Study Tour di Peternakan Susu Fanda


Berbaris untuk absen

Asma Nurul Hidayatun Nisa  -  Tanggal 2 Oktober kemarin, Asma bersama teman-temannya di PAUD mengadakan study tour ke peternakan sapi milik Susu Fanda. Telat banget ya ngepostnya? Gak apa deh daripada tidak sama sekali. Lupa terus sih pas mau posting, malah yang ketulis acara lainnya. Untungnya ada foto-foto di hape yang mengingatkan pada acara tersebut.
Peternakan ini bertempat di belakang Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang. Kurang lebih 3 km dari pusat kota. Kalau sudah dekat stadion, tinggal tanya peternakan susu, karena itu satu-satunya di Kepanjen.

Asma dan Aji
Ada sekitar 13 anak beserta 4 guru yang ikut dalam acara itu, juga 4 walu murid (termasuk saya) yang juga tak mau ketinggalan. Sebenarnya sih Asma sudah berani sendirian, tapi karena beberapa teman ditemani oleh bunda mereka, Asma jadi ikut-ikutan.

Akhirnya saya meluncur ke sana membawa sepeda motor sendiri. Sempat nyasar karena belum tahu tempatnya, tertinggal dari rombongan karena saya menyempatkan diri untuk mengisi bensin terlebih dahulu.

Kandang Anak Sapi
Sesampainya di sana, Asma dan teman-temannya sangat bahagia. Mereka berlari ke sana-ke mari, walaupun tetap dalam pengawasan guru. Lokasi yang kami kunjungi pertama adalah tempat sapi betina diternak. Terlihat sapi-sapi tersebut makan rumput, buang air kecil dan besar. 

Lalu datanglah seseorang dengan membawa suntikan besar. Ternyata sapinya mau dikawin suntik. Beliau dengan asik menerangkan bagian tubuh sapi dan menantang anak-anak untuk memberi makan sapi. Olala .... Asma sangat berani. 

Wali murid action sendiri
Selanjutnya kami menuju tempat anak sapi, banyak sekali anak sapi yang terpisah dari induknya. Ketika sang peternak menyodorkan tangannya, langsung dikenyot oleh salah satu anak sapi.
Asma dan teman-temannya terlihat sangat menikmati acara di sana. Terlebih ketika masuk ke arena permainan yang lumayan luas, menikmati susu sapi segar, sambil makan bekal. Sayangnya susu telah diangkut, gak bisa beli deh. Tapi para wali murid masih sempat narsis bareng. Heheh.

Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari peternakan tersebut. Sayangnya gak sempat liat sapi diperah karena datangnya kuranf pagi, pemerahan susu sudah selesai.

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^v 

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Study Tour di Peternakan Susu Fanda"

  1. Eumm asyiknya bisa bermain sambil belajar :) biar gak jenuh di sekolah terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak yang mulai nerapin gini

      Hapus
  2. study tournya edukatif bngetmbak hee

    BalasHapus
  3. Nah, main yang mengedukasi ini yang wajib di duplikat
    eh, di Boyolali juga ada tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya.

      Ceritain yang di Boyolali dong

      Hapus
  4. Wah jadi inget masa kecil ane pas TK. Hahaha

    BalasHapus
  5. waaa lha ini. saya suka sama sapi perah. dulu pernah praktikum di peternakan sapi perah di baturraden. mandiin sapi 12 ekor yang tingginya lebih dari saya. haha...seru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah, bisa bayangin baunya deh mbak

      Hapus