Mitos bayi dan ibu hamil





Baby AE -Untuk mitos, jika anda percaya atau tidak adanya tidak terlalu masalah. Namun, di daerah yang kental akan kebudayaan seperti jawa, warganya akan mematuhi mitos tersebut benar atau tidaknya demi menjaga keselamatan dan kesehatan bayinya. Mungkin sebagian orang tidak terlalu peduli dengan mitos yang berkembang dimasyarakat kita, padahal ada beberapa mitos yang benar adanya. Mitos itu sendiri dibuat demi untuk melindungi bayi agar selalu selamat dan sehat. Benar tidaknya mitos itu sendiri tergantung pada kepercayaan masing-masing orang. Di zaman dahulu orang sangat percaya adanya mitos-mitos tersebut.Berikut ini beberapa mitos bayi dan ibu hamil : 

1. Tidak boleh memotong kuku sebelum usia 40 hari. 
Fakta : Salah 
Hal ini dikatakan tidak tepat karena, kuku bayi akan panjang sehigga dapat melukai wajah bayi. Bahkan jika sampai mengenai mata, kan merusak kornea matanya. Larangan ini mungkin disebabkan karena kekhawatiran orang tua terhadap kulit bayinya yang masih halus dan sensitif. Sebaikya saat memotong kuku bayi menggunakan potong kuku yang khusus untuk bayi. 

Sumber Google


2. Bayi usia seminggu diberi makan nasi atau pisang. 
Fakta : Salah
Usus bayi belum memiliki enzim yang dapat mencerna makanan. Akibatnya bayi akan mengalami sembelit atau diare yang berlebihan. Saat usianya 6 bulan bayi dapat diberi bubur tim. Mungkin banyak orang tua yang masih melakukannya sampai sekarang ini, ingat… usus bayi masih lunak dan belum memilki enzim untuk mencerna makanan itu dan sebaiknya berikan ASI saja pada bayi, agar lebih aman. 



3. Hidung ditarik agar mancung 
Fakta : Salah 
Mitos ini masih berkembang sampai saat ini di masyarakat. Sebenarnya,tidak ada hubungannya dengan menarik hidung akan membuat bayi menjadi mancung. Mancung tidaknya bayi tergantung pada tulang hidungnya. Hidung seseorang yang mancung tergantung pada garis keturunannya. Jadi, meskipun hidung bayi ditarik-tarik kalau dari keturunannya tidak mancung, yah tetep tidak mancung. Hahahh :D  



4. Bayi jangan diajak keluar saat magrib karena akan diganggu “penunggu” rumah 
Fakta : sebenarnya bukan karena nanti akan diganggu oleh “penunggu” rumah , tapi karena suhu saat matahari tenggelam akan meningkat termasuk kelembaban udara dan perubahan tekanan udara. Akibatnya bayi akan rewel karena perubahan suhu dan butuh waktu untuk menyesuaikan dirinya. 


5. Bawang dicampur minyak untuk menurunkan panas 
Fakta : Benar 
Secara ilmiah, hal ini benar karena bawang mengeluarkan minyak dan dapat meresap panas. Bawang juga dikenal sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan demam. 




6. Upacara menginjak tanah saat usia 6-7 bulan. 
Fakta : Benar Secara ilmiah pun tidak dinyatakan salah karena pada usia ini pas untuk reflex menapak bayi. Nah, pada usia 6-7 bulan saraf bayi ini tumbuh bersamaan dengan struktur otak untuk keseimbangan posisi berdiri. Jadi jika kalian mau melakukannya, tidak apa-apa karena tidak membahayakan bayi juga … 

Sumber surya




 7. Ibu hamil dan suaminya dilarang membunuh binatang karena anaknya nanti cacat 
Fakta : Salah 
Tentu saja tidak demikian, cacat janin disebabkan karena suatu penyakit, kekurangan gizi, keturunan atau pengaruh radiasi. Sedangkan gugurnya janin, disebabkan karena suatu penyakit, atau gerakan ekstrim yang dilakukan ibu seperti benturan yang keras. Namun, harus diingat juga bahwa membunuh binatang ataupun menganiaya binatang tidak dibenarkan. 



 8. Ibu hamil tidak boleh keluar rumah karena banyak roh jahat yang berkeliaran. 
Fakta : Secara psikologis, ibu hamil mentalnya sangat sensitif dan akan mengalami rasa takut sehingga berpergian pada malam hari tidak dianjurkan. Berpergian pada malam hari, akan membahayakan kondisi ibu dan janin karena suhu atmosfer tidak bersahabat disebabkan banyaknya pengendapan karbon dioksida. 



 9. Ibu hamil dilarang melilitkan handuk dileher, agar anaknya tidak terlilit tali pusar 
Fakta : Salah 
Tidak ada hubungannya kalau melilitkan handuk di leher akan membuat janin juga terlilit tali pusar. Janin yang terlilit tali pusar disebabkan karena ibu bayi terlalu aktif sehingga bayi menjadi hyperaktif. 



10. Di sekitar tempat tidur bayi harus diletakkan peniti, jarum dan gunting agar tidak diganggu makluk halus 
Fakta : Salah 
Ini hanyalah mitos orang zaman dahulu. Sebenarnya kita tidak dianjurkan meletakkan barang-barang tersebut, karena jika mengenai bayi maka akan berbahaya. Apalagi jika bayi sudah dapat memegang benda. Jadi, jika ingin tetap melakukannya pastikan benda-benda tersebut berada jauh dari jangkauan bayi ya … 



 11. Menempelkan uang logam di pusar bayi 
Fakta : Mitos ini cukup berbahaya jika dilakukan. Dengan melakukan mitos ini dikhawatirkan bayi akan terkena infeksi. Pusar bayi harus senantiasa kering dan bersih, jangan sampai benda kotor ditempelkan pada tali pusar bayi. Mungkin kita berfikir bahwa logam itu bersih, namun sebenarnya logam yang kita pakai itu sangat kotor. Sehingga bakteri akan masuk kedalam tubuh bayi dengan mudah. 



Gimana? Apa kalian percaya pada mitos-mitos zaman dahulu. Percaya atau tidak itu tergantung pada diri sendiri. Jika kita percaya dan meyakininya tidak masalah, asalkan tidak membahayakan ibu dan bayi ya …

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mitos bayi dan ibu hamil"

  1. Mitos2 ini jika dipercayai oleh awam bisa meresahkan tentunya.
    Sebaiknya ibu hamil dibekali dengan ilmu bermanfaat ya? Seperti talkshow dan workshop gitu

    BalasHapus