5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memandikan Bayi



Baby AE - Memiliki seorang anak merupakan kebahagian yang amat besar bagi pasangan yang sudah menikah. Peralatan saat akan menyambut bayi akan dipersiapkan teliti oleh calon orang tua, apalagi jika itu merupakan pengalaman pertama kalinya. Peralatan bayi pun beragam mulai dari pakaian, tempat tidur sampai dengan alat-alat untuk memandikannya. Keseruan tersendiri bagi orang tua saat memandikan anaknya. Tapi juga merupakan hal yang mendebarkan karena perlu ekstra hati-hati.

Memandikan bayi juga bukan merupakan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika bayi tersebut baru lahir dan kulitnya sangat sensitif. Tidak hanya hati-hati saja, ketelitian juga diperlukan dari membeli bahan-bahan untuk memandikannya. Kecerobohan sedikit saja akan dapat membahayakan si bayi. Untuk itu, tidak sedikit orang tua yang memandikan bayinya dengan dibantu oleh orang yang berpengalaman. Dengan begitu Anda akan mengurangi risiko saat memandikan bayi.

Untuk itu, Anda harus tahu apa saja yang harus diperhatikan saat memandikan bayi. Nah, berikut ini 5 hal yang perlu diperhatikan saat memandikan bayi. 


1. Tidak lama-lama memandikan 
Hal pertama yang harus diperhatikan saat sedang memandikan bayi adalah jarang terlalu lama memandikan bayi. Biasanya, orang tua baru terlalu hati-hati sehingga terlalu lama memandikan bayinya. Jadi jangan terlalu lama saat memandikannya, karena secara bertahap dengan bertambahnya usia bayi, waktu bayi mandi akan diperpanjang sampai batas maksimal 10 menit.

Kadar lemak yang ada dalam tubuh bayi rendah, sehingga bayi akan mudah dingin. Pastikan juga saat memandikannya, menggunakan air hangat. Agar bayi tidak rewel saat Anda memandikannya, sebaiknya sediakan mainan untuk menemaninya saat sedang mandi. Anda juga harus sering
mengganti handuk agar tidak terjadi iritasi yang dapat menyebabkan ruam pada bagian tubuhnya.

Ternyata dampak jika memandikan bayi lama-lama bisa berbahaya juga loh. Bayi akan mengalami Hiportemia. Hiportemia merupakan gangguan medis di dalam tubuh sehingga menyebabkan penurunan suhu kurang dari 36,5 derajat celcius. Jika ini terjadi pada bayi, maka suhu bayi akan, menurun dan menyebabkan bayi menjadi lemas, kulit mengeras dan denyut jantung akan melemah. Bahaya bukan?



2. Jangan memandikan bayi setiap hari 
Mungkin ada sebagian orang tua terlalu mementingkan kebersihan bayinya, sehingga setiap hari memandikannya. Sebenarnya jika Anda terlalu sering memandikannya, kulit bayi akan lebih mudah kering. Tubuh bayi juga tidak terlalu kotor, jadi tidak perlu sering memandikannya. Anda cukup memandikannya satu kali sehari sudah cukup.

Anda juga bisa memandikannya cukup dengan handuk basah dan lap tubuhnya dengan menggunakan itu. Saat umur bayi telah bertambah dan sudah besar, Anda dapat memandikannya 2 kali sehari. Para ahli kesehatan bahkan menyebutkan bahwa bayi tidak perlu dimandikan setiap hari, bayi cukup dilap saja pada bagian-bagian tubuhnya yang penting saja. Bayi dapat dimandikan 3-4 kali dalam seminggu. 



3. Menggunakan sabun dan sampo khusus bayi 
Memandikan bayi wajib menggunakan produk yang khusus untuk bayi. Sabun dan sampo bayi harus lembut untuk kulit bayi. Produk-produknya harus aman untuk bayi mengingat kulitnya yang masih sensitif sehingga akan membuat kulit bayi iritasi. Tidak hanya kulit bayi saja yang perlu diperhatikan, mata bayi juga harus diperhatikan karena bagian mata lebih lembut dari bagian kulitnya. Jadi pastikan untuk memilih produk sampo dan sabun khusus bayi yang terbukti aman dan terpecaya. 



4. Perhatikan selangkangan bayi 
Saat memandikan bayi, berikan perhatian khusus pada area yang ditutupi oleh popok. Anda dapat membersihkannya saat bagian paling akhir saja, karena agar kuman tidak menyebar ke seluruh tubuhnya. Bagian dalam popok bayi inilah yang paling sensitif. Tidak sedikit kasus bayi yang mengalami ruam pada bagian kelaminnya dikarenakan iritasi. Iritasi tersebutlah yang membuat bayi Anda menjadi rewel. 



5. Perhatikan kondisi bak mandi 
Anda harus berhati-hati, selalu bersihkan bak bayi juga penting. Bak bayi yang licin akan membuat akan rawan membuat bayi terjatuh bahkan terbentur. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi itu, kalian dapat menggunakan baby bath helper. Baby bath helper adalah tempat tidur bayi yang bisa dipasang pada bak mandi, bath helper mempunyai 4 sisi yang dapat dijepitkan pada bak mandi bayi. Jepitan tersebut sangatlah kuat dan aman untuk bayi Anda saat sedang mandi. Anda juga harus memperhatikan airnya, jangan sampai air masuk telingan dan hidung bayi Anda. 

Memperhatikan hal-hal yang dianggap sepele seperti saat sedang memandikan bayi sangatlah penting. Demi keselamatan dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Semoga tips di atas bisa membantu para orang tua agar lebih berhati-hati dalam merawat dan membesarkan bayi. ^^

Source all pictures Google

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memandikan Bayi"

  1. Jadi nggak boleh mandiin bayi tiap hari yah.. waaah dulu aku mandiin bocah tiap hari sik wkkwk Alhamdulillah ga kenapa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah mba, mungkin daya tahan tubuh tiap anak berbeda-beda ya :)

      Hapus