Pentingnya Pengenalan Spiritual Sejak Dini Pada Anak




Baby AE - Meskipun usia balita masih terlalu dini untuk pengenalan tentang hal-hal spiritual, idak ada salahnya untuk mengenalkan sejak dini agar kelak ketika anak tumbuh besar sudah memilki pemahan tentang keagamaan. Menurut seorang dokter anak, sejak usia balita, anak sudah mampu memahami nila-nilai spiritual. Dengan begitu, tidak ada alasan bagi orang ua untuk tidak mendidik anak sejak dini tentang nilai keagamaan. 

Lantas bagaimana cara mengenalkan sejak dini tentang pentingnya nila-nilai spiritual pada balita dan anak-anak? Mengingat ini adalah ajaran pada anak pra-sekolah, jadi orang tua lah yang berperan dalam pengenalannya.


 1. Membei contoh ucapan yang baik

Anak-anak cenderung menirukan apa yang orang terdekatnya katakana. Saat orang mengucapkan kata-kata yang baik maka anak tersebut akan berkata baik pula. Memberikan contoh ucapan baik yang mengarah pada pujian atau doa. Seperti saat hendak tidur, kita berdoa di dekat anak sambil berkata “Ya Allah, berikan perlindungan pada anakku, berikanlah dia mimpi yang indah.” Secara tidak langsung, ucapan itu telah memberikan bimbingan pada anak untuk selalu berdoa dan memohon hanya kepada-Nya. Ajarkan juga doa-doa yang biasa dilakukan sebelum tidur ataupun doa sebelum melakukan suatu kegiatan.

 2. Memperkenalkan pada sang Maha Kuasa 

Perkenalkan pada anak tentang pencipta yang dari alam semesta. Ajarkan pada anak jika di dunia ini semua hal adalah Tuhan yang telah menciptakan. Misal seperti baju yang kita pakai, makanan, minuman dan semua hal yang kita miliki adalah pemberian dari sang Maha Kuasa. Beritahu juga pada anak kita jika Tuhan maha tau atas segala hal. Semua yang ia lakukan, Tuhan bisa tau semuannya. Maka dari itu beri tahu anak kita pula agar senantiasa berbuat kebaikan.

 3. Ajari anak untuk selalu bersyukur 

Ajari anak agar selalu mengucap syukur setiap waktu. Setiap ia mendapat hadiah kecil ataupun hal lain, ajak ia untuk meluangkan waktu mengucap syukur pada Tuhan yang telah memberikan semua kebaikan padanya. Sebenarnya bukan hanya ketika mendapatkan suatu hadiah, tapi diberi kesehatan itupun juga harus disyukuri, ajari anak agar lebih mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan.



 4. Membaca cerita keagamaan 

Ajak anak untuk membaca cerita yang menceritakan kisah-kisah berlatarbelakang spiritual. Seperti membacakan aak cerita nabi-nabi, sejarah dari agama dan banyak hal lain. Anak-anak sangat menyukai cerita dan dongeng, jadi mereka akan lebih mudah belajar dengan metode ini.

 5. Ajari saling berbagi 

Ini adalah metode pengenalan spiritual yang juga membentuk kepribadian dari anak. Ajak anak untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan dan sesamanya. Biasanya di tempat-tempat ibadah, ada banyak kegiatan amal. Ajak mereka untuk turut serta dalam kegiatan dan jelaskan tentang pentingnya berbagi dengan sesama.


 6. Ajak ke tempat ibadah 

Ini juga hal terpenting untuk dilakukan jika ingin menanamkan pemahaman spiritual pada anak. Anak-anak suka menirukan apa yang dikerjakan oleh orang tuanya, jika orang tuanya mengajak melakukan hal-hal yang baik, maka anak akan melakukan hal yang baik pula. Seperti beribadah, sejak dini tanamkan pada anak untuk melakukan ibadah. Meskipun mereka belum mengerti arti dari beribadah, katakanlah ini adalah hal wajib dan suatu hal kebaikan yang harus dilakukan. Lambat laun mereka akan mengerti dengan sendirinya. 

Menanamkan sejak dini pengetahuan spiritual baik bagi masa depannya. Kita tahu jika di zaman sekarang ini moral dan ahlak anak sudah mulai urakan dan terpengaruh oleh budaya luar. Jangan sampai anak-anak kita mengalami hal seperti ini. Sebagai orang tua, kita perlu membingbing anak ke jalan yang baik. 

Semoga artikel ini bisa membantu para orang tua untuk menanamkan pengetahuan spiritual bagi anak-anak. Jika ada hal lain yang ingin ditambahkan bisa sharing di komentar. ^^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Pengenalan Spiritual Sejak Dini Pada Anak "

Posting Komentar