Cacar Air, Gejala dan Cara Mengobatinya





Baby AE - Cacar air atau orang biasa menyebut cangkrangen. Penyakit ini biasa menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun. Hal ini karena daya tahan tubuh pada anak-anak masih tergolong belum kuat dan rentang akan terkena virus. Virus yang menyebabkan cacar air adalah  varicella zoster.


Cacar air memang kebanyakan menyerang anak-anak. Tapi, tak menutup kemungkinan menyerang orang dewasa pula. Pada kebanyakan kasus, cacar air pada orang dewasa menimbulkan gejala yang lebih serius dari cacar air yang di alami oleh anak-anak.
Umumnya penyakit ini mempunyai gejala yang khusus. Jadi ketahuilah sejak dini jika anak Anda, Anda sendiri ataupun orang di sekitar mengalami gejala sebagai berikut sudah dipastikan bahawa itu adalah  cacar air.

1.      Demam

2.     Sakit kepala

3.     Nafsu makan berkurang

4.     Timbul ruam atau bintil-bintil berisi cairan di tubuh


Namun beberapa orang bisa mengalami gejala yang berbeda-beda. Tapi, gejala yang khas ditimbulkan oleh penyakit ini adalah terdapat ruam yang bisa berubah jadi bintil-bintil berisi cairan di tubuh. Bentil-bentil pada cacar air biasanya terasa gatal dan panas pada sebagian orang. Jika di garuk akan berubah menjadi koreng berwarna hitam dan akan menimbulkan bekas luka.

Bagian tubuh yang bisa di tumbuhi bintil-bintil cacar air adalah bagian perut, belakang telinga, dada, lengan, kepala, atau sebagian bisa tumbuh pada wajah. Bentil-bentil ini akan mongering dan terkelupas dalam kurun waktu satu sampai dua mingguan.

Oleh karena itu bagi Anda atau orang di sekitar jika mengalami gejala seperti di atas, segeralah berobat ke dokter untuk mendapat penangan yang tepat. Untuk mengurangi gejalanya bertambah parah Anda bisa mandi menggunakan air hangat. Jangan menggunakan air dingin. Juga hindari angin-anginan yang bisa membuat cacar air makin parah. Gunakan baju hangat dan tetaplah di dalam rumah.

Metode Pengobatan Cacar Air


Cacar air sebenarnya bisa sembuh sendiri selama beberapa hari. Jadi tidak ada pengobatan khusus untuk mengobati penyakit ini. Namun,pengobatan biasanya dilakukan untuk mengurangi gejalanya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan.



1.     Banyak minum air

Untuk menghindari dehidrasi pada penderita cacar air, sebaiknya perbanyak dalam mengonsumsi air minum.

2.     Jauhi makanan asin

Sebaiknya jangan makan makanan asin . Karena makanan asin akan menyebabkan rasa gatal pada cacar air semakin parah.

3.     Jangan menggaruk bintil

Bagi penderita cacar air, sebaikya jangan menggaruk bintil-bintil di sekujur tubuh. Hal ini dikarenakan, jka cairan di dalam bintil pecah akan menyebar pada sekujur tubuh.

4.      Gunakan pakaian yang berbahan lembut

Untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit. Gunakan baju berbahan dasar kain yang lembut. Seperti kain bahan katun yang longgar, jangan menyikas tubuh dengan baju yang terlalu ketat.

5.      Hindari angin

Sebaikya tetaplah di dalam rumah jika sedang sakit cacar air. Karena angin di luar rumah tidaklah baik bagi tubuh. Bisa saja angin di lur rumah terdapat virus dan bakteri yang makin memperparah cacar air.

6.      Gunakan salep dan obat pereda sakit

Jika gejala di rasa cukup parah, sebaiknya pergilah ke dokter agar di berikan obat untuk meringankan gejala cacar air. Biasanya dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan salep agar bintil-bintil cepat mengering.

Mencegah agar tidak tertular cacar air

Biasanya, pada balita sudah di berikan vaksinasi agar tidak tertular oleh cacar air. Untuk orang dewasa bisa pula mendapatkan vaksin cacar air agar tidak tertular penyakit ini.

Karena penularan cacar air tergolong cepat dan mudah, bisa melalui udara dan kontak fisik. Sebaiknya isolasi penderita cacar agar tidak sampai meulari anggota keluarga lain. Jauhkan penderita cacar air dari tempat umum seperti sekolah, kantor dan area bermain. Sebaiknya tetap di dalam rumah selama cacar air belum benar-benar sembuh.
Semoga artike ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. ^^ 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cacar Air, Gejala dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar