23 Kegiatan Seru Untuk Mengisi Liburan Panjang Bersama Anak





Baby AE - Libur panjang yey. Apa yang ada di pikiran Anda saat mendengar kata libur panjang? Tentu menghabiskan waktu dengan keluarga sangat asyik dong. Hehe. Apalagi karena kesibukan sehari-hari saya tidak bisa menghabiskan waktu dengan si kecil karena aktivitas penerbitan yang menggunung (?) 

Moment liburan panjang sepertinya akan saya manfaatkan untuk lebih dekat dengan buah hati. Apalagi libur panjang akhir taun seperti ini lumayan langka (?) Asma biasanya sudah banyak aktivitas jika tidak libur seperti ini. Sekolah, mengikuti les, mengaji, dan malamnya juga harus belajar. Jadi kesempatan untuk bermain bersama hanya pada hari Minggu, itu pun juga kurang rasanya, karena banyak hal yang ingin saya lakukan bersama kedua anak saya, Michan dan Machin. 

Tentu moment libur akhir tahun ini akan saya manfaatkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan bersama kedua putri saya. Bagaimana dengan Bunda? Apa ada yang ingin dilakukan pada saat liburan seperti ini? Nah untuk kegiatan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi libur panjang Bunda dan buah hati, saya akan membagikan sedikit tips melakukan kegiatan-kegiatan apa saja yang cocok untuk mengisi libur panjang bersama anak.

Baca juga :  Pentingnya Pengenalan Spiritual Sejak Dini Pada Anak



 1. Menonton Film 

Menghabiskan liburan dengan menonton film-film keluarga adalah pilihan yang bisa dilakukan lho Bunda. Baiknya beli DVD film keluarga yang belum pernah ditonton sebelumnya. Anak-anak biasanya suka dengan film animasi, jadi belilah DVD film animasi yang beragam dan banyak juga, kan liburnya terbilang panjang tuh. Jadi bisa maraton deh nontonnya, hehe.

Kalau saya sih lebih suka menonton di film di laptop ya. Karena saya dan keluarga sudah tidak memakai TV dan di rumah juga tidak ada TV. Kalau mau nonton film tinggal download saja, toh di internet juga banyak film-film yang beragam, hehe. Lebih hemat tentunya :v


 2. Makan-makan di luar 

Makan-makan sudah biasa dilakukan dengan anak-anak yaa. Tapi sesekali ajak mereka untuk makan di luar, dalam artian makan di rumah makan atau restoran gitu. Anak-anak pasti akan menyukainya, hehe. Lagi pula makan di luar kan gak setiap hari yaa. Anggap aja refreshing, sekalian memanjakan Bunda agar tidak memasak di dapur. 


 3. Bermain permainan 

Ini juga bagus untuk mengisi liburn lho. Ajak anak melakukan perminan-permainan yang menyenangkan. Seperti bermain lego bersama, bermain pasir-pasiran yang lagi jadi primadona anak-anak, hehe. Karena momen bermain bersama dengan anak bisa mendekatkan kita dengan buah hati lho Bun :) 

Kadang tak perlu permainan mahal. Kita bisa membuat sendiri dari barang bekas. 

 4. Memasak bersama 

Lah ini juga seru untuk dilakukan dengan anak-anak. Biasanya anak-anak kan suka banget gangguin emaknya pas masak :v. Sekali kali ajak mereka beneran masak, hehe. Biarkan mereka membantu Bunda untuk memasak, tentunya jangan yang berhubungan dengan benda tajam, panas atau yang berbahaya. Ini akan melatih kepedulian anak supaya dia terbiasa membantu orang tua kalau sudah besar nanti :)

Baca juga : Cacar Air, Gejala dan Cara Mengobatinya


 5. Berbelanja 

Berbelanja kebutuhan ke pasar tradisional sepertinya memang asyik dilakukan dengan anak-anak saat liburan. Bunda harus bangun pagi dong tentunya bersama anak untuk membeli sayur yang akan dimasak pagi harinya. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan kegiatan memasak bersama anak. Seru banget lho :D

Namun yang perlu diingat, jangan sampai kita lengah dalam mengawasi anak-anak. Pasar tradisional itu ramai dan banyak orang, jangan sampai anak-anak hilang dari jangkauan. 


 6. Piknik 

Bosen juga kalau libur panjang cuma di rumah saja. Alangkah baiknya jika mengajak si kecil untuk pergi camping, ke gunung misalnya. Anak-anak pasti sangat exited jika diajak pergi ke tempat alam seperti gunung. Mengingat mereka sangat aktif, hehe.

Tapi kalaudana minim, gak perlu ke gunung juga bisa kok. Ajak anak-anak ke taman untuk bermain, lalu bisa menikmati makan siang bersama di atas tikar. Berasa piknik deh. 


 7. Berenang 

Ini adalah kegiatan paling disukai oleh Asma. Biasanya saat libur sekolah pasti dia ngajakin untuk berenang. Haha, meskipun masih belum bisa berenang, tapi dia suka banget jika diajak main ke kolam renang. Bunda bia mencobanya dengan anak-anak juga, siapa tahu mereka sangat suka 

Untuk yang satu ini, sediakan pelampung buat si kecil jika belum bisa berenang. Tidak hanya itu, siapkan camilan sehat dan air mineral, agar anak tidak jajan sembarangan di tempat berenang. 

 8. Menginap di rumah nenek 

Kalau bosen di rumah, bisa juga berlibur ke rumah nenek. Rumah nenek Asma ada di pedesaan, jadi tiap liburan kadang Asma suka ngajakin untuk mengina di rumah neneknya. Karena tahu sendirilah di desa nenek Asma banyak anak-anak seusianya yang bisa diajak untuk bermain. Kalau di rumah saya, anak seusia Asma jarang yang main ke luar rumah atau main ke rumah saya.

Mungkin karena rumah saya termasuk di pinggir jalan raya, jadi para orang tua sering khawatir jika anaknya tidak ada di dalam rumah. 



 9. Jalan-jalan 

Jalan-jalan sambil cari cemilan. Wah ini juga seru lho Bun. Kebayang gak sih, pagi-pagi gitu jalan santai sama anak-anak untuk cari jajan sekalian. Kalau saya biasanya pergi jalan-jalan ke Kanjuruhan yang tentunya banyak orang berjualan cemilan. Di sana juga biasanya ada banyak permainan anak-anak yang bisa dinikmati oleh si kecil, hehe.

Di Kanjuruhan, selain ada jajan dan permainan, bisa sekalian olahraga dan main sepatu roda. 

 10. Olahraga bersama 

Jarang-jarang ibu rumah tangga seperti saya bisa olahraga, apalagi olahraga bareng anak. Hmm, sepertinya ini bisa jadi option untuk mengisi libur panjang. Bangun pagi-pagi, lalu ajak anak-anak untuk lari pagi atau jalan kaki. Hihi, pasti sangat menyenangkan.

Bisa juga menemani anak-anak bersepeda di taman. Sekalian enaknya lari-lari pegangin sepeda. Gak perlu ke gym untuk fitnes. 


 11. Bercerita

 Siapa sih yang gak suka dengan cerita, terutama anak-anak. Mereka sangat suka sekali mendengarkan cerita atau dongeng. Untuk mengisi sela-sela waktu liburan, ceritakan pengalaman-pengalam Bunda sewaktu kecil dulu pada anak. Atau bisa bacakan cerita-cerita dongeng anak. Mereka pasti suka deh :)

Saya biasanya membacakan buku cerita atau membuat cerita sendiri untuk anak-anak dengan tokoh utama adalah mereka sendiri. Itu lebih berkesan untuk mereka. Jangan lupa selipkan nasihat di dalamnya. 

 12. Liburan ke tempat wisata 

Berkunjung ke tempat wisata? Bukan hanya anak-anak yang menyukainya. Emaknya juga suka kali :D Haha. Ini sepertinya sudah biasa dilakukan oleh orang tua ketika anaknya sedang libur sekolah. Karena anak-anak pasti sangat exited dengan yang namanya berkunjung ke tempat wisata, apalagi yang banyak permainannya. Hmm, tapi jangan hanya ke tempat permainan juga, ajak ke tempat wisata edukasi yang bisa menambah wawasan dari anak. Jadi bisa bermain sekaligus belajar 

Di sini banyak tempat wisata edukasi, salah satunya adalah Peternakan Sapi Milkindo, ada merincinya juga. HTM juga murah, hanya 10k sudah dapat susu 500ml. 

 13. Berkebun 

Berkebun dengan anak-anak pasti sangat menyenangkan. Bagi yang punya lahan luas, pasti punya kebun di sekitar rumah kan? Nah, selain mengajaknya bermain-main bisa juga ajak anak untuk membantu Bunda berkebun membersihkan pekarangan rumah. Bisa juga menanam bunga-bunga kesukaan si kecil.

Jika tidak punya lahan yang luas, kita bisa menggunakan pot dari barang bekas. Bisa dari kaleng biskuit untuk diletakkan di lantai, bisa juga dari botol air mineral yang sudah dipotong untuk digantung. 

 14. Beres-beres rumah 

Beres-beres rumah memang bukan pekerjaan untuk anak-anak. Tapi Bunda bisa mengajarinya sejak dini untuk membersihkan rumah lho. Supaya kelak anak akan terbiasa untuk menjaga kebersihan rumah. Ajari dari hal-hal kecil seperti melipat baju anak, menata buku sekolah, menata kamar tidur anak.

Berikan kepercayaan pada anak bahwa dia mampu menjaga barang-barang miliknya sendiri. 

 15. Pergi menonton di bioskop 

Jika Bunda dan anak-anak bosa menonton film di rumah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah pergi menonton ke bioskop. Biasanya pas waktu liburan gini banyak film-film keluarga yang bisa ditonton di bioskop lho. Hehe.

Baca juga : Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget dan Langkah Pencegahannya

 16. Pesta di Rumah 

Ini maksudnya bukan pesta yang besar atau semacamnya sih. Bisa melakukan pesta kecil-kecilan seperti makan-makan dan membeli kue untuk dimakan bersama keluarga. Anak-anak suka sekali dengan yang namanya kue, hehe. Bisa juga Bunda mengajak kerabat dan temanya untuk bergabung menikmati pesta kecil-kecilan.

Kebetulan tanggal 18 Desember kemarin saya ulang tahun. Akhirnya membuat pesta kecil dengan kue tart untuk dinikmati oleh keluarga. 

 17. Berkunjung ke rumah teman 

Berkunjung ke rumah teman bisa juga menjadi opsi lho Bun. Bisa menjalin silaturahmi juga dengan teman-teman si anak. Mengingat saat sibuk dengan kegiatan sehari-hari pasti Bunda dan anak tidak akan pernah mempunyai waktu untuk berkunjung ke rumah teman sebayanya.

Jangan lupa menghubungi orang tua dari teman yang akan dikunjungi. Jangan sampai saat kita ke sana, eh yang dikunjungi mempunyai acara lain. Boleh juga membawa buah tangan untuk yang punya rumah. 


 18. Menginap di hotel 

Kenapa menginap di hotel? Anak saya sangat menyukai jika diajak untuk menginap di hotel. Jadi saya sering mengajaknya menginap di hotel jika sedang libur sekolah seperti ini. Tidak perlu menginap di hotel bintang lima dengan harga sewa kamar yang bikin stres kantong, hihi. Hotel standar asal ada kolam renangnya pasti anak saya sudah menyukainya. 

Bunda bisa mencoba kegiatan menginap di hotel dengan keluarga juga lho. Siapa tahu anak-anak menyukainya juga  Selain bisa mendapat suasana baru, bisa juga mengajarkan anak-anak untuk bertemu dengan orang-orang baru. 

Biasanya sih suami saya di kamar saja, saya yang menemani anak-anak. 



 19. Membaca buku 

Selain sebagai blogger, saya adalah owner penerbitan. Jadi sudah pasti buku yang ada di rumah saya juga banyak dong. Ini bisa jadi opsi saya yang lain untuk menghabiskan liburan bersama anak. Prinsip saya adalah membiasakan sejak dini untuk membaca dan membaca pada anak. Karena saya sangat menyukai buku, jadi saya juga berharap jika anak saya nantinya juga akan cinta buku.

Untungnya Asma sudah terbiasa dengan buku dan lancar membaca buku sendiri. Jika sudah membaca satu buku, kita bisa memberi hadiah untuk kerja kerasnya. 


 20. Belajar melukis dan menggambar 

Selain baca buku, anak-anak pasti menyukai dengan yang namanya menggambar. Nah, Bunda bisa tuh menggambar dan melukis bersama anak-anak. Selain menyenangkan juga bisa jadi ini adalah metode pembelajaran yang efektif. Melatih kreatifitas anak dan jiwa keseniannya.

Saat liburan juga pasti banyak lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak yang bisa diikuti. 

 21. Belajar mendongeng 

Saya punya boneka tangan yang biasa saya gunakan untuk mendongeng. Ya, saya sangat menyukai mendongeng. Jadi anak saya juga saya ajari untuk belajar mendongeng. Bukan hanya mendengarkan dongeng saja  Banyak hal yang bisa diperoleh dari mendongeng lho, selain melatih bicara anak juga bisa mengajarinya untuk tampil percaya diri di depan umum.

Asma sudah mulai bisa mendongeng, walau ceritanya masih itu-itu saja. Hehe.

 22. Pergi ke museum 

Sekarang ini wisata museum sudah terbilang banyak dan beragam. Mulai dari museum satwa, museum sejarah, museum seni dan banyak lagi. Ajak anak-anak untuk pergi ke musem, selain bisa jalan-jalan juga menambah pengetahuannya. Hehe. Apalagi museum satwa, di sana akan banyak patung-patung replika hewan-hewan yang belum pernah anak temui.

 23. Pergi ke kebun binatang 

Anak-anak pasti sangat menyukai yang namanya binatang. Nah, ajak mereka untuk mengunjungi kebun binatang atau taman safari. Di sana anak akan belajar nama-nama hewan yang dan bertemu dengan hewan yang beragam secara langsung. 

Di rumah saya sudah berasa seperti kebun binatang dengan 6 kucing dan 6 ekor ayam.

Nah itu tadi beberapa kegitan-kegiatan yang seru tentunya untuk dilakukan bersama dengan anak saat mengisi libur panjang. Moment bersama si kecil memang sangatlah berharga. Sebisa mungkin, meskipun Bunda sedang disibukkan oleh pekerjaan apalagi wanita karir seperti saya, sempatkanlah untuk memiliki waktu dengan anak. 

Sukses finansial memang perlu untuk menjamin masa depan anak-anak. Tapi perlu diingat jika masa kecil anak kita tidak bisa diulang. Bijaklah dalam mendidik anak-anak, baik tidaknya anak kita nanti tergantung dari didikan kita sebagai orang tua sejak mereka usia dini. 



Kalau bunda biasa menghabiskan waktu libur panjang anak dengan kegiatan apa? Kita bisa share pengalaman kita yaa. Hehe :) Atau Bunda ingin mencoba beberapa tips yang saya berikan di atas bersama si kecil :)

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "23 Kegiatan Seru Untuk Mengisi Liburan Panjang Bersama Anak "

  1. Ini kegiatannya seru banget mba. Debgab begini anak ga gampang bosen pas liburan ya

    BalasHapus
  2. Banyak sekali yg bisa dilakukan ketika anak liburan sehingga tidak bosan dan mendapat bnyak pengalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, biasanya anak bosan kalau melakukan satu kegiatan terus menerus :D

      Hapus
  3. Seru bngt kayaknya, karen belum punya anak jd gak tahu rasanya

    BalasHapus
  4. Liburan jd ga mati gaya... Makasih ide2nya :)

    BalasHapus
  5. Keep dulu nih mbak buat nanti kalauu sudah memiliki dedek hehe

    BalasHapus