7 CARA MENIDURKAN BAYI




Baby AE - Sebagian ibu muda pasti pernah mengalami sulitnya menidurkan bayi. Apalagi yang baru pertama kali mempunyai seorang anak. Menidurkan bayi ini bisa dibilang gampang-gampang susah yaa. 
Gampang kalau si bayi pas mode gak rewel. Kalau pas rewel nih yang agak susah, hehehe. Saya ingin berbagi sedikit tips untuk menidurkan bayi nih. Siapa tahu ada dari kita yang butuh tips ini, hehe. Baca sampai habis yaa. 

Source : morungexpress.com

1. Berikan ASI yang Cukup 

Asi merupakan hal pokok yang dibutuhkan oleh bayi, mereka bisa menjadi lebih muda tidur ketika minum ASI. Bayi cenderung rewel jika haus ataupun lapar. ika bayi belum cukup umur untuk makanan pendamping, maka hanya beri dia ASI yang cukup. 

Jika bayi Anda susah tidur, mungkin saja dia lapar. Coba berikan ASI, bisa sambil digendong ataupun ditidurkan. InsyaAllah, jika bayi tersebut kenyang akan lebih mudah tidur. 


 2. Menggendong Bayi 

Bisa saja bayi sudah kenyang, namun tak kunjung tidur juga. Cobalah untuk menggendong si bayi. Gunakan gendongan yang nyaman, jangan terlalu ketat juga dalam mengikat tali gendongan agar bayi tidak sesak. 

Biasanya bayi suka kehangatan, jadi saat digendong bayi akan lebih mudah tidur. Saya biasanya kalau anak rewel, saya kasih ASI sambil digendong, pasti sebentar lagi bakalan tidur, hehehe. 

 3. Menidurkan Bayi Tepat Waktu 

Usahakan untuk menidurkan bayi tepat waktu agar tidak rewel. Biasanya bayi akan menangis ika kurang tidur. Jadi buatlah jadwal yang tepat untuk menidurkan bayi dalam sehari. Saya biasanya punya jam-jam tertentu yang mengharuskan agar si bayi tidur. 

Tentu cara ini work banget, bayi jadi tidak mudah menangis. Karena dia tidur dengan cukup. O ya, tidur yang cukup juga bisa membantu mempercepat tumbuh kembang dari si bayi lho. 

Baca juga : Tips Traveling Santai Dengan Membawa Anak Kecil

Source : healingtouchoftherockies.com

 4. Pijat Bayi Saat Akan Tidur 

Ini juga biasa saya lakukan jika bayi saya sulit untuk tidur. Mungkin saja badan si bayi kelelahan. Apalagi jika bayi tersebut hyper aktif, pasti akan cenderung lelah karena sering bergerak. Coba deh kasih pijatan kecil sebelum bayi tidur. Nantinya badan si  akan sedikit rilex dan akan cepat tidur. 

Kita saja orang dewasa kalau kecapekan alias pegal gitu pasti mau tidur sakit semua jadi gak enak. Bayi juga sama, cuma bedanya, si bayi gak bisa ngomong kalau lagi pegal, cuma bisa nangis, hehe. 

 5. Menepuk Pelan Pantat Bayi 

Sebenarnya ini sepele ya. Tapi beneran bisa lho buat menidurkan bayi. Gak tau kenapa kalau bayi di tepuk-tepuk pantatnya tuh jadi cepat untuk tidur. Kalau gak percaya cobak saja deh. Kalau gak ditepuk-tepuk bisa dielus-elus punggungnya, pasti bayi akan cepat tidur. Saya kalau dielus punggungnya juga ngerasa nyaman kok, wkwkwk. Pasti bayi juga deh. 


6. Nina Bobo 

Selanjutnya yang biasa saya lakukan jika bayi sulit tidur. Biasanya saya akan menyanyikan sebuah lagu untuk si bayi. Jangan lagu dangdut sih saran saya, wkwk. Lagu anak-anak kayak nina bobo gitu boleh. Atau bisa baca sholawat dan sedikit dibacain ayat-ayat alqur’an. Bawaannya adem gitu kan kalau dengan ayat-ayat alqur’an, otomatis si bayi bakalan cepat tidur, insyaAllah. 
 7. Jauhkan Dari Tempat Bising 

Mungkin saja bayi susah tidur gara-gara risih dengan tempat yang ramai atau bising. Jadi kalau bayi sudah jamnya untuk tidur, usahakan untuk tidak membuat kegaduhan di sekitarnya. 

 Nah itu tadi cara yang biasa saya lakukan ketika menidurkan bayi. Sejauh ini sih, tips di atas work di kedua anak saya, hehe. Semoga bisa membantu para ibu yang sedang kebingungan saat menidurkan bayi. 

Adakah tambahan untuk tips menidurkan bayi? Atau cara apa yang biasa Anda gunakan untuk menidurkan bayi? Share yuk di bawah, hehe.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 CARA MENIDURKAN BAYI"

Posting Komentar