Tanda-Tanda Anak Membutuhkan Penanganan Dokter




Baby AE - Tidak semua penyakit harus ditangani oleh dokter. Tergantung dari tingkat dan gejala dari penyakit tersebut. Berikut beberapa penjelasan apakah anak anda membutuhkan penanganan segera dari dokter. Pernahkah Anda berpikir bahwa saat anak demam Anda menganggap hal itu wajar saja, akan tetapi tidak semua gejala demam bisa diacuhkan begitu saja. Boleh jadi itu adalah indikasi dari penyakit yang serius. Oleh sebab itu jangan meremehkan jika buah hati Anda mengalami gejala-gejala yang tidak biasa. Perhatikan, jika memerlukan penanganan dokter atau medis maka segera bawa anak Anda untuk diperiksa lebih lanjut ke rumah sakit terdekat.

·        Bayi Terjatuh

Mungkin bayi Anda pernah mengalami terjatuh atau terbentur pada bagian kepalanya. Tapi Anda perlu memperhatikan gejala setelah bayi anda terjatuh. Jika ia terjatuh dan terbentur di kepalanya lalu mengalami muntah dan terlihat pucat, maka sudah waktunya Anda pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jika keadaan tidak segera membaik maka segera bawa anak Anda ke RS terdekat.
·        Kehilangan Kesadaran

Beberapa balita tetapi lebih sering bayi usia enam bulan pernah mengalami hilang kesadaran. Karena otaknya mengalami gangguan fungsi maka bayi menunjukan gejala kejang kejang, wajah kaku dan pucat serta kehilangan kesadaran. Usahakan untuk tetap tenang, buka pakaian bayi anda dan belai ia dengan lembut. Segera sesaat setelah ia sadarkan diri, beri parasetamol khusus untuk bayi. Jika tidak segera membaik, cepat bawa bayi Anda ke RS untuk mendapat penanganan intensif.

·        Sesak Napas

Bayi usia enam bulan ke bawah memiliki resiko yang besar terserang Respiratory Syncyntial Virus (RSV) pada saluran udara kecil di paru-paru yang menyebabkan sesak napas atau disebut penyakit Bronkiolitis. Gejala lain selain sesak napas ialah kesulitan makan dan minum serta demam. Jika ia menunjukan gejala demikian dan bertambah parah seperti bernapas lebih cepat dan berbunyi serta kulit dan bibir membiru maka segera bawa bayi Anda ke dokter segera untuk mendapat penanganan.

·        Sakit Perut

Perhatikan jika anak Anda mengeluh kesakitan pada perut selama lebih dari dua jamkarena bisa jadi ia terkena radang usus buntu. Gejala lain dari penyakit ini yaitu muntah-muntah, demam yang membuat buah hati Anda rewel dan mungkin malas untuk berjalan karena kesakitan yang ia rasakan di bawah perut.

·        Alergi

Anda harus memperhatikan hal-hal di sekitar buah hati anada yang dapat menyebabkan alergi. Biasanya balita yang mengalami alergi menunjukan gejala kesulitan bernapas, bibir, lidah, dan wajah yang membengkak. Anda harus waspada terhadap gejalanya, segera hubungi RS terdekat untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

·        Bintik Merah Keunguan pada Kulit

Bintik merah akibat digigit nyamuk tidak perlu Anda takutkan. Akan tetapi, jika terdapat bintik merah keunguan yang cukup besar dan tidak segera memudar, maka dapat diindikasi gejala dari penyakit meningitis. Segera bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

·        Pincang Saat Berjalan

Jika anak Anda terjatuh saat berjalan cepat dan pincang setelahnya, itu mungkin hal yang wajar. Mungkin setelah beberapa saat akan kembali seperti semula. Tetapi, jika buah hati Anda tiba tiba pincang saat berjalan biasa dan tidak segera membaik seperti semula, maka Anda patut waspada. Lakukan pemerikasaan sinar X di RS guna mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat.

·        Demam Tinggi pada Bayi Baru Lahir

Sistim imun pada bayi baru lahir terbilang masih rendah.  Mudah terserang penyakit dan lebih mudah terserang demam. Jika bayi Anda mengalami demam dengan suhu tubuh lebih dari 38⁰Celcius maka Anda patut waspada. Jika demam tinggi selama lebih dari tiga hari belum reda meskipun sudah diberi parasetamol. Maka cepat bawa bayi Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab gejalanya agar segera mendapat penanganan yang tepat.
Dari beberapa penjelasan di atas mungkin salah satunya pernah dialami oleh buah hati Anda, terlepas itu membutuhkan penanganan lebih lanjut atau tidak tergantung seberapa tingkat dari gejala yang ditunjukkan.

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Tanda-Tanda Anak Membutuhkan Penanganan Dokter"

  1. Demam klo aku mb, yang paling serem. Sama diare. Pokonya klo dikasih pertolongan pertama, obat rumah nggAk mempan, trus cepet2 ke dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak. Tapi kadang pas anak diare, aku keburu panik. :'D

      Hapus
  2. Balita itu masih butuh ekstra perhagian ya Nis. Si sulungku dulu sering jatuh. Nggak sampai muntah tapi aku tetep aja cemas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Anakku dulu juga sering jatuh.

      Hapus
  3. Terimakasih tipsnya mbak, memang harus waspada dan teliti pd penyebab gejala sakitnya anak ya

    BalasHapus
  4. info nya sangat bermanfaat buat calon ibuk kayak saya gini.. hehehe..

    salam kenal yaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Salam kenal juga. :D

      Hapus
  5. Cocok ini buat nambah ilmu bagi ibu2 muda yang mempunyai anak kecil :-)


    Salam kenal
    Www yukgas id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Salam kenal juga. :D

      Hapus
  6. Thanka for sharing emang kalo anak udah sakit tuh bawaanya kuatir bgt ya

    BalasHapus
  7. Terimakasih infonya bermanfaat nih buat orang tua yang punya anak kecil

    BalasHapus
  8. Duh, mudah-mudahan anak-anak tidak pernah mengalami semua gejala itu. Sedih banget, kalau lihat anak sakit :(

    BalasHapus