Ketika Asma Dibully Anak Guru




Anisa AE - Orang tua mana yang bisa sabar menghadapi pembullyan di hadapannya sendiri? Itu yang terjadi pada saya beberapa minggu ini. Bayangkan, anak saya dibully di depan mata. Sakit ....

Oke, mungkin sebagian orang menganggap hal ini terlalu lebay. Termasuk ibu dari si tukang bully. Tapi tidak bagi saya. Pembullyan seperti ini akan sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya, sifat-sifatnya pun akan ikut seperti tukang bully tersebut. Entah orang tua tukang bully ini sadar atau tidak.

Beberapa hari ini libur sekolah, Asma tentu saja tidak mempunyai teman di rumah. Datanglah tukang bully yang umurnya 3 tahun di atas Asma tersebut ke rumah. Dia mengajak Asma bermain. Tentu sebagai ibu, saya senang. Artinya Asma punya teman.

Tapi lama-lama saya menemukan hal yang janggal. Sangat janggal. Asma jadi berani membantah saya, berani memajukan bibir saat saya marah, berani berbohong, bahkan sampai berani mengambil uang di  atas meja ketika akan digunakan untuk membayar buku. Well, ini sudah benar-benar keterlaluan.

Memang saya masih mendiamkannya ketika masuk dalam kategori wajar. Saat Asma harus mengalah ketika baju dan sandal barunya dipakai oleh si tukang bully, yang jelas kekecilan ketika dia pakai. Saat si tukang bully membisiki Asma buat membuka kue Lebaran yang saya jual, padahal kue itu pedas, dan Asma tidak suka pedas. Saat si tukang bully memakai sepeda mini dan Asma tak boleh memakainya. Saat si tukang bully mengajak Asma untuk mengambil parfum dan kosmetik dari lemari, lalu memakainya. Semua terjadi di depan mata saya selama berhari-hari. Bayangkan betapa sakitnya hati saya saat itu. Apalagi dulu saya juga sering dibully.

Ketika dia bilang, "Awas kamu kalo gak mau temenan sama aku! Tak laporkan ke ibuku, biar tidak dibelikan baju ma Ibu!"

Saya pikir, oh anak-anak. Mungkin cuma hal biasa agar diajak bermain bersama.

Namun hal berbeda ketika Asma berkata pada saya, "Bun, si x biar nginep di sini, ya? Besok dia belikan baju baru, ya?"

Saya kaget. Menginap di rumah saya, terus saya yang belikan baju dia? Enak saja. Uang dari mana coba untuk membelikan baju dia? Wong baju lebaran Asma saja hanya saya belikan satu, lainnya dibelikan Tante Putri dan Tante Nur. Itu pun Asma sangat memaksa saya. 

Ketika saya tanya Bunda dapat uang dari mana, Asma malah menjawab, "Bunda kan kerja! Masa' gak punya uang?"

Terus terang, saya makin kaget. Padahal beberapa minggu yang lalu, Asma saya beri pengertian bahwa tidak usah membeli baju baru, uangnya untuk membayar masuk sekolah TK. Asma juga menjawab hal itu pada si tukang bully yang bertanya, "Kamu beli baju berapa buat Lebaran? Bajuku lho bagus-bagus. Aku punya baju manten, punya baju peri, bla bla bla!"

Sumpah, saya stres dibuatnya. Bingung antara mengusir si tukang bully yang akan berujung pada pertengkaran antar orang tua jika si bully itu melaporkan pada orang tuanya. Atau membiarkan mereka bermain dengan Asma yang selalu dibully dan mengajarkan hal tidak baik.

Sampai hari ini terjadi, uang 100 ribu raib di atas meja. Padahal uang itu akan dipakai Bidin untuk membayar ongkir buku di JNE. Dia saja kelabakan mencari uang tersebut, padahal baru saja saya letakkan di atas meja. Saya jelas kelabakan, apalagi membayangkan jika uang tersebut hilang.
Tak pernah ada di pikiran bahwa Asma akan mengambil uang tersebut, karena Asma tahu bahwa uang yang dipakai buat beli jajan adalah yang berwarna biru dan hijau (seribu dan dua ribu), saya tak pernah mengajarkan tentang uang yang lebih dari itu. Kalau Asma mendapat uang yang berbeda, dia akan meminta izin pada saya dan minta saran ditabung atau buat jajan.

Namun, saya langsung mencari Asma ke toko jajan langganan, feeling mengatakan bahwa uang itu diambil oleh Asma atas hasutan si tukang bully. Hasilnya benar. Asma membawa dua jajan dengan uang seratus ribu wutuh di genggamannya. Si bully langsung lari ke rumahnya ketika melihat saya menghampiri dengan wajah marah.

Saya kembali ke rumah dengan menyeret Asma. Ini sudah keterlaluan. Seperti pencuri saja. Kalau sejak kecil sudah begini, bagaimana nantinya? Saya langsung mengambil uang kecil dan menuju toko tempat Asma mengambil jajan. Di sana penjualnya bercerita tentang kronologis bagaimana Asma dan tukang bully itu membeli jajan. Semua karena tukang bully.

Sungguh saya gregetan, habis sudah kesabaran. Tanpa pikir panjang langsung ngomong ke nenek si tukang bully yang saat itu ada di depan rumahnya. Jelas saja neneknya membela mati-matian, berkata bahwa dia di rumah. Tanpa banyak omong, saya langsung suruh tanya sendiri ke penjual jajan.  

Saya pun BBM ibu dari tukang bully yang seorang guru dan menceritakan semuanya. Semua kelakuan anaknya di rumah saya. Terang sebagai ibu, dia membela anaknya, padahal saya tahu bahwa ibu tersebut sering di luar rumah dan si tukang bully diasuh neneknya. Saya suruh tanya juga ke penjual jajan.

Tak berapa lama, ibu tukang bully itu BBM saya, katanya si anak tidak mengaku, padahal sudah dipukul habis-habisan sampai kayu patah. Gila! Apa itu pantas dilakukan oleh seorang ibu? Padahal dia adalah guru TK dan baru saja lulus S1. Ya, walaupun saya tak mendapati suara tangis tukang bully itu dari rumah, padahal rumah kami nempel plek.

Saya pun memberi tahu bahwa tukang bully itu kurang kasih sayang dan perhatian, tapi saya malah dibilang kemeroh. Hufts, jadi ingat dulu saat kecil kami main bersama, bahkan Al-Quran terjemahan saya dipinjam belum dikembalikan selama bertahun-tahun. Dari zaman sekolah dulu sampai saat ini.

Terang teman saya itu tidak terima saya mengatakan yang sebenarnya. Apalagi hal-hal buruk tentang anaknya. Mana ada ibu yang rela jika anaknya dijelek-jelekin di depannya? Sepertinya banyak ibu yang suka kalau anaknya dibagus-bagusin saja. Oh no. Tapi itu bukan tipe saya.

Saya tahu bagaimana salah, tapi tidak ada yang memberitahu. Hasilnya, banyak teman yang menjauh. Karena sayang, saya tak ingin hal itu terjadi pada anak teman saya. Apalagi tidak hanya saya yang tahu bahwa dia tukang bully, tapi para tetangga juga. Sayangnya tak ada yang mengatakan itu pada keluarganya. Miris.

Saya hanya kasihan bagaimana mental si tukang bully tanpa perhatian yang benar dari orang tuanya. Orang tua yang tak mau menerima kritik dari orang lain, pun tak mau belajar. Padahal teman saya itu paling suka mengkritik saya. 

Masih teringat di otak ketika saya membuang sampah di tempat sampah dan dia bilang bahwa saya tak boleh membuang sampah di tempat sampahnya. Apalagi di belakang rumahnya masih banyak sampah yang belum ditaruh di tempat sampah depan. Ketika saya tanya Ibu, Ibu berkata bahwa tempat sampah itu dibeli oleh Ibu, bukan keluarganya dia. Ingin sekali saya marah, tapi apa gunanya?

Ah, sepertinya Ramadhan ini adalah ujian besar bagi keluarga saya.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ketika Asma Dibully Anak Guru"

  1. Begituh hidup tertetangga ya, mbak Anisa. Ada yang baik, ada juga yang ngga baik. Tapi kita harus tegas apalagi meyangkut perilaku anak-anak. Mbak Anisa sudah benar ngomong langsung ke ibu dan nenek anak itu, apapun yang terjadi kita tetap berada di jalur yang benar.

    Tapi yakin deh mbak, Allah tidak akan menguji hambanya diluar batas kemampuannya. Artinya mbak Anisa pasti bisa melewati hal ini. Semoga Asma akan kembali menjadi anak yang baik seperti semula ya, aamiin :)

    BalasHapus