9 Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak






Baby AE - Saat buah hati susah untuk makan atau istilahnya mogok makan, siapa yang risau? Orang tua sudah tentu. Anak-anak memang terkadan sulit untuk makan, mungkin karena nafsu makannya yang bermasalah atau ada hal lainnya. Ada berbagai penyebab yang membuat si kecil susah makan , biasanya terjadi saat memasuki usia tahun pertama. 

Biasanya menolak makanan karena tidak mau sayur-sayuran. Kondisini ini sangat mengkhawatirkan sang ibu atau orang tua apalagi kekhawatiran tentang kekurangan asupan gizi dalam masa perkembangan anak.

Simak yuk beberapa tips untuk meningkatkan nafsu makan pada anak :
Source : Halosehat

1. Menyajikan makanan dalam porsi kecil. 
Karena lambung si kecil tidak mampu menampung makanan dengan porsi banyak. Hindari memberikan porsi makan yang terlalu banyak. Dengan makanan porsi sedikit mungkin membuat sikecil tidak malas makan. Dalam porsi kecil tetapi dalam makanan tersebut mencakup makanan yang bergizi. Dalam porsi tersebut haruslah terdapat kandungan protein, sayuran dan karbohidrat. 

 2. Buat Berbagai variasi Makanan. 
Bisa saja buah hati Anda sedang bosan dengan menu makanan yang biasa ia konsumsi. Cobalah untuk lebih variatif dalam menyajikan menu makanan untuk si buah hati. Misalkan kalau hari ini lauknya ada telur, besoknya bisa diganti ayam atau tempe yang sama-sama mengandung protein di dalamnya. Mungkin dengan lauk yang bervariasi tiap harinya, si kecil tidak akan bosan dan lahap dalam makannya. 

Source : vemale.com

 3. Sajikan Makanan Yang Menarik. 
Supaya sang anak tertarik untuk makan, maka sajikan menu makanan yang tampilannya sangat menarik mungkin. Anak-anak itu suka dengan sesuatu yang menarik dan lucu. Cobalah menyajikan makanan dalam bentuk-bentuk lucu yang mereka sukai. Contohnya mencetak nasi dengan berbagai bentuk cetakan seperti teddy bear, kupu-kupu, bunga dan lain-lain. Atau telur yang dibuat mata sapi dan ditambahi dengan hiasan yang menarik di tepi makanan. 

 4. Buat Kondisi Makanan yang Menyenangkan. 
 Sering kali orang tua mengancam atau menakuti sang kecil supaya mau makan. Terlalu sering member anca,an pada anak akan memberikan kesan kepada si kecil bahwa kegiatan makan adalah hal yang tidak menyenangka. Sehingga bisa menimbulkan trauma jika mengingat tentang makanan. Dibandingkan member ancaman agar anak mau makan, lebih baik orang tua memberikan nasehat atau beberapa cerita yang berhubungan dengan makanan. Seperti nanti kalau tidak mau makan maka mereka akan sakit. Biasanya anak-anak takut dalam kondisi sakit, karena mereka jadi tidak bisa bermain. Atau hal terburuknya mereka harus berhadapan dengan obat dan dokter. Biasanya cara ini cukup efektif lho. 


Source : vemale.com

 5. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan. 
 Jangan hanya menyuruh anak untuk makan lalu dibiarkan sendirian. Ajak anak untuk makan bersama. Anak-anak menyukai suasana yang hangat. Jika mereka senang maka dengan sendirinya mereka akan menyukai kegiatan makan. Karena dirasa saat makan mereka jadi punya kedekatan dengan keluarganya. 

 6. Atur jadwal makan yang teratur. 
 Orangtua sebaiknya menyiapkan jadwal untuk makan suaya sang anak bisa kebiasaan makan yang teratur. Jika mereka mempunyai jadwal untuk makan maka dengan berjalannya waktu, anak-anak akan terbiasa makan untuk tepat pada waktunya. 

 7. Jangan berikan camilan saat mendekati jam makan. 
 Biasanya yang membuat anak-anak tidak mau makan karena perutnya kenyang terlebih dahulu oleh camilan atau snack. Jadi lebih baik biarkan mereka makan terlebih dahulu di jamnya tanpa ada selingan snack. Apalagi memberikan snack ber-msg yang biasanya membuat anak jadi tidak nafsu makan. Saya sarankan untuk tidak sama sekali. Kalau memang mau memberikan camilan untuk anak-anak, berikan camilan sehat dan itupun setelah mereka selesai jam makannya. 

 8. Ajak anak berolahraga. 
 Buatlah sang kecil tubuhnya aktif bergerak, saat anak berolahraga detak jantungnya akan meningkat. Membuat pembakaran kalori did lm tubuh. Sehingga dapat membuat nafsu makannya meningkat lho.Selain itu dengan rajin olahraga maka tubuh anak jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit yaa. ^^ 

 9. Beri vitamin penambah nafsu makan. 
 Cara terakhir untuk menumbuhkan nafsu makan anak-anak adalah dengan memberikan vitamin. Sekarang ini sudah banyak jenis vitamin penambah nafsu makan. Dengan rasa dan juga varian yang berbeda. Ada yang dalam bentuk sirup, kapsul manis seperti permen, bahkan ada juga dalam bentuk serbuk yang bisa dicampur dengan makanan mereka. Nah tinggal pilih saja yang terbaik buat anak-anak. 

Sepertinya sudah banyak tips yang bisa saya berikan untuk membantu menambah nafsu makan anak. Semoga tips ini bermanfaat buat para orangtua yang sedang bermasalah dengan anaknya yang mogok makan. ^^

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "9 Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak"

  1. saya banget nih Mbak, butuh tips2 gini..
    dulu si Kakak malas makan, tapi sekarang udah mulai doyan, kadang malah dia sendiri yang minta makan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, kalau bentuk makanannya lucu biasanya lebih menarik perhatian si anak ;)

      Hapus