7 Tips Membangun Rasa Percaya Diri Pada Bayi




Baby AE -  Beberapa tindakan yang terkadang menjadi penghalang bagi tumbuhnya rasa percaya diri bayi. Jika di biarkan terus menerus hal itu akan mengganggu pembentukan karakternya di masa depan. Anda harus melakukan cara untuk membangun kepercayaan si bayi tersebut. Kasihan juga jika anak di masa depan tidak memilki keberanian untuk tampil di muka umu. Apalagi jika anak tersebut sudah memasuki usia sekolah. Untuk masa depan yang baik, kita harus berbuat sesuatu yang mampu membangkitkan keberanian atau istilahnya rasa PD pada anak sejak usia dini.



1. Bermain Bersama 

Anda harus bermain dengan bayi,agar bayi tersebut respect dengan Anda. Si bayi akan merasa bahwa Anda senang bersamanya dan ia berharga untuk Anda. Ini sangat bermanfaat dalam menumbuhkan rasa percaya diri bayi. Bayi akan merasa jika orang-orang terdekatnya mendukung serta member support untuk melakukan suatu hal.

2. Berikan Respons Cepat 

Ada seorang bayi yang menangis,jangan langsung di gendong agar dia tidak manja.Ketika seorang bayi menangis,sebaiknya orang tua langsung menghampirinya.Ini sangat berguna untuk bayi kepada orang tuanya dan takutnya kenapa-napa .Kurangnya respons dapat mendampakkan hal yang negatif bagi seorang bayi. Maksudnya respon dalam artian kita care pada si bayi. Jika kita tidak peduli pada bayi, ia akan meras jika orang tuanya acuh dan tidak memperdulikannya. Bayi akan memiliki perasaan pesimis. Sifat pesimis ini akan menimbulkan rasa minder pada bayi.



3. Jadilah Penyemangat 

Seperti ketika bayisedang belajar merangkak, bantulah dan semangati si bayi agar bisa melakukannya sendiri. Atau juga pas anak ingin mengambil barang atau mainannya yang letakknya agak tinggi tapi sekirannya masih bisa dijangkau oleh si bayi, maka jangan langsung diambilkan. Ajari bayi untuk lebih mandiri, supaya bisa mengambil mainan itu sendiri. Membantunya dalam bentuk penyemangat adalah hal terbaik yang harus dilakukan. Nggak mau kan anak jadi manja karena keseringan dibantu ini itu. Anak yang manja cenderung tidak memiliki rasa percaya diri.


4. Jangan Berlebihan 

Apakah Anda tipe orang tua yang berpanik? Maksudnya suka panic yang berlebihan. Segera hilangkan sifat Anda yang miliki,kepanikan itu, kepanikan yang Anda rasakan tersebut berpengaruh pada si bayi ,sehingga dia selalu ketakutan dan tidak percaya diri. Ya, rasa panic yang berlebihan ini membuat anak jadi ikutan takut melakukan sesuatu yang diinginkannya. Biarkanlah anak mengeksplore dunianya. Selagi itu tidak berbahaya bagi anak, maka biarkan saja. Dengan begitu, anak akan memiliki inisiatif dan rasa percaya diri.

5. Pancarkan Kepercayaan Diri 

Bayi ialah mahkluk yang sensitif ,dia sangat bisa merasakan emosi dan mood orangtuanya. Anda harus dapat memancarkan kepercayaan diri saat ia di dekatnya, si bayi memiliki kepercayaan diri yang baik. Ingatlah jika bayi itu suka meniru orang didekatnya. Terlebih orang tuanya. Jika Anda sebagai orang tua mengajarinya untuk percaya diri dan Anda sendiri juga menerapkan prinsip percaya diri, maka si anak juga akan menjadi percaya diri.

6. Respek Terhadap  Watak si Bayi 

Bayi memiliki watak yang berbeda-beda.Untuk membangun kepercayaan si bayi.Anda pun harus respek kepada wataknya.Bantulah ia menjadi seseorang yang percaya diri semampu yang ia bisa. Jangan membanding-bandingkan kemampuan atau sifat bayi dengan bayi lainnya. Misalkan anak teman Anda yang sudah bisa jalan, jangan membuat perbandingan yang bisa membuat semangatnya down. Gantilah perbandingan dengan sesuatu yang membuatnya semangat. Seperti jika si anak sudah berjalan seperti temannya maka akan dibelikan hadiah atau semacamnya. Hal ini lebih baik, karena kan membuat bayi lebih semangat. 



7. Salurkan Perasaan Positif 

Bayi yang bahagia dan ceria ialah, bayi yang sangat percaya diri .Perasaan itu bangun dengan memberikan berbagai pengalaman yang seru ,seperti mengenalkan bayi dengan anak kucing yang saat usia dini. 

Saya kira ini adalah tips yang bisa saya berikan untuk membantu membangun kepercayaan pada bayi. Bukankah kita juga senang jika si kecil tampil dengan PD nya di muka umum. Saya pun suka jika melihat michan maupun Asma semangat disuruh bernyanyi atau melakukan kegiatan di depan orang banyak. Bagaimana dengan Anda? Apa yang biasanya dilakukan untuk membangun rasa kepercayaan diri pada anak? Semoga tipsnya bermanfaat ^^.



Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "7 Tips Membangun Rasa Percaya Diri Pada Bayi "

  1. noted, buat nanti kalo punya bayi lagi :D

    BalasHapus
  2. Ya ampun, aku ini loh mba gampang panik. Pantes anakku nggak pede2 T_T
    maklum dapetin anak butuh waktu 2 tahun, jd semacam takut kehilangan gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih protektif banget ya Mbak, aku kadang juga suka gitu, hehe.

      Hapus
  3. Babynya lucu sekali. Thank you tipsnya, ya.

    BalasHapus
  4. pembentukan karakter memang sebaiknya dimulai sejak masih bayi ya. cocok.

    BalasHapus
  5. Tipsnya bagus banget Mbak, dan memang dari awal atau usia bayi, harus diberikan kepercayaan diri yang kuat. Gimana anak berani melangkah, kalau sudah ditakuti, nanti jatuh, awas loh dan lain sebagainya. Peran ibu penting banget nich untuk memberikan afirmasi positif supaya bayi lebih PD

    BalasHapus