Apa Sih Penyebab Baby Blues Syndrome Dan Cara Mengatasinya




Baby AE -Baby Blues Syndrome adalah perasaan galau atau cemas yang dialami oleh seorang ibu baru melahirkan. Biasanya seorang ibu akan merasa bahagia pasca melahirkan buah hatinya. Tak jarang pula perasaan khawatir ikut menghantui seorang ibu pasca melahirkan. Apa sih yang menyebabkan seorang ibu mengalami Baby Blues Syndrome.

Baca juga : Pentingnya Pengenalan Spiritual Sejak Dini Pada Anak

Sumber : Google

  1. Perubahan Hormon 

Wanita hamil memang banyak mengalami perubahan baik fisik maupun non fisik. Hormon pada wanita yang hamil juga akan berubah. Ketika seorang wanita melahirkan, maka hormone tersebut akan kembali berubah. Nah, ini yang menyebabkan terjadinya Baby Blues Syndrome pada seorang wanita pasca melahirkan. Biasanya, hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid pada ibu yang baru melahirkan akan mengalami penurunan. Hal ini membuat ibu jadi gampang lelah.

 2. Terlalu Letih 

Seorang ibu yang baru melahirkan akan disikbukkan dengan mengurus bayi yang baru dilahirkannya. Hingga sang ibu kurang istirahat dan mengalami keletihan. Karena bayi pada umumnya harus dijaga siang hingga malam. Belum lagi jika bayi tersebut rewel.

 3. Terlalu Cemas 

Seorang wanita yang baru saja menjadi ibu, biasanya akan mengalami kecemasan. Cemas dengan masa depan anaknya nanti. Atau cemas bagaimana cara membesarkan seorang anak dengan baik. Fikiran seorang ibu yang baru melahirkan belum benar-benar stabil. Perubahan hidup untuk mengurus seorang bayi memang membuat mereka seing berfikiran terlalu dalam. Akankah seorang ibu bisa membesarkan anaknya dengan baik nantinya? Itulah yang menyebabkan terjadinya Baby Blues Syndrome.


Sumber : RockingMama



Baca juga : 23 Kegiatan Seru Untuk Mengisi Liburan Panjang Bersama Anak

Sebaiknya hindari rasa terlalu cemas dengan masa depan anak. Jangan terlalu memfikirkan hal-hal yang masih tidak pasti. Fikirkan saja bagaimana untuk merawat bayi agar tumbuh dengan sehat. Support dari suami dan keluarga tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu yang baru melahirkan. Jangan biarkan seorang ibu larut dengan fikirannya sendiri. Berikan kekuatan yang akan membuat perasaan seorang ibu menjadi lebih baik.

Untuk ibu yang baru melahirkan usahakan jangan terlalu letih. Banyaklah beristirahat, agar keadaan pasca melahirkan segera pulih. Minta bantuan keluarga untuk gantian menjaga bayi, jika ibu sudah lelah dan butuh istirahat. Kenali beberapa gejala Baby Blues Syndrome. Persaan ibu yang baru melahirkan biasanya memang mengalami perubahan dari perasaan bahagia menjadi khawatir. Tapi hanya dalam waktu 4-5 hari pasca melahirkan. Jika perasaan cemas dan sedih ibu berlangsung lebih dari dua minggu, maka segeralah periksa ke dokter. Takutnya ibu mengalami Baby Blues Syndrome atau biasa disebut Postpartum Deppresion.

Sumber : Google

 Berikut ini adalah gejala-gela seorang ibu mengalami Baby Blues Syndrome.

 1. Depresi dan terlalu sedih. Tak jarang karena perasaan sedih ini seorang ibu jadi lebih sering                 menangis.

 2. Mengalami rasa takut pada banyak hal.

 3. Cemas yang berlebihan.

 4. Emosi yang tidak stabil, biasanya seorang ibu jadi lebih udah marah, sedih dan mudah                         tersinggung.

 5. Sering minder

 6. Karena terlalu letih, ibu jadi sering sakit kepala

Baca juga : Mainan Anak Yang Sesuai Untuk Usianya

Sumber : Google

Untuk menghindari terjadinya Baby Blues Syndrome, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini

1. Perbanyak pengetahuan seputar merawat bayi dan juga pasca melahirkan. 

 Hal ini akan membuat seorang ibu terhindar dari depresi. Karena seorang ibu yang sudah banyak pengetahuan juga akan lebih mudah nantinya untuk merawat seorang bayi.

2. Lakukan persiapan yang matang sebelum melahirkan. 

Persiapan sebelum melahirkan seperti perlengkapan bayi, perlengkapan dari sang ibu, rencana melahirkan di mana dan juga tabungan untuk biaya melahirkan.

3. Sharing dengan komunitas atau teman. 

Ibu bisa bertanya dengan komunitas atau teman-teman yang sudah berpengalaman tentang merawat seorang bayi. Ini akan membuat perasaan seorang ibu jadi lebih baik, karena ada orang yang bisa membantu meringankan beban fikirannya.

4. Banyak istirahat

Sebeum melairkan, alangkah baiknya jika menjaga kondisi tubuh dalam keadaan fit. Karena pasca melahirkan akan membutuhkan tenaga untuk merawat bayi. Jadi manfaatkan moment untk beristirahat selagi ada waktu.

Baca Juga : Tanda-Tanda Anak Membutuhkan Penanganan Dokter
Sumber : Kompasiana

5. Berfikir positif dan berdoa 

Jauhkan fikiran dari hal-hal negative. Senantiasa berdoa untuk kebaikan ibu dan bayi yang akan dilahirkan kepada-Nya. Dan selalu yakin jika semuanya akan berjalan lancar atas kehendak Yang Maha Kuasa.

Itu tadi beberapa tips yang bisa saya berikan untuk membantu ibu yang mengalami Baby Blues Syndrome. Semoga bisa membantu ^^

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Apa Sih Penyebab Baby Blues Syndrome Dan Cara Mengatasinya"

  1. ternyata usai melahirkan juga masih menyisakan problem ya kak ..si ibu harus senantiasa ditenangkan ..everything is gonna be alright

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus ada support dari orang terdekat ^^

      Hapus
  2. Kalau capek, jgn ragu curhat & minta bantuan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus banget, jangan disimpen sendiri

      Hapus
  3. aku sebulan ngrasaat dari rumah in ngeblues ini... duhhh untung aq gak mingg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus jaga kesehatan, Mbak

      Hapus
  4. Kadang keinginan untuk menjadi ibu sempurna malah bisa membuat si ibu jadi baby blues :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan terlalu berkefikiran tentang masa depan anak, yang terpenting kita bisa menjaga anak tersebut sampai tumbuh dewasa ^^

      Hapus
  5. Kadang suka takut juga bakal mengalami Baby Blues. Padahal kekhawatiran yang berlebihan malah bisa memicu ya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Malh banyak fikiran bisa jadi pemicu baby blues

      Hapus
  6. suka sama tulisan ini krn pernah mengalaminya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Mbak pernah ngalamin baby blues?

      Hapus
  7. Berapa lama sih biasanya perempuan kena baby blues mbak? Ku takut, meski blm menikah.. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ada yang sampai satu bulan

      Hapus