5 Cara Mengobati Demam pada Bayi




Baby AE - Setiap orang tua pasti khawatir jika anaknya terkena demam. Apalagi jika demam tersebut tidak kunjung sembuh. Kita pasti akan mencari cara untuk menurunkan demamnya, baik pergi ke dokter atau membeli obat alternatif lainnya. Demam sendiri merupakan keadaan di mana suhu tubuh seseorang yang lebih tinggi dibandingkan keadaan normal. Terkadang demam biasa dialami anak-anak jika dalam masa pertumbuhan. Sebenarnya kita tidak perlu panik dan demam bisa diobati di rumah saja tanpa harus pergi kedokter. 

Demam biasanya dapat terjadi karena efek dari imunisasi. Demam bisa dianggap sebagai bukti kekebalan tubuhnya berjalan dengan baik. Selain itu, demam juga dapat diartikan bahwa tubuhnya terserang bakteri yang masuk kedalam tubuhnya. Biasanya bayi akan terkena demam pada malam hari atau ketika dia bangun tidur.Berikut ini 5 cara mengobati demam pada bayi : 

1. Mengompres dengan air hangat 
Cara yang satu ini pasti dilakukan orang tua kepada anaknya yang terkena demam. Mengompres dengan air hangat merupakan cara yang simple dan efektif yang dapat dilakukan. Selain itu, dengan mengompres menggunakan air hangat akan menurunkan resiko kejang-kejang pada bayi dibandingkan menggunakan air dingin. Dokter spesialis anak mengatakan bahwa, mengompres anak yang sedang demam menggunakan air dingin atau es justru dapat meningkatkan suhu tubuhnya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengompres yaitu sekitar 15 menit. Sebenarnya meletakkan kompres pada kening atau kepala anak bukanlah solusi yang tepat. Saat anak demam, cara yang efektif yaitu dengan meletakkan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat di lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak atau daerah paha. 

Sumber Google

2. Memandikan dengan menggunakan air hangat 
Banyak orang tua yang khawatir jika memandikan anaknya yang sedang demam. Namun sebenarnya, memandikan anak saat dia sedang demam dapat menghilangkan kuman-kuman yang menempel pada tubuhnya dan dapat menyebabkan penyakit lain muncul. Bila anak Anda berusia kurang dari satu tahun, mencoba cara yang satu ini merupakan hal yang paling tepat dilakukan. Jangan memandikannya menggunakan air dingin, pastikan Anda menggunakan air yang tidak terlalu panas untuk bayi Anda. Dengan memandikannya menggunakan air yang hangat, maka sistem pernapasannya menjadi lancar dan tubuhnya menjadi rilex. 
Baca Juga :10 Hal Wajib Diketahui Orang Tua Baru
Sumber Google


3. Berikan ASI yang secukupnya 
Demam dapat menyebabkan bayi Anda mengalami dehidrasi. Untuk menghidari bayi Anda mengalami dehidrasi, memberikan ASI merupakan cara yang tepat dilakukan ibu. Jika ibu menghasilkan banyak ASI, sebaiknya berikan secukupnya kepada bayi Anda agar tidak kehausan. Dan jika ibu tidak menghasilkan ASI, Anda dapat memberikannya susu formula atau air putih secukupnya. Selain itu Anda juga harus tahu ciri-ciri bayi Anda terkena dehidrasi sehingga Anda dapat mengantisipasi agar bayi tidak mengalaminya. Beberapa ciri-ciri bayi yang terkena dehidrasi yaitu rewel, tidak aktif seperti biasanya, ubun-ubun bayi menyusut, jumlah air mata ketika menangis sedikit, dan popok dalam keadaan kering walaupun sudah berjam-jam. 

Sumber Google

4. Menggunakan tanaman obat penurun panas 
Seledri merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaatnya. Salah satu manfaat air seledri yaitu dapat menurunkan demam anak dan membuat anak Anda tidur dengan nyenyak. Daun seledri dapat diiris tipis-tipis, lalu direbus dengan air panas, dan diambil sarinya untuk diminum. 
Selain daun seledri, tanaman obat yang dapat menurunkan panas yaitu daun Jarak. Daun Jarak sudah dikenal sejak Zaman penjajahan sebagai tanaman obat untuk menurunkan panas. Daun Jarak mengandung phenol dan alkhol alami yang dapat menurunkan panas. Cara menggunakannya yaitu oleskan daun Jarak dengan minyak kelapa lalu panggang selama beberapa menit lalu tempelkan di dahi atau bagian tubuh lainnya. 
Baca Juga :9 Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak
Sumber Google


5. Mengolesi Bawang Merah 
Bawang merah merupakan bahan yang dapat digunakan untuk menurunkan panas. Bawang merah dapat dihaluskan, lalu dicampur dengan minyak gosok. Pijatkan pada tubuh anak Anda pada bagian dada, perut dan punggung. Bawang merah ternyata memilki kemampuan menyebarkan pembuluh darah. Bawang Merah yang dicampurkan dengan minyak gosok dapat memberikan keringat dan mengurangi rasa kembung pada anak Anda. 
Sumber Google


Nah, itu 5 cara mengobati demam pada anak. Jadi, kalau anak Anda demam tidak perlu khawatir. Lakukan saja beberapa tips yang saya berikan, semoga demam anak Anda dapat turun tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal ya ….

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Cara Mengobati Demam pada Bayi"