Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget dan Langkah Pencegahannya




Baby AE Zaman semakin modern, perkembangan teknologi semakin pesat. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih membuat pekerjaan semakin mudah. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, aktivitas seperti menonton TV semakin jarang karena digantikan oleh Youtube. Media yang menduduki peingkat nomer satu dengan tingkat pengguna terbanyak di dunia.

Hampir semua kalangan tengah menggandrungi youtube, baik dewasa, remaja, dan anak-anak. Kebanyakan menonton youtube lewat gadget. Tidak menjadi masalah selama mengunakan gadget sewajarnya dan tidak berlebihan. Tapi, anak-anak sering tidak ingat waktu ketika bermain gadget untuk menonton youtube ataupun sekedar bermain permainan.


Inilah yang menjadi kekhawatiran para orang tua. Anak-anak yang terlalu asyik beramain gadget dan lupa waktu. Lebih parahnya anak-anak kecanduan gadget. Nah, kalau sudah sampai kecanduan ini perlu perhatian khusus. Janga sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu, bagaimana cara orangtua mengantisipasi agar anak-anak tidak sampai kecanduan gadget.



Sebelum memberika antisipasi penggunaan gadget pada anak, perhatikan beberapa cirri anak yang sedang kecanduan gadget.

1.      Biasanya memainkan gadget dalam waktu lama. Hampir lebih dari 6 jam.

2.      Marah jika tidak di berikan gadget. Ataupun menangis dan merengek saat di suruh berhenti bermain gadget.

3.      Saat bermain gadget anak jadi uring-uringan ketika ada yang mengganggu.

4.      Lebih menyukai bermain gadget daripada bermain di luar dengan teman-temannya.

5.      Pola tidurnya tidak beraturan. Bahkan bisa kurang tidur karena anak lebih menyukai bermain gadget

6.      Susah bersosialisasi karena terlalu menyukai bermain dengan gadget.

Nah jika demikian langkah apa yang harus dilakukan para orangtua aga anak tidak sampai kecanduan gadget.

1.      Memberi jadwal

Para orang tua harus memberikan jadwal kapan anak bermain gadget. Usahakan jangan berlebihan memberikan waktu bagi anak untuk bermain gadget. Berikan aktivitas lain bagi anak untuk menisci waktu luang selain waktu belajar dan bersekolah. Dengan mengajak anak membantu pekerjaan rumah yang ringan. Jalan-jalan ke tempat  bermain, ataupun mengajari anak hal lain yang menyenangkan seperti bercerita.

2.      Awasi dan batasi penggunaan gadget

Jangan birkan anak bermain gadget sendirian. Karena konten yang terdapat pada internet tidak semua bis di tonton oleh anak-anak. Kalau perlu batasi penggunaanya dengan mengaktifkan fitur mode anak pada gadget. Hal ini akan membatasi konten-konten yang yang tidak bisa diakses oleh anak.


3.      Jangan berikan akses penuh

Jangan memberikan gadget pada anak-anak. Kalau anak memiliki akses penuh dengan gadet, mereka akan semakin sulit utuk di bimbing. Sebaiknya berikan gadget sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dan jangan terlalu sering pula.

4.      Memberi contoh pada anak

Anak-anak biasanya sering meniru hal-hal yang ada di sekitarnya. Termasuk dalam hal berperilaku. Mereka akan meniru perilaku orang-orang disekitarnya. Jadi, alangkah baiknya jika memberi contoh perilaku yang baik pada anak. Seperti tidak menggunakan gadget saat berkumpul bersama anak.

Menggunakan gadget sebagai sarana pembelajaran memang tidak salah. Anak jadi memiliki pengetahuan yang luas. Asalkan dengan bimbingan yang tepat dari para orang tua.

Karena jika berlebiha dalam menggunakan gadget juga memiliki efek yang buruk bagi anak. Mereka jadi kurang bersosialisasi dengan anak sebayanya. Karena gadget juga bisa menyebabkan mata minus karena terlalu sering terkena radiasi dari layarnya.

Oleh sebab itu para orangtua harus bijak dalam membimbing anak. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Semoga artikel ini bisa membantu para orantua. Mencegah anak agar tidak kecanduan gadget lebih baik. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.




Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget dan Langkah Pencegahannya"

  1. Wah, tips nya bermanfaat banget nih buat Shoji Rey yang kadang suka kebablasan bergadget. TFS yaaa kakakkk

    BalasHapus