7 Tips Liburan Seru di Rumah Bersama Anak





Baby AE - Liburan sekolah masih saja terasa panjang, tapi sudah ke mana-mana, dan budget menipis. Apalagi buat anak-anak yang sangat mudah merasa bosan, setiap hari maunya keluar rumah terus. Eh, tapi melakukan kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan di rumah juga bisa mengajarkan si kecil untuk lebih mandiri serta bertanggung jawab loh. Atau kita juga bisa membuat aktivitas seru lainnya bersama si kecil di rumah.

Liburan di rumah bukan berarti tidak bisa melakukan apa pun kan? Nah berikut ini ada beberapa inspirasi untuk yang ingin menghabiskan liburan bersama si kecil di rumah :

1. Belanja 
Ajaklah si kecil pergi berbelanja ke pasar, tujuannya adalah agar dia bisa memahami proses jual beli serta melatih keberanian si kecil untuk berinteraksi dengan orang lain. Selain itu juga bisa menanyakan menu apa yang diinginkan sikecil hari itu. Tak perlu ke mall, bisa saja ke pasar tradisional atau penjual keliling.

2. Berkebun
Bermain kotor-kotoran selalu membuat anak bersemangat. Nah kita bisa mengajak si kecil untuk berkebun bersama di halaman rumah. Tunjukkan bagaimana cara memupuk tanaman, memotong rumput di halaman dan lainnya. Hal ini juga mampu melatih motorik kasar anak. 

Membacakan Buku

3. Pesta Piyama
Bisa loh mengundang teman-teman si kecil untuk menginap di rumah. Buat acara menginap menjadi lebih seru dengan mengadakan pesta piyama untuk si kecil bersama teman-temannya. Moms bisa pergi mengunjungi toko pakaian tidur anak perempuan yang menjual berbagai macam pakaian tidur lucu serta unik untuk perayaan pesta piyama di rumah nanti.
Jangan lupa sesi mendongeng dan game ya .... Dongeng bisa mendukung imajinasi anak, untuk game tak perlu hadiah mahl, bisa alat tulis.
4. Nonton Film
Selain pesta piyama, bisa juga nonton film yang disukai oleh si kecil dan teman-temannya. Kita bisa menyediakan makanan ringan seperti pop corn dan susu coklat sebagai cemilan. Saya biasanya nonton film dengan anak-anak juga, pastinya ada banyak stok film. Btw, bisa lihat di youtube juga bila kesulitan cari film.

5. Membuat Kue
Ngomong-ngomong soal camilan, membuat kue bersama anak juga bukan ide yang buruk kok, apalagi jika memiliki anak perempuan.  Pastinya akan lebih menyenangkan jika melakukannya bersama si kecil. Tak perlu kue yang ribet, bikin aja yang simpel, asalkan senang.


6. Membersihkan rumah
Membersihkan rumah bersama sikecil pasti akan sangat menyenangkan bukan moms, moms bisa mengajarkan si kecil untuk lebih mandiri dengan membersihkan rumah seperti mengepel atau menyapu. Jangan lupa putar musik ya .... Kita bisa bergoyang bersama, plus olahraga, kan? :D Sabunnya juga bisa sekalian dibuat gelembung udara lho. Bikin hari makin seru.

Baca Juga : Hidup Tanpa Televisi? Bisa!

7. Camping
Membuat kemah di halaman bersama ayah dan si kecil juga bisa lho. Dengan berkemah akan melatih si kecil untuk bekerjasama dengan orang lain serta lebih mengenal lingkungan sekitar. 

Bagaimana, berlibur di rumah tidak membosankan lagi bukan? Selain itu dengan berlibur di rumah bersama keluarga tercinta akan semakin mempererat hubungan kita dengan si kecil. Eits, tapi saya tekankan, tinggalkan hape saat menghabiskan waktu bersama mereka karena hal tersebut bisa mengganggu kebersamaan. Intinya adalah buat mereka senang



Okey, selamat berlibur ya ...!

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "7 Tips Liburan Seru di Rumah Bersama Anak"

  1. Kalau berlibur di rumah harus banyak ide ya mba, biar anak-anak ga bosan. Biasanya saya aja anak memasak di dapur atau main di taman komplek sambil menghirup udara yang sejuk.

    BalasHapus
  2. Aku setuju banget nih, liburan gak selalu harus jalan-jalan keluar kota. Liburan di rumah juga seru kok. Nah, liburan ini anak-anak juga di rumah aja. Main sama kucing, beresin rumah, kamar tidur dan sesekali ikut belanja. Seru banget.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. ^^ Yang penting ibunya kreatif

      Hapus
  3. Boleh juga idenya ini, klo punya anak bisa kompak liburan dimana aja asyik :)

    BalasHapus
  4. Lek membuat kue tiap tahun doang di rumah mbak, hehe. jelang lebaran bikin sendiri. Jaman kecil paling ikut belanja, betah masuk2 pasar, lek sekarang mentok nunggu dekat parkir, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah, tambah gedhe, tambah males

      Hapus