Cara Agar Bayi Cepat Berjalan




Baby AE - Untuk kalian para ibu-ibu yang ingin bayi kalian cepat berjalan, biasanya bayi akan mengalimi proses berjalan pada saat usia 5 sampai 16 bulan. Tetapi terkadang anak mempunyai fase pertumbuhan yang berbeda-beda, jadi jangan berkecil hati jika anak bunda masih belum bisa berjalan d usianya yang sudah seharusnya. 

Tetap berpikir positif dan terus latih anak agar cepat berjalan. Kali ini saya akan membahas tips tentang cara agar bayi cepat berjalan diusia yang seharusnya. 
 1. Belajar duduk sendiri dalam keadaan tegap dan benar (usia 5-7 bulan) 

Sebelum duduk, biasanya bayi akan melewati fase tengkurap. 
Selanjutnya bayi akan bisa duduk tegap dan merangkak. Duduk adalah fase pertama yang harus dikuasai bayi sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. 


Cara melatihnya kita bisa mendudukkan bayi pada kereta dorong atau tempat duduk bayi yang memiliki sanggahan. Duduk tegap merupakan salah satu langkah dan latihan untuk memperkuat otot bayi untuk belajar berdiri, kalian juga bisa melatihnya dengan duajak bermain supaya bayi akan tetap aktif. 

 2. Belajar mengangkat tubuh dan merangkak (usia 7-11 bulan)

Sebelum menginjak usia berjalan. Bayi harus melewati fase merangkak terlebih dahulu. Dalam hal merangkak bayi kalian akan melatih keseimbangn tangan dan kaki agar bisa kuat dalam waktu yang sama, hal ini juga merupakan tahap awal untuk berlatih berjalan. Sebagai orangtua yang baik, yang harus kalian lakukan adalah menyemangati bayi kalian agar tetap aktif belajar merangkak cepat berjalan. 



Biasanya bisa diberi stimulasi berupa mainan. Tempatkan mainan agak jauh dari bayi, buatlah bayi tergerak untuk merangkak mengambil mainnannya sendiri. Jangan dibantu mengambilkan, agar bayi mempunyai inisiatif untuk merangkak. 

Baca juga : 7 CARA MENIDURKAN BAYI

 3. Belajar berdiri dengan bantuan benda (usia 8 bulan)

Pada usia ini bayi kalian akan tambah semakin kuat di bandingkan sebelumnya, dan akan mampu untuk berdiri dengan cara merangkak berpeganggan tangan pada dinding. Biarkan bayi melakukan hal tersebut asalkan tidak membahayakan. Yang paling penting adalah kita tetap melatih bayi agar semangat untuk cepat berjalan. Baby walker bisa menjadi alat bantu agar bayi cepat berjalan.


Istilah lainnya dititah, dengan cara ini bayi akan semakin cepat untuk berjalan. Itulah tips yang bisa saya bagikan untuk melatih bayi cepat berjalan. 
Anak mempunyai kelebihan masing-masing, jangan pernah bandingkan pertumbuhan dan perkembangan satu anak dengan anak lainnya. Yang harus dilakukan adalah tetap menyemangati dan melatih anak agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik.

All photo source from google.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara Agar Bayi Cepat Berjalan"

  1. Nanti deh kalo punya anak baru sering-sering main ke sini, heheheh.

    BalasHapus
  2. Baby Ae lucu-lucu, huum aku juga pakai babywalker. jadi cepat jalan. Walau anak pastinya beda-beda. anak kedua nggak pakai tapi cepat juga jalannya.

    BalasHapus
  3. Dulu usia setahun, anak pertamaku blm jalan..sementara tetangga sudah...aku mbingungi mba...akhirnya 13 bln jalan.

    Anak ke2..15 bln br jalan, krn alya gendut bngt pas bayi.

    Jadi bener, setiap anak punya tahapan motorik sendiri2...yang penting masih dalam batas wajar

    BalasHapus
  4. pengalamanku dulu, pas anak pertama jarang aku gendong lebih cepat berjalan daripada adiknya yang lebih banyak digendong sama nanny-nya...

    BalasHapus
  5. yuups, bener banget tuh tiap anak emang tumbuh kembangnya berbeda, ceritanya berbeda pula.
    Si Kakak waktu itu bisa jalan umur 14bulan, ini Adek kayaknya bakalan cepat, InsyaAllah. sekarang udah gemess banget dia pengen berdiri dan jalan sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,tumbuh kembang anak itu memang beda-beda ...

      Hapus