah menggendongnya. Dengan digendong, bayi akan merasa lebih nyaman. Namun, saat menggendong bayi diharapkan tidak terlalu keras karena dapat mengganggu saluran pernafasannya. 

Sumber Google

3. Mengganti popok bayi 


Bayi biasanya sering membuang air, baik air besar maupun kecil. Umumnya popok bayi diganti sebanyak 10 kali dalam sehari. Kita memang harus sering mengganti popoknya agar bayi tersebut tidak terkena infeksi. Biasanya muncul ruam saat bayi menggunakan popok. Kondisi tersebut dikarenakan kulit bayi yang masih sensitif. Namun, jika ruam tersebut tidak kunjung hilang atau kondisinya semakin memburuk selama lebih dari tiga hari, segera bawa bayi Anda ke dokter untuk diperiksa. Bisa jadi ruam tersebut disebabkan oleh jamur. 
Sumber Google

 4. Merawat tali pusar bayi 
Sebenarnya tali pusar akan cepat lepas jika sudah kering. Pada umumnya, tali pusar akan lepas dalam waktu dua minggu. Untuk itu, saat memandikan bayi jangan terlalu basah. Jika terlalu basah, maka tali pusar akan lama lepasnya. Lagi pula, bayi tidak terlalu kotor. Jadi kita hanya perlu mengusapnya dengan kain basah.
Sumber Google


 5. Ubun-ubun yang lunak 
Biasanya orang tua takut menyentuh ubun-ubun bayi karena masih dalam keadaan yang lunak. Sebenarnya ubun-ubun yang lunak merupakan hal yang biasa pada bayi yang baru lahir. Ubun-ubun merupakan bagian yang sensitif karena berhubungan dengan pembuluh darah. Ubun-ubun yang lunaklah yang membantu bayi bergerak keluar melalui saluran kelahiran. Bertambahnya usia bayi, maka tempurung kepalanya akan keras. Untuk itu, jangan terlalu menekannya terlalu keras.
Sumber Google


 6. Kulit bayi yang kering 
Selama di kandungan, bayi dikelilingi oleh lapisan vernix yang melindunginya. Karena itu, jangan heran jika kulit bayi menjadi kering. Tidak sedikit kulit bayi yang terkelupas. Namun untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan lotion bayi yang tidak menimbulkan alergi pada bayi anda. Kulit bayi akan mengelupas sela 1-3 minggu. Hal menunjukkan pematangan sistem pada kulit bayi. 

Sumber Google

 7. Fases yang lunak 
Bayi yang baru lahir akan mengeluarkan fases yang lunak bahkan encer. Itu dikarenakan bayi hanya mengonsumsi cairan saja seperti ASI. Jadi untuk orang tua baru, tidak perlu khawatir jika bayi Anda mengeluarkan fases yang lunak. Bahkan tidak sedikit ada bayi yang jarang buang air.

Sumber Google

 8. Sering mengalami cegukan 
Bayi memang sering mengalami cegukan. Itu dikarenakan komunikasi antar otak dan diafragma bayi belum sempurna. Sebenarnya Anda tidak perlu khawair jika bayi cegukan karena ini tidaklah berbahaya.
Sumber Google

 9. Membersihkan mata bayi 
Mata bayi biasanya sering belekan. Untuk membersihkannya kita perlu berhati-hati. Kita juga harus menggunakan bahan-bahan yang steril. Untuk membersihkan mata bayi yang belekan, orang tua dapat membasuhnya menggunakan kapas steril yang dibasahi air matang.

Sumber Google

 10. Kuku bayi yang panjang
Bayi yang baru lahir memiliki kuku yang panjang. Untuk menghindari luka akibat kuku, sebaiknya kuku bayi dipotong secara berkala menggunakan potong kuku yang khusus untuk bayi. Namun untuk mencegah kuku-kuku bayi tersebut membahayakannya, kita dapat memakaikan sarung tangan. Jika masih dalam pengawasan, sebaiknya tidak perlu diberi sarung tangan karena tangan bayi akan mengembang.
Sumber Google


 Nah, itu 10 tips yang harus diketahui oleh orang tua yang baru memiliki bayi. Kita sebagai orang tua perlu berhati-hati dalam merawat bayi agar bayi dapat tumbuh dengan sehat.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "10 Hal Wajib Diketahui Orang Tua Baru"

  1. Semuanya ini bikin deg-dega mengurusnya waktu bayi baru lahir ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, kita was-was takut melakukan kesalahan:)

      Hapus
  2. Terima kasih buat informasinya, nanti kalau sudah nikah mampir ke sini lagi haha

    BalasHapus
  3. Bermanfaat semua ini Mba,memang benar. Merawat bayi itu perlu ilmunya :)

    BalasHapus