Seputar Bantal Menyusui yang Harus Diketahui




Baby AE - Ketika melahirkan, banyak yang harus dipersiapkan untuk menyambut kehadiran bayi. Dari mulai pakaian bayi, box, bantal bayi, dan masih banyak peralatan lain yang perlu dipersiapkan. Bahkan ketika proses menyusui, diperlukan pula persiapan yang matang. Menyusui secara langsung atau breast feeding adalah hal yang biasa dilakukan oleh ibu-ibu usai melahirkan. Kendala yang biasa ditemui adalah bagaimana menentukan posisi yang nyaman ketika akan menyusui. Posisi yang nyaman akan sangat berpengaruh terhadap Ibu dan bayi. Agar tidak lelah menopang kepala bayi, lebih baik gunakan bantal menyusui agar lebih nyaman ketika menyusui.

Ketika melakukan kegiatan menyusui. Sangat perlu untuk membuat diri sendiri maupun bayi merasa nyaman. Posisi yang nyaman pada sang Ibu akan menghindari puting susu lecet akibat banyaknya pergerakan pada bayi. Selain itu, produksi susu akan jauh lebih melimpah ketika dalam posisi nyaman. Adanya penyangga juga menghindari pinggul dan leher terasa pegal-pegal.


Sejak zaman dahulu, orang-orang juga menggunakan penopang ketika menyusui bayi. Hal itu dilakukan agar tangan sang Ibu tidak lelah mengangkat kepala bayi untuk sejajar dengan payudara. Karena belum adanya bantal untuk menyusui. Maka orang-orang dahulu biasa menggunakan batu untuk mengganjal kepala bayi. Seiring berjalannya waktu, banyak yang memproduksi barang-barang perlengkapan bayi. Salah satunya adalah bantal yang difungsikan untuk mengganjal bayi agar mudah dan tidak lelah ketika menyusui.

Dulunya perlengkapan bayi baru lahir seperti bantal menyusui dijual hanya berbentuk seperti bantal leher dengan model seperti huruf U. Tetapi, bantal dengan bentuk ini memiliki kelemahan, yaitu terlalu lembut, membuat posisi bayi mudah bergeser, sang Ibu akan mudah pegal karena tidak ada penyangga di bagian belakang punggung bayi. Dengan alasan ini, model bantal baru banyak di produksi dengan kualitas yang baik, serta jauh lebih nyaman ketika digunakan.


Model bantal breast feeding bentuk gendong ini adalah salah satu bantal yang memiliki desain mudah digunakan, cukup lingkarkan pada bagian tubuh Anda dan kunci di bagian samping. Kunci itu akan aman digunakan karena terkunci dengan rapat dan baik. Model bantal ini juga berbentuk datar, sehingga bayi tidak akan mudah tergelincir. Selain itu, terdapat saku untuk menyimpan perlengkapan bayi, seperti minyak telon, kain lap, atau barang-barang kecil lainnya.

Selain model di atas. Ada lagi mode lainnya yaitu model bantal breast feeding dengan safety belt. Bantal jenis ini memiliki kegunaan yang banyak bagi bayi dan juga sang Ibu:

  • Membantu dalam proses menyusui, karena bayi tidak perlu digendong, tidak perlu membungkuk, dan tidak menimbulkan pegal pada tangan.
  • Proses menyusui terasa nyaman, dan ASI lancar.
  • Dapat digunakan sebagai penopang bayi ketika tidur.
  • Membantu ibu hamil, sebagai penopang di bagian punggung.
  • Sebagai penopang ketika bayi belajar duduk.
  • Memberikan kenyamanan bagi ibu dan bayi ketika perjalanan menggunakan mobil.
  • Bayi dapat tidur nyaman dengan ditopang menggunakan bantal ini.

Hal-hal yang patut di perhatikan ketika memilih jenis bantal menyusui yang akan menunjang kenyamanan Anda dan buah hati Anda ketika proses menyusui adalah memilih bahan yang enak dan berkualitas. Karena bahan yang kasar dan keras tidak akan memberikan kenyamanan pada sang bayi. Maka dari itu, ini merupakan salah satu faktor yang penting untuk memilih perlengkapan bayi baru lahir yang sesuai. Selain bahan, pilih yang memiliki fungsi banyak dari segi keamanan dan kenyamanan.


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Seputar Bantal Menyusui yang Harus Diketahui"

  1. Waktu saya punya bayi, belum hapal yang beginian neh. Akhirnya kalau menyusui pake bantal biasa aja. Asyik juga ya punya bantal menyusui, jadi lebih nyaman.

    BalasHapus
  2. bantal menyusui ini helping banget nih buat nyusuin

    BalasHapus
  3. Bantal begini membuat nyaman ibu dan bayi nih. Udah gitu, lucu-lucu banget, aku juga jadi pengen punya. :)

    BalasHapus
  4. Waktu menyusui dulu, saya belum mengenal bantal menyusui. Alat bantunya ya bantal yang tinggi. Kalau sedang malas dan salah posisi, puting jadi lecet. Hiks.... enak ya, para ibu sekarang...

    BalasHapus